10 Prospek Kerja Magister Sains Psikologi dan Gajinya

Magister Sains Psikologi merupakan sebuah program studi jenjang strata 2 atau S2 yang mempelajari tentang pengembangan ilmu terapan sains atau pun psikologi terapan dan pengaplikasiannya. Program studi ini selain memberikan kesempatan untuk lulusan S1 Psikologi juga memberikan kesempatan untuk lulusan S1 non Psikologi yang berminat belajar psikologi.

prospek kerja magister sains psikologi

Semakin berkembangnya ilmu psikologi dan penerapannya, tentu saja prospek kerja Magister Sains Psikologi semakin tinggi. Apa sajakah prospek kerja Magister Sains Psikologi yang bisa diambil setelah lulus nanti?

10 Prospek Kerja Magister Sains Psikologi dan Gajinya

Berikut kami ulas beberapa daftar prospek kerja Magister Sains Psikologi yang bisa diambil setelah lulus beserta peluang gajinya :

Terapis anak

Kalau Anda bukan dari lulusan psikologi namun ingin terjun ke dunia medis dan kesehatan dengan menjadi seorang terapis anak, maka hal yang perlu Anda mulai lakukan adalah dengan meneruskan pendidikan jenjang S2 dan mengambil Magister Sains Psikologi.

Menjadi seorang terapis anak, gaji yang Anda bisa dapatkan perbulan mulai dari 4 juta rupiah sampai dengan 5 jutaan rupiah. Namun kalau Anda bekerja di kota besar, gajinya bisa mencapai 7 juta rupiah per bulan.

Trainer

Seorang trainer harus mampu memberikan motivasi dan pengembangan diri untuk kelompok atau suatu organisasi. Jika Anda ingin menjadi seorang trainer, Anda bisa bekerja untuk perusahaan penyedia jasa trainer atau mendirikan usaha jasa trainer sendiri.

General affairs

Ada beberapa tugas pokok seorang General Affairs yang perlu dilakukan yaitu menjalankan operasional sebuah perusahaan seperti membeli peralatan kantor dan membantu divisi HRD. Untuk gajinya mulai dari 5 jutaan sampai 10 jutaan rupiah per bulan.

Manajer Human Resources Department

Setiap perusahaan pasti butuh Manajer Human Resources Department untuk membawai divisi atau staf HRD di perusahaannya.

Secara umum, seorang Manajer Human Resources Department memiliki beberapa job desk yang harus dilakukan mulai dari bersama – sama tim HRD melakukan perekrutan karyawan baru, penyeleksian sampai dengan training, mengadakan sistem reward dan punishment untuk karyawan, membuat suatu sistem kerja untuk karyawan, bersama tim HRD mengurus absensi dan masih banyak lagi.

Untuk gaji Manajer Human Resources Department sangat bervariasi. Namun rata – rata mulai 8 juta sampai 12an juta rupiah per bulan.

Konselor

Kalau Anda suka mendengarkan cerita orang lain dan memberikan tanggapan, maka sangat cocok bagi Anda untuk menjadi seorang konselor. Secara umum, seorang konselor bertugas mendengarkan masalah orang dan membantu mencari solusi untuknya.

Menjadi seorang konselor bisa mengerjakannya langsung dari rumah. Untuk tarifnya tergantung masing – masing biasanya ada yang mematok tarif sekali datang atau tarif sampai kasus selesai mulai dari 100an ribu rupiah sampai jutaan ribu rupiah.

Management Trainee

Ada banyak perusahaan saat ini setiap tahunnya yang membuka peluang kerja menjadi Management Trainee.

Posisi sebagai Management Trainee sebuah perusahaan biasanya ada agar perusahaan bisa menemukan bakat  – bakat terbaik yang ada di balik diri anak muda, calon karyawan dan karyawan yang bekerja.

Gaji seorang management trainee bagi sebuah perusahaan sangat variatif mulai dari 4 juta sampai dengan 8 juta rupiah per bulan.

Konsultan SDM

Tugas pokok konsultan SDM adalah memberi saran atau pun solusi kepada korporasi yang baru mau membuka usaha atau yang usahanya sudah berjalan. Selain itu konsultan SDM juga bisa bekerja untuk perusahaan.

Jika bekerja untuk perusahaan gaji per bulannya mulai dari 8 – 12 jutaan rupiah per bulan. Namun kalau menyediakan jasa konsultan SDM sendiri untuk memberi saran kepada korporasi atau perusahaan rintisan yang ingin membuka usaha atau yang ingin mengembangkan usaha, maka biasanya pendapatan yang didapatkan adalah dari setiap client yang ditangani.

Staf ahli

Menjadi staf ahli memang bukan perkara yang mudah. Namun Anda perlu jam terbang dan kemampuan khusus supaya bisa duduk di posisi sebagai staf ahli. Selain bisa menjadi seorang staf ahli di perusahaan swasta, Anda juga bisa menjadi seorang staf ahli di Kementerian.

Gaji seorang staf ahli bervariasi mulai dari 20 jutaan rupiah sampai dengan 50an juta rupiah per bulan tergantung ditempatkan di mana dan berbagai faktor lainnya.

Dosen

Setelah lulus dari S2 kalau Anda ingin mengajar di perguruan tinggi dan mengabadikan diri untuk menjadi pengajar kampus, Anda bisa memilih menjadi seorang dosen. Gaji seorang dosen mulai dari 5 atau 7 jutaan rupiah per bulan saat ini.

Pengusaha

Apapun latar belakang pendidikan Anda, Anda masih punya kesempatan yang besar untuk bisa menjadi seorang pengusaha. Apalagi kalau memang ditunjang dengan modal dan kemampuan berwirausaha yang mumpuni.

Pengetahuan Anda tentang psikologi terapan yang didapat di bangku kuliah S2 bisa Anda manfaatkan untuk mempelajari tentang psikologi manusia sehingga Anda bisa lebih baik dalam menghadapi client, calon investor, customer, dan rekan kerja terkait bisnis Anda.

Itulah 10 prospek kerja Magister Sains Psikologi dan gajinya yang Anda bisa dapatkan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang membawa manfaat.

Artikel Terbaru