10 Prospek Kerja Fisika Medis dan Gajinya

Prospek Kerja Fisika MedisJurusan Fisika Medis adalah jurusan yang mempelajari penerapan prinsip-prinsip fisika dalam bidang kesehatan, terutama dalam diagnosis, pengobatan, dan pengendalian penyakit. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar fisika, seperti mekanika, termodinamika, optika, dan elektromagnetisme, serta aplikasinya dalam teknologi medis, seperti pencitraan medis, radioterapi, dan dosimetri.

Prospek Kerja Fisika Medis

Prospek Kerja Fisika Medis

Ya, ada banyak peluang atau prospek kerja Fisika Medis yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat yang Anda miliki, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Radiologi Diagnostik

Prospek kerja Fisika Medis pertama yang bisa Anda coba geluti setelah lulus dari bangku kuliah adalah bekerja dibagian radiologi diagnostik. Seorang yang bekerja dibagian radiologi akan bertanggung jawab untuk menafsirkan hasil gambar medis yang diperoleh dari teknologi pencitraan medis untuk membuat diagnosis awal tentang kondisi kesehatan pasien.

Rata-rata gaji Radiografer (Radiologi Diagnostik) di Indonesia adalah sekitar Rp 6.500.000 – Rp 9.000.000 per bulan.

Bidang Kedokteran Nuklir

Prospek kerja Fisika Medis berikutnya yang dapat dijadikan pilihan karir Anda adalah bekerja dibidang kedokteran nuklir. Seorang Dokter nuklir bertanggung jawab untuk melakukan diagnosis dan penilaian kondisi medis menggunakan teknologi nuklir seperti PET scan (Positron Emission Tomography) dan SPECT (Single Photon Emission Computed Tomography). Untuk bisa bekerja diposisi ini Anda harus memahami cara kerja teknologi ini, dan dapat melakukan interpretasi dan analisis hasil gambar medis.

Rata-rata gaji Dokter Nuklir di Indonesia adalah sekitar Rp 30.000.000 – Rp 40.000.000 per bulan.

Bidang Terapi Radiasi

Prospek kerja Fisika Medis selanjutnya bekerja dibidang terapi medis. Seorang Terapis medis bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi terhadap kondisi pasien dan menentukan jenis terapi yang paling sesuai untuk pasien serta mengembangkan rencana terapi yang mencakup tujuan, strategi, dan metode terapi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Rata-rata gaji Terapis Radiasi di Indonesia adalah sekitar Rp 10.000.000 – Rp 16.000.000 per bulan.

Fisikawan Medis di Rumah Sakit

Rekomendasi selanjutnya prospek kerja Fisika Medis yang tidak kalah menariknya untuk dipertimbangkan adalah menjadi seorang fisikawan medis. Seorang Fisikawan medis bertanggung jawab untuk memilih, mengembangkan, dan menguji alat medis yang digunakan dalam diagnosis dan pengobatan pasien. Untuk bisa bekerja diposisi ini Anda harus memahami prinsip prinsip fisika di balik teknologi medis dan harus bisa memastikan bahwa alat medis tersebut berfungsi dengan baik dan aman digunakan.

Rata-rata gaji Fisikawan Medis di Indonesia adalah sekitar Rp 12.000.000 – Rp 20.000.000 per bulan.

Dosimetrist (Medical Dosimetrist)

Seorang yang bekerja dibidang Dosimetrist bertanggung jawab untuk mengukur dosis radiasi yang tepat untuk pasien kanker yang menjalani radioterapi.

Rata-rata gaji Disimetrist di Indonesia adalah sekitar Rp 9.000.000 – Rp 14.000.000 per bulan.

Radiasi Protection Officer

Seseorang yang bekerja dibidang ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lingkungan dan orang-orang di sekitar peralatan medis berbasis radiasi dilindungi dari bahaya radiasi.

Rata-rata gaji Radiasi Protection Officer di Indonesia adalah sekitar Rp 7.000.000 – Rp 12.000.000 per bulan.

Peneliti di bidang Fisika Medis

Tentunya Anda juga bisa bekerja menjadi seorang peneliti di bidang fisika medis. Nantinya Anda akan ditugaskan untuk melakukan penelitian untuk mengembangkan teknologi medis baru, memperbaiki teknologi medis yang ada, dan meningkatkan pemahaman tentang fisika dalam bidang medis.

Teknisi Pencitraan Medis

Teknisi pencitraan media merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan dan memelihara peralatan pencitraan medis seperti CT scan, MRI, dan ultrasonografi.

Rata-rata gaji Teknisi Pencitraan Medis di Indonesia adalah sekitar Rp 5.000.000 – Rp 9.000.000 per bulan.

Konsultan Teknologi Medis

Menjadi seorang konsultan teknologi juga bisa Anda raih setelah lulus kuliah. Seorang yang bekerja dibidang ini nantinya akan diminta untuk mengikuti tren pasar teknologi medis, mengenali peluang bisnis, dan menjual peralatan medis kepada lembaga medis dan rumah sakit.

Rata-rata gaji Konsultan Teknologi Medis di Indonesia adalah sekitar Rp 15.000.000 – Rp 25.000.000 per bulan.

Pelatih atau Instruktur Teknologi Medis

Seorang pelatih atau instruktur teknokogi bertugas untuk memberikan pelatihan dan pelajaran tentang penggunaan peralatan medis dan aplikasi teknologi medis.

Rata-rata gaji Pelatih atau Instruktur Teknologi Medis di Indonesia adalah sekitar Rp 8.000.000 – Rp 15.000.000 per bulan.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan seputar prospek kerja Fisika Medis. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda.

Artikel Terbaru