10 Prospek Kerja Administrasi Publik dan Gajinya

Prospek Kerja Administrasi PublikLulusan Administrasi Publik biasanya akan bekerja sebagai seorang konsultan pemerintah, staf legislatif, aparat pemerintah, aktivis organisasi maysarakat, anggota partai politik, jurnalis, dosen, pegawai BUMN, direktur eksekutif, dan bekerja sebagai seorang peneliti.

Prospek Kerja Administrasi Publik

Prospek Kerja Administrasi Publik

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja Administrasi Publik, lengkap dengan informasi gajinya:

1. Konsultan Pemerintah

Lulusan administrasi publik memiliki prospek kerja sebagai seorang konsultan pemerintah. Seorang konsultan bertugas membantu pemerintah untuk mengurangi masalah-masalah yang muncul di pemerintahan. Mereka diharapkan bisa memberikan solusi.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja sebagai seorang konsultan pemerintah adalah bisa belasan juta rupiah per bulannya.

2. Staf Legislatif

Prospek kerja lulusan administrasi publik selanjutnya adalah bekerja sebagai staf legislatif. Kamu nantinya akan ditugaskan untuk mengatur segala jenis kebijakan yang ada di perusahaan dan bagaimana menerapkan kebijakan tersebut.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan cukup beragam tergantung dari posisi apa yang kamu tempati.

3. Aparat Pemerintah

Peluang kerja lulusan administrasi publik selanjutnya adalah bekerja sebagai aparat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Kamu bisa menempati beragam jenis posisi, tergantung dari kemampuan yang kamu miliki.

Untuk besaran gajinya juga tergantung dari posisi apa yang kamu tempati.

4. Aktivis organisasi maysarakat

Seorang lulusan administrasi publik juga bisa bekerja sebagai seorang Aktivis organisasi maysarakat. Adapun kegiatan yang akan kamu lakukan nantinya adalah membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat yang tertinggal, yang mana intinya adalah membantu membangun masyarakat sehingga bisa hidup dengan ideal, sesuai dengan hukum yang berlaku.

5. Anggota Partai Politik

Bagi kamu yang memiliki memiliki cita-cita sebagai anggota partai politik, bisa mengambil jurusan administrasi publik. Karna lulusan ini memiliki peluang yang cukup besar untuk diterima bekerja di posisi ini. Untuk bisa masuk menjadi anggota, kamu harus paham dan mengerti bagaimana pola pemerintahan yang digeluti.

6. Jurnalis

Pekerjaan selanjutnya yang bisa ditempati oleh lulusan administrasi publik adalah menjadi seorang jurnalis. Pada saat mengikuti perkuliahan kamu nantinya akan diajarkan untuk melakukan analisis suatu masalah kemudian melaporkannya, tentunya kamu yang sudah menyandang lulusan administrasi publik harus lebih peka terhadap isu-isu terkini yang dihadapi oleh pemerintah.

7. Dosen

Nah, bagi kamu yang lulus dengan predikat memuaskan dalam ilmu pemerintahan, kamu bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 atau S3. Setelah lulus nanti kamu bisa memulai karir menjadi seorang dosen pada sebuah universitas. Dengan begitu kamu bisa mengajarkan ilmu yang kamu miliki kepada orang lain, pemahamanmu juga akan ikut terasah.

8. Pegawai BUMN

Bekerja sebagai pegawai BUMN menjadi dambaan banyak orang, karna gajinya yang terbilang cukup besar, rata-rata bisa diatas UMR daerah tersebut.

9. Direktur Eksekutif

Prospek kerja selanjutnya dari seorang lulusan administrasi publik adalah bekerja sebagai direktur eksekutif. Adapun tugas kamu nantinya adalah mengepalai advokasi, penggalangan dana, dan melakukan tugas sipil lainnya yang terkait dengan peran tersebut. Biasanya posisi ini akan dipilih oleh dewan organisasi nirlaba, merekalah yang nantinya yang akan diminta untuk menjalankan suatu organisasi.

10. Peneliti

Kamu yang ingin berkarir menjadi seorang peneliti yang akan membantu pemerintah mengatasi permasalahan-permasalah yang belum terpecahkan juga bisa mempelajari ilmunya dengan cara kuliah di jurusan administrasi publik. Akan ada banyak hal yang terkait dengan pemerintahan yang akan kamu pelajari pada jurusan ini.

Demikian informasi tentang 10 prospek kerja jurusan administrasi publik dan gajinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya. See you next time…

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru