10 Prospek Kerja Magister Psikologi Terapan dan Gajinya

Magister Psikologi Terapan adalah sebuah program yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan minat psikologi pasca sarjana dari lulusan yang latar belakang bidang studi sebelumnya adalah dari non psikologi.

prospek kerja magister psikologi terapan

Anda yang lulus dari jurusan Magister Psikologi Terapan ini nantinya bisa mendapatkan cukup banyak prospek kerja. Prospek kerja Magister Psikologi Terapan sangat luas dan pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda!

10 Prospek Kerja Magister Psikologi Terapan

Berikut kami akan berikan beberapa prospek kerja Magister Psikologi Terapan yang bisa jadi pilihan peluang karir setelah lulus program studi pasca sarjana :

Customer Relations Specialist

Customer Relations Specialist merupakan seorang karyawan perusahaan dengan tanggung jawab menangani masalah, keluhan atau meningkatkan kenyamanan pelanggan atau customer.

Secara garis besar prinsip tanggung jawab seorang Customer Relations Specialist di antaranya adalah menyediakan layanan berkualitas bagi pelanggan atau customer, menanggapi keluhan dan pertanyaan customer baik secara langsung atau pun melalui sambungan telepon, serta menanggapi kritik customer dengan baik.

Seorang magister psikologi terapan yang ketika di bangku kuliah S2 sedikit banyak mempelajari tentang perilaku manusia, mereka juga dapat menekuni profesi sebagai customer relations specialist ini. Adapun rata – rata gajinya berkisar di antara 5 juta sampai dengan 7 juta rupiah per bulan.

Manajer HRD (Human Resources Development)

Lulusan Magister Psikologi Terapan dan ingin menjadi bagian dari sebuah perusahaan? Anda bisa menjadi manajer HRD yang memimpin kinerja dari staf HRD di divisi Anda. HRD di sebuah perusahaan juga memiliki sebutan lain yaitu HR (Human Resources), HC (Human Capital), HRD dan juga HRM.

Adapun gajinya yang bisa didapatkan sebagai manajer di divisi tersebut mulai dari 8 juta sampai dengan 15 juta rupiah per bulan.

Konselor

Lulusan Magister Psikologi Terapan dapat menjadi konselor dengan tugasnya memberikan konseling. Konselor dapat bekerja di perusahaan sebagai karyawan yang memberikan konseling terhadap karyawan lain, namun juga bisa bekerja di LSM yang menangani permasalahan anak remaja, anak atau pun gender.

Adapun terkait gaji sebagai seorang konselor mulai dari 5 juta sampai dengan 7 jutaan rupiah per bulan.

Konsultan SDM (Sumber Daya Manusia)

Sebagai seorang konsultan SDM, Anda bisa bekerja di perusahaan sebagai tim manajemen sumber daya manusia. Selain perusahaan, ada beberapa lembaga yang membutuhkan konsultan SDM di antaranya Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Lembaga Pemasyarakatan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan lainnya.

Adapun gaji konsultan SDM jika bekerja untuk perusahaan mulai dari 8 juta rupiah sementara jika bekerja untuk kelembagaan tentu disesuaikan dengan aturan lembaga itu sendiri.

Peneliti

Menjadi seorang peneliti membutuhkan niat dan juga passion. Jika Anda suka membuat sebuah penelitian atau memiliki banyak pengalaman penelitian di waktu S1 dan kemudian pendidikan Anda dilanjutkan ke jenjang S2 maka kemungkinan besar Anda bisa menjadi seorang peneliti.

Anda bisa melamar dan bekerja di lembaga penelitian LIPI. Anda juga bisa bekerja di instansi pemerintah yang berkaitan dengan sektor kebijakan publik. Adapun gaji Anda bisa mulai 6 jutaan rupiah. Belum lagi Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk meraih beasiswa S3 dan sebagainya.

Trainer

Seorang trainer akan memberikan motivasi, pengembangan diri baik untuk seseorang atau sekelompok orang. Untuk menjadi seorang trainer, Anda tentu harus punya skill komunikasi yang memadai, bukan pemalu karena Anda akan terus berurusan dengan banyak orang dan cakap mengemukakan pendapat, pandangan atau motivasi.

Seorang trainer bisa mengadakan suatu event sendiri atau bekerja untuk lembaga pelatihan atau trainee yang memberikan gaji setidaknya 7 – 9 juta rupiah per bulan.

Psikolog klinis

Psikolog klinis hadir untuk membantu setiap individu yang memiliki gangguan mental agar bisa kembali menjadi orang yang mampu beradaptasi dengan kehidupan dan lingkungannya secara normal.

Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 7 sampai 10 jutaan rupiah per bulan sebagai seorang psikolog klinis.

Asesor

Asesor merupakan seseorang yang mendapat sertifikasi dan kualifikasi untuk melakukan serangkaian assessment atau penilaian terhadap seseorang. Jika Anda lulusan Magister Psikologi Terapan, Anda bisa menjadi asesor setelah mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai asesor.

Adapun gaji yang Anda bisa dapatkan per bulannya mulai dari 7 juta sampai dengan 9 juta rupiah per bulan. Sementara kalau bekerja untuk instansi biasanya Anda berkemungkinan diangkat menjadi PNS.

Dosen

Lulusan Magister Psikologi Terapan dapat menjadi dosen dengan latar belakang bidang pendidikan pasca sarjananya untuk mengajar mahasiswa Magister Psikologi Terapan atau mengajar sesuai latar belakang bidang pendidikan di program sarjana sebelumnya. Adapun besaran gaji untuk menjadi seorang dosen sangat variatif mulai dari 7 juta rupiah per bulan.

Pengusaha

Siapapun bisa jadi pengusaha. Lulusan apapun bahkan kalau lulus program pasca sarjana pun bisa menjadi seorang pengusaha karena menjadi seorang pengusaha pada hakikatnya tidak butuh latar belakang pendidikan.

Yang dibutuhkan hanyalah kemauan dan kemampuan untuk berbisnis atau mengelola suatu usaha. Adapun besaran gajinya tidak menentu namun bisa jutaan atau bahkan puluhan dan ratusan juta rupiah tergantung bisnis apa yang dijalankan dan kapabilitas bisnisnya seperti apa.

Itulah daftar 10 prospek kerja Magister Psikologi Terapan yang bisa jadi pilihan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat.

Artikel Terbaru