10 Prospek Kerja Marketing Communication dan Gajinya

Marketing communication merupakan suatu konsep, skill atau model komunikasi publik yang dihadirkan untuk menginformasikan suatu produk, perusahaan, layanan atau informasi dan bersifat persuasif terhadap audiensnya.

prospek kerja marketing communication

Anda yang memiliki kecakapan marketing communication, prospek kerja yang bisa diambil sangat luas. Apa sajakah prospek kerja marketing communication yang bisa jadi peluang kerja nantinya? Di sini kita akan bahas selengkapnya!

10 Prospek Kerja Marketing Communication dan Gajinya

Bagi Anda lulusan marketing communication atau yang memiliki skill dan kecakapan marketing communication, berikut beberapa prospek kerja marketing communication yang bisa jadi pilihan :

Corporate communication manager

Tugas seorang Corporate Communication Manager adalah mengelola informasi dan komunikasi yang nantinya digunakan untuk menjaga citra perusahaan di mata masyarakat, customer, konsumen dan client.

Citra perusahaan di mata masyarakat, customer, konsumen dan client menjadi sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan dan kemampuan perusahaan untuk berkembang.

Gaji untuk seorang Corporate Communication Manager bervariasi mulai dari 7 – 8 jutaan rupiah per bulan.

Brand manager

Lulusan marketing communication juga bisa menjadi seorang brand manager yang bertanggung jawab mengoordinasikan proses pemasaran untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.

Tanggung jawab seorang brand manager sangat besar karena keberhasilan pencitraan suatu brand di mata publik, masyarakat, konsumen, dan calon customer ditentukan juga salah satunya oleh brand manager ini. Posisi brand manager di sebuah perusahaan mendapatkan gaji mulai dari 7 juta rupiah per bulan.

Media manager

Ketika duduk di bangku kuliah, mahasiswa Marketing Communication akan belajar tentang cara mengatur dan mengelola komunikasi yang baik dan tersampaikan dengan jelas dan lugas.

Karena itu salah satu prospek kerja Marketing Communication setelah lulus adalah sebagai media manager. Gajinya pun bervariasi mulai dari 7 juta rupiah per bulan sampai mencapai puluhan juta tergantung kapabilitas perusahaan tempat Anda bekerja.

Marketing communication manager

Pada sebuah perusahaan, posisi marketing communication manager merupakan hal  yang sangat vital. Tugas Anda pun tak kalah vital sebagai marketing communication manager karena Anda akan bertanggung jawab dalam penyampaian informasi dan komunikasi demi mencapai target sesuai tujuan dan keinginan perusahaan.

Skill komunikasi yang baik, dan kemampuan negosiasi sekaligus serta kemampuan memimpin harus Anda miliki. Gajinya pun besar sesuai dengan tanggung jawabnya mulai dari 10 – di atas 12 juta rupiah per bulan.

Profesional negosiator

Untuk menjadi seorang profesional negosiator, Anda perlu kemampuan komunikasi dan kemampuan persuasif yang mumpuni.

Seorang profesional negosiator dapat bekerja sendiri di sebuah firma yang didirikan sendiri atau bekerja untuk perusahaan. Kalau bekerja di sebuah perusahaan, gaji Anda bisa mencapai mulai 9 jutaan rupiah per bulan.

Tenaga pendidik atau dosen

Sebagai tenaga pendidik, Anda akan bekerja sebagai guru baik di tingkat SD, SMP, SMA atau pun SMK. Gaji tenaga pendidik rata – rata sekitar 1 juta rupiah per bulan.

Sementara menjadi seorang dosen, Anda tidak cukup jika hanya lulus dari S1 Marketing Communication. Untuk mengambil prospek kerja Marketing Communication ini Anda harus melanjutkan pendidikan di jenjang S2. Gaji seorang dosen mulai dari 5 atau 7 juta rupiah per bulan.

Konsultan komunikasi korporat

Pekerjaan ini adalah sebuah pekerjaan dengan mobilitas tinggi dan dinamis. Anda akan bekerja sebagai individu atau tim. Namun rata – rata konsultan komunikasi korporat bekerja sebagai tim. Anda bisa mendapatkan gaji mulai 4 – 5 juta rupiah per bulan.

Humas korporat

Sebagai seorang humas di perusahaan korporat, tugas Anda adalah menjadi jembatan bagi perusahaan dengan dunia luar. Gaji yang akan Anda dapatkan setiap bulannya bekerja sebagai humas korporat mulai 5 jutaan rupiah.

Advertiser/ praktisi periklanan

Selain kekuatan brand, iklan juga menjadi salah satu kekuatan promosi perusahaan terhadap produknya. Dengan promosi yang kuat termasuk melalui iklan, potensi orang mengenal suatu produk akan lebih besar sehingga target penjualan juga dapat meningkat.

Sebagai praktisi periklanan, Anda harus mampu berkomunikasi lewat iklan yang akan ditayangkan. Tujuannya agar target konsumen mau melihat, memahami, mempercayai dan membeli produk yang diiklankan.

Adapun gaji seorang praktisi periklanan di perusahaan mulai 7 juta rupiah per bulan. Selain dapat bekerja di perusahaan, Anda pun bisa mendirikan usaha jasa advertising agency sendiri.

Pengusaha

Tak hanya jurusan manajemen pemasaran yang bisa jadi pengusaha. Anda yang memiliki ilmu atau pengetahuan marketing communication atau komunikasi pemasaran dan ingin menerapkannya bisa menjadi seorang pengusaha.

Ilmu tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengomunikasikan berbagai hal terhadap client, supplier, customer dan sebagainya. Untuk gaji, Anda akan dapatkan omset sesuai perkembangan usaha yang Anda jalankan.

Itulah 10 prospek kerja marketing communication dan gajinya yang bisa menjadi pilihan Anda setelah lulus. Selamat belajar dan semoga bisa menggapai apa yang dicita – citakan.

Artikel Terbaru