10 Prospek Kerja Matematika Terapan dan Gajinya

Matematika terapan merupakan sebuah cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang ilmu matematika murni, teknik matematika dan pengaplikasian matematika untuk disiplin ilmiah.

prospek kerja matematika terapan

Anda yang suka dengan ilmu matematika dan pengaplikasiannya bisa mempelajari tentang hal ini. Adapun prospek kerja matematika terapan dan gajinya bisa Anda simak dalam informasi berikut!

10 Prospek Kerja Matematika Terapan dan Gajinya

Berikut kami berikan untuk Anda beberapa prospek kerja matematika terapan dan gajinya yang bisa jadi pilihan karir setelah lulus dari menempuh studi pada program studi matematika terapan, di antaranya :

Aktuaris

Aktuaris adalah ahli yang bekerja di industri keuangan, perusahaan asuransi, dana pensiun, konsultan aktuaria dan perusahaan investasi. Sehari – harinya Anda akan berkecimpung dengan teori matematika, probabilitas, statistik, ilmu ekonomi dan keuangan.

Gaji Anda mulai 4 – 7 juta rupiah per bulan sebagai pemula atau jika Anda merupakan fresh graduate. Namun jika Anda sudah lulus dari ujian aktuaris level ASAI ditambah mengikuti seminar profesionalisme atau mendapat gelar ASAI (Ajun Aktuaris) maka gaji Anda bisa berkisar di atas 10 juta rupiah per bulan.

Credit analyst

Tanggung jawab seorang credit analyst adalah melakukan perhitungan dan analisis risiko terhadap calon orang yang akan berhutang. Anda akan bekerja untuk lembaga fintech, perbankan, lembaga P2P lending dan sebagainya. Gaji per bulannya mulai dari 4,5 juta – 6 juta rupiah.

Akuntan

Sebagai seorang akuntan, Anda akan bekerja sebagai seseorang yang mengurus laporan akuntansi suatu perusahaan. Gaji Anda mulai dari 5 juta rupiah per bulan menduduki posisi sebagai akuntan ini.

Data scientist

Sebagai seorang data scientist, tugas Anda akan bekerja mengombinasikan kemampuan matematika dan kemampuan mengoperasikan teknologi komputer. Anda akan mengelola data mentah sampai menjadi informasi yang berguna. Gaji per bulan Anda sebagai seorang data scientist mulai dari 6 juta sampai 12 juta rupiah per bulan.

Software engineer

Lulusan Matematika Terapan yang terbiasa dengan ilmu logika yang akan ditemui di dunia programming akan sangat cocok menjadi software engineering setelah lulus. Namun kemampuan mengoperasikan komputer dan coding juga Anda perlukan namun biasanya Anda bisa belajar itu sambil jalan.

Gaji seorang software engineer tidak main – main mulai dari 7 atau 9 juta rupiah sampai dengan 13an juta rupiah per bulan.

Ahli statistika

Sebagai ahli statistika, Anda akan bekerja untuk lembaga statistik pemerintah. Anda akan diangkat menjadi PNS nantinya. Anda bisa mendapatkan gaji dan tunjangan sesuai dengan peraturan ASN. Ilmu statistika yang sedikit banyak telah Anda pelajari akan sangat berguna.

Staf perbankan

Anda bisa bekerja di bagian front office atau back office perbankan. Di bagian front office misalnya bekerja sebagai teller atau customer service. Sementara bekerja di back office bisa menjadi staf.

Kejelian, ketelitian dan kemampuan matematis yang mumpuni sangat diperlukan sebagai staf perbankan. Untuk gaji Anda per bulan tentu lebih tinggi dari nilai UMR rata – rata mulai 5 jutaan rupiah.

Dosen

Lulus dari S1 Matematika Terapan bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan strata 2 atau S2 dan nantinya menjadi seorang dosen. Sebagai seorang dosen, Anda akan berkecimpung di dunia perkuliahan dan mengajar mahasiswa.

Hari – hari Anda akan menyenangkan dan mengingatkan Anda tentang kenangan di masa kuliah. Adapun gajinya juga menarik mulai dari 7 jutaan rupiah per bulan.

PNS

Kalau Anda ingin menjadi seorang aparatur sipil negara atau ASN, Anda bisa daftar CPNS dan nantinya jika lolos seleksi bisa menjadi seorang PNS. Anda akan ditempatkan sesuai wilayah dimana Anda diterima dalam pendaftaran tersebut dan bisa mendapatkan gaji sesuai posisi atau  jabatan Anda.

Pebisnis

Ilmu matematika terapan yang Anda pelajari tidak hanya bisa digunakan untuk menunjang kepentingan perusahaan atau instansi saja. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kepentingan diri Anda sendiri yaitu untuk mendirikan bisnis. Anda akan mendapatkan omset tak terhingga sebagai pebisnis.

Itulah daftar 10 prospek kerja matematika terapan beserta potensi gaji per bulan yang bisa didapatkan. Anda yang memang suka dengan ilmu matematika dan penerapannya, bisa mengambil jurusan matematika terapan di bangku kuliah. Selamat belajar dan semangat ya!

Artikel Terbaru