10 Prospek Kerja Administrasi Pendidikan dan Gajinya

Prospek Kerja Administrasi PendidikanLulusan Administrasi Pendidikan biasanya akan bekerja sebagai seorang tenaga perencana pendidikan, pengelola pendidikan, pengawas pendidikan, pustakawan, koordinator online learning, kepala sekolah, staf dinas pendidikan, wirausaha, PNS, dan dapat meniti karir sebagai konsultan pendidikan.

Prospek Kerja Administrasi Pendidikan

Prospek Kerja Administrasi Pendidikan

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja Administrasi Pendidikan, lengkap dengan informasi gajinya:

1. Pengawas Pendidikan

Lulusan administrasi pendidikan memiliki prospek kerja sebagai seorang Pengawas Pendidikan. Profesi ini termasuk dalam daftar rekrutment CPNS yang diadakan oleh pemerintah.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja sebagai seorang pengawas pendidikan di Dinas Pendidikan tingkat Daerah atau Provinsi yaitu mulai dari Rp1.500.000 per bulan untuk golongan I dengan masa kerja 0 tahun. Sedangkan untuk gaji PNS bisa semakin tinggi tergantung dari golongan, belum termasuk uang tunjangan, uang dinas, insentif dan lain-lain.

2. Pengelola Pendidikan

Prospek kerja lulusan administrasi pendidikan selanjutnya adalah bekerja sebagai pengelola pendidikan di bagian kepegawaian, TU dan lain- lain. Kamu bisa memilih, mau berkarir di sekolah ataupun di perguruan tinggi. Tugas seorang pengelola pendidikan adalah mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan bagian administrasi di lembaga pendidikan tersebut.

Adapun gaji yang bisa kamu peroleh jika berkarir menjadi seorang pengelola pendidikan yaitu mulai dari Rp2.000.000 per bulan.

3. Tenaga Perencana Pendidikan

Peluang kerja lulusan administrasi pendidikan berikutnya adalah bekerja sebagai tenaga perencanaan pendidikan di bagian perencanaan sekolah, lembaga pendidikan atau PTN/PTS.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan nantinya tergantung dari kebijakan lembaga pendidikan masing-masing, gajinya sekitar Rp3.500.000 per bulan di Indonesia.

4. Staf Dinas Pendidikan

Prospek kerja administrasi pendidikan berikutnya adalah bergabung menjadi staf dinas pendidikan di tingkat daerah ataupun tingkat pusat. Kamu bisa memulai karir menjadi pegawai honorer ataupun masuk melalui rekruitmen CPNS.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja sebagai staf di dinas pemerintahan yaitu Rp4.000.000 per bulan.

5. Konsultan Pendidikan

Peluang karir selanjutnya yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan administrasi pendidikan yaitu menjadi konsultan pendidikan. Tugas seorang konsultan pendidikan adalah membantu calon siswa atau mahasiswa menemukan jurusan dan prospek karir dimasa depan.

Adapun gaji yang bisa didapatkan oleh seorang konsultan pendidikan yaitu bisa mencapai angka Rp7.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan tergantung dengan spesialisasi yang diambil.

6. Koordinator Online Learning

Berikutnya lulusan ini juga berkesempatan untuk meniti karir sebagai seorang Koordinator Online Learning. Tugas kamu adalah mengurus pembelajaran daring atau online learning.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan cukup bervariasi tergantung dari kebijakan tempat bekerja. Sebagai gambaran, gaji yang bisa diperoleh yaitu mulai dari Rp2.000.000 per bulan di Indonesia.

7. Pustakawan

Lulusan administrasi pendidikan juga memiliki kesempatan berkarir sebagai seorang pustakawan. Tugas seorang pustakawan adalah mengelola perpustakaan, baik perpustakaan yang ada di sekolah maupun di luar sekolah. Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan buku dan lingkungan perpustakaan.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan nantinya jika bekerja sebagai seorang pustakawan sekolah yaitu mulai dari Rp1.500.000 per bulan.

8. Kepala Sekolah

Kamu yang lulusan administrasi pendidikan juga memiliki kesempatan berkarir menjadi seorang kepala sekolah. Dengan bekal ilmu yang sudah kamu miliki selama kuliah yang mencakup manajemen kurikulum, manajemen mutu terpadu dan lain-lain, kamu bisa mengambil peluang sebagai kepala sekolah.

Adapun gaji yang bisa kamu peroleh jika bekerja sebagai kepala sekolah golongan IV mulai dari Rp4.000.000 per bulan belum termasuk tunjangan profesi.

9. PNS

Kuliah di jurusan administrasi pendidikan bisa memiliki peluang bekerja sebagai seorang PNS di dinas pendidikan atau lembaga di negara lain. Untuk bisa menjadi seorang CPNS, kamu hanya perlu untuk mengikuti proses rekruitment yang diadakan oleh pemerintah. Tanpa melalui jalur tersebut, kamu tidak akan bisa menjadi seorang Aparatur Sipil Negara.

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp1.500.00 per bulan untuk golongan paling rendah belum termasuk tunjangan, insentif, dana pensiun, dan lain-lain. rata-rata seorang PNS bisa mendapatkan gaji sekitar Rp5.000.000 per bulan di Indonesia.

10. Wirausaha

Jika kamu memiliki jiwa pembisnis, kamu bisa mengasah kemampuan yang kamu miliki dengan kuliah di jurusan administrasi pendidikan. Karena materi yang akan kamu pelajari nantinya banyak yang berkaitan dengan cara memanajemen bisnis.

Semakin besar bisnis yang kamu miliki, maka penghasilan yang bisa kamu dapatkan juga semakin besar.

Demikian informasi tentang 10 prospek kerja administrasi pendidikan dan Gajinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya. See you next time…

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru