Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Mikrobiologi dan Gajinya

Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari disiplin ilmu biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme atau makhluk hidup mikroskopik yang berukuran sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang manusia.

prospek kerja mikrobiologi

Seperti misalnya bakteri, fungi, protozoa, archaea, dan algamikroskopik. Prospek kerja mikrobiologi dimana saja? Di sini kami akan bagikan untuk Anda beberapa prospek kerja mikrobiologi yang perlu Anda tahu!

10 Prospek Kerja Mikrobiologi dan Gajinya

Berikut kami akan bagikan daftar beberapa prospek kerja mikrobiologi dan gajinya yang bisa kami informasikan untuk Anda :

Instansi pemerintah

Ada banyak departemen di instansi pemerintah yang membutuhkan pengetahuan Anda sebagai lulusan mikrobiologi.

Anda bisa bekerja di Kementerian Pangan, Departemen Kesehatan, Departemen Pertanian, Departemen Pertambangan dan Minyak, dan sebagainya.

Anda berpotensi menjadi PNS bekerja di departemen atau instansi pemerintahan dimana sampai saat ini PNS menjadi salah satu profesi yang banyak orang inginkan.

Peneliti

Kalau Anda memang suka mengamati suatu hal dan belajar hal – hal baru maka Anda bisa menjadi seorang peneliti. Anda bisa bekerja untuk LIPI misalnya.

Sebagai peneliti Anda bisa mendapatkan gaji bulanan mulai 6 jutaan rupiah dan potensi untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terbuka sangat lebar untuk Anda.

Dosen

Kalau setelah lulus S1 Anda melanjutkan pendidikan S2, maka Anda bisa menjadi seorang dosen. Sebagai dosen, Anda akan bekerja setiap harinya berkecimpung dengan mahasiswa mulai dari menerangkan, memberi tugas sampai dengan melakukan tugas sebagai pendidik lainnya. Gaji seorang dosen mulai dari 7 juta rupiah per bulan saat ini.

Guru

Kalau belum ada kesempatan lanjut S2, sementara Anda ingin menjadi tenaga pendidik atau pengajar maka Anda bisa menjadi seorang guru.

Anda akan mengajar IPA untuk anak murid Anda baik di tingkat SD, SMP atau pun SMA/ SMK. Gaji seorang guru mulai 1 juta sampai 1,5 juta rupiah dan Anda berpotensi diangkat menjadi PNS.

Industri makanan

Di industri makanan, ilmu mikrobiologi Anda akan berguna untuk meneliti kuman, bakteri dan control kualitas terhadap makanan. Anda juga bisa bekerja di industri makanan sebagai peneliti komposisi bahan yang tepat untuk produk terbaru yang akan diluncurkan.

Gaji Anda bekerja di industri makanan tentu sangat variatif ya bisa mulai 4,5 jutaan rupiah per bulan sampai 6 jutaan rupiah tergantung perusahaan tempat Anda bekerja.

Industri kosmetik

Sama halnya dengan industri makanan, industri kosmetik juga butuh lulusan mikrobiologi untuk meneliti komposisi produk yang tepat untuk produk kosmetik yang akan diedarkan.

Anda akan mengajukan sample komposisi atau mengoreksi komposisi dari tim research product kosmetik agar menghasilkan produk kosmetik yang mutakhir, bagus, berkualitas dan aman.

Gaji  bekerja di industri kosmetik tentu saja bervariasi mulai dari 4,5 juta sampai 6,5 atau 7 jutaan rupiah per bulan berpotensi Anda dapatkan.

Research and development product

Banyak perusahaan di Indonesia yang butuh tim Research and development product. Anda bisa bekerja di posisi tersebut dan biasanya mendapatkan gaji mulai dari 4,5 juta sampai dengan 7 jutaan rupiah per bulan.

Staf quality control

Setelah suatu produk selesai dibuat, produk tersebut sebelum diedarkan akan masuk ke tim quality control di perusahaan. Nah, Anda lulusan mikrobiologi bisa bekerja sebagai staf quality control perusahaan dan mendapatkan gaji mulai dari 3,5 juta sampai 5,5 jutaan rupiah per bulan.

Konsultan lingkungan

Ketika belajar di program studi mikrobiologi, Anda akan belajar juga tentang bagaimana mengelola  limbah dengan bantuan mikroba. Karena itu Anda bisa bekerja sebagai konsultan berbasis lingkungan.

Pengusaha

Jika Anda ingin menjadi pemimpin dan tidak ingin terikat kerja dengan orang lain maka Anda bisa menjadi seorang pengusaha.

Lulusan mikrobiologi dengan pengetahuan dan pemahamannya dapat mengembangkan berbagai macam produk makanan seperti tempe, tahu, keju, yoghurt dan usaha lainnya. Anda akan dapatkan pengalaman yang menarik sebagai seorang pengusaha.

Itulah daftar 10 prospek kerja mikrobiologi dan potensi gajinya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat.

Artikel Terbaru