10 Prospek Kerja Jurusan Tata Busana dan Gajinya

Jurusan tata busana merupakan bidang studi yang mempelajari ilmu merancang busana. Pada jurusan inilah Anda akan mempelajari bagaimana teknik mendesain dengan baik. Selain itu, Anda juga akan mempelajari seluk beluk produksi busana, membuat pola, menjahit, menganalisis trend, pemasaran dan manajemen bisnis. Tak hanya berpeluang menjadi pengajar, jurusan ini juga membekalimu dengan skill yang dibutuhkan untuk berkiprah dibidang industri tata busana. Berikut adalah beberapa prospek kerja jurusan tata busana yang bisa Anda pilih.

Prospek Kerja Jurusan Tata Busana

Prospek Kerja Jurusan Tata Busana

Tata busana sendiri merupakan kegiatan atau pekerjaan yang mewujudkan suatu busana maupun pakaian. Berbicara mengenai peluang atau prospek kerja jurusan tata busana tentu ada banyak sekali ragamnya. Penasaran? Simak informasinya di bawah ini!

Fashion PR Specialists

Pada dasarnya PR (Public Relations) merupakan divisi yang dimiliki oleh hampir semua industri, tak terkecuali industry tata busana. Memilih profesi ini Anda akan berbubungan dengan banyak media masa, baik cetak maupun elektronik. Tujuannya, untuk mendapat publikasi secara gratis dengan menyelenggarakan event, perilisan produk atau pengadaan konferensi pers.

Adapun tugas dan fungsi utamanya adalah membangun citra merek yang positif diantara pihak internal perusahaan dan eksternal. Menjadi fashion PR specialist membuat Anda berhak mendapatkan gaji per bulan sekitar 10 jutaan rupiah.

Fashion Designer

Prospek kerja jurusan tata busana selanjutnya adalah menjadi fashion designer. Seorang fashion designer pastinya harus memiliki kemampuan menggambar sketsa dan pola yang baik.

Ruang lingkup pekerjaan sebagai fashion designer yaitu menciptakan ide dan mengembangkan desain hingga menjadi produk jadi yang siap diriliskan di pasaran. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui seluk beluk produksi mulai dari awal sampai akhir.

Fashion Illustrator

Dibutuhkan oleh banyak perusahaan, profesi berikut juga tidak kalah menariknya untuk Anda pilih. Profesi tersebut mengharuskan Anda memiliki kemampuan membuat sketsa manual dan ilustrasi digital. Oleh karenanya, Anda perlu membekali diri dengan berbagai keterampilan mengoperasikan banyak software gratis.

Beda halnya dengan profesi fashion designer, fashion illustrator tidak perlu memikirkan desain pakaian yang akan dibuat. Menjadi fashion illustrator membuat Anda berhak mendapatkan gaji per bulan 4 juta sampai dengan 8 juta rupiah.

Visual Merchandiser

Berperan cukup penting, seorang visual merchandiser biasanya yang akan ditunjuk untuk melakukan beberapa pekerjaan, seperti pekerjaan visual merchandising. Ini adalah jenis pekerjaan memasarkan produk atau jasa dengan cara menyajikan dan mengkomunikasikannya kepada calon konsumen.

Agar konsumen tertarik, tugas Anda disini adalah membuat tampilan, layout atau pun suasana toko menjadi lebih menarik. Gaji per bulan Anda sekitar 4 juta rupiah per bulan.

Blogger

Blog sendiri merupakan media yang digunakan untuk mengelola sebuah blog, mulai dari urusan publishing hingga optimasi. Berkat platform tersebutlah sehingga membuat blog tidak lagi sulit.

Blogger adalah prospek kerja lulusan tata busana berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan. Seorang blogger bisa memiliki aktivitas maupun media lain guna menunjang blognya, seperti media sosiaal dan vlog. Selain itu, seorang blogger juga bisa bekerja secara indepen atau freelance dengan gaji tak terbatas setiap bulannya.

Perancang Perhiasan

Sebagai seorang perancang perhiasan Anda harus memiliki skill desain yang bagus, baik itu untuk membuat produk secara massal, kecil atau bahkan produksi satuan yang eksklusif.

Dikarenakan seorang perancang perhiasan biasanya bekerja sendiri, oleh karenanya Anda harus memiliki kesadaran komersil, keterampilan, pemasaran dan bisnis untuk mendapatkan gaji tak terbatas.

Fashion Stylist

Tugas seorang fashion stylist tidak lain memadupadankan outfit dan riasan wajah agar sesuai dengan kepribadian klien. Fashion stylist yang professional pastinya akan mampu menciptakan kesan yang positif dan mengesankan lewat busana maupun riasan yang dikenakan klien.

Tidak hanya itu, tugas lain fashion stylist adalah mengarahkan gaya klien sehingga terlihat lebih fashionable. Pendapatan bulanan yang bisa Anda dapatkan bahkan di atas 10 atau 20 juta rupiah.

Fashion Trend Analyst

Menyukai riset dan analisis? Prospek fashion trend analyst sepertinya lebih cocok untukk And. Menjadi fashion trend analyst artinya Anda akan ditugaskan untuk mengumpulkan data – data, seperti data hasil penelitian untuk memprediksikan trend fashion yang akan berkembang di masa datang.

Meskipun demikian, seorang fashion trend analyst juga harus mengikuti perkembangan trend di masa lalu dan kekinian.

Fashion Buyer

Seorang fashion buyer adalah seseorang yang harus memiliki ilmu pengetahuan akan pemasaran, penganggaran dan tahu tentang seluk beluk perilaku konsumen. Fashion buyer biasanya bekerja di butik fashion, department store atau pun perusahaan ritel. Bekerja di bagian ini berpotensi mendapatkan gaji sekitar 3 – 7 juta rupiah per bulan.

Fashion Photographer

Lulusan jurusan tata busana juga bisa banget bekerja sebagai fashion photographer. Pada profesi ini Anda akan terlihat photoshoot untuk keperluan komersial, contohnya iklan, foto editorial, katalog atau pun sampul majalah.

Bekerja di bagian ini berpotensi mendapatkan gaji 6 – 7 juta rupiah per bulan. Belum kalau Anda menawarkan jasa photographer freelance akan mendapatkan tambahan penghasilan.

Nah, itu dia beberapa prospek kerja jurusan tata busana yang bisa kami informasikan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru