10 Prospek Kerja Magister Hukum Kesehatan dan Gajinya

Program studi Magister Hukum Kesehatan merupakan sebuah program studi di perguruan tinggi negeri dan swasta yang menghadirkan kurikulum interdisipliner dan multidispliner terkait hukum di dunia kesehatan baik nasional atau internasional.

prospek kerja magister hukum kesehatan

Ada beberapa kampus yang menyediakan program studi magister hukum kesehatan di Indonesia seperti Unika Soegijapranata, UGM, Universitas Hang Tuah Surabaya dan beberapa lainnya. Lantas, prospek kerja Magister Hukum Kesehatan apa saja?

10 Prospek Kerja Magister Hukum Kesehatan dan Gajinya

Berikut kami berikan untuk Anda beberapa prospek kerja Magister Hukum Kesehatan beserta gajinya :

Kepala pimpinan rumah sakit

Jika Anda sebelum menjadi seorang Magister Hukum Kesehatan sudah menjadi staf di sebuah rumah sakit, maka tidak akan sulit untuk kemudian menjadi kepala pimpinan rumah sakit.

Memang ada rumah sakit swasta yang kepala pimpinan rumah sakitnya merupakan anggota keluarga sendiri. Namun beberapa rumah sakit ada juga yang kepala pimpinannya diambil dari seleksi yang bisa diikuti oleh siapapun.

Gaji pimpinan rumah sakit sendiri bervariasi tergantung kebijakan namun rata – rata sudah di atas 10 juta rupiah per bulan.

Kepala dinas kesehatan kabupaten/ kota

Sebagai seorang kepala dinas kesehatan, Anda akan sering berhubungan dengan para dokter atau perawat Ners yang ingin membuka praktek baik praktek mandiri atau praktek bersama. Anda juga akan mengidentifikasi apakah terjadi malpraktik atau tidak.

Jika memang terjadi malpraktik Anda akan mencabut izinnya dan melaporkannya kepada dinas kesehatan terkait serta kepolisian RI untuk dilakukan penutupan praktik atau pemberian sangsi.

Sebagai kepala dinas, Anda adalah seorang PNS dan mendapatkan gaji sesuai pangkat dan kedudukan Anda.

Staf Hukum dan HAM

Meski background pendidikan Anda sebagai magister hukum kesehatan, namun selama duduk di bangku kuliah Anda juga akan mendapatkan pengetahuan dan ilmu terkait Bioetik dan Hak Asasi Manusia sehingga menjadi staf hukum dan HAM tidak mustahil untuk Anda.

Utamanya kalau Anda memang ingin bekerja untuk pemerintahan. Anda bisa menjadi seorang PNS dan mendapatkan gaji beserta tunjangan.

Diplomat

Sebagai seorang diplomat Anda akan bekerja sebagai wakil negara dalam mengurus perkaranya di luar negeri. Misalkan Anda bisa bekerja sebagai diplomat untuk Indonesia di Amerika Serikat dan Anda akan mendapatkan gaji sesuai tempat Anda ditempatkan.

Untuk diplomat Indonesia di Amerika Serikat misalnya, Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 120 – 124 juta rupiah per bulan.

Manajer perusahaan di bidang kesehatan

Ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan di Indonesia. Anda bisa menjadi manajer di sana dan mendapatkan gaji yang tidak sedikit. Biasanya perusahaan tidak akan tanggung – tanggung memberikan gaji di atas 15 juta rupiah per bulan untuk manajer.

Kepala BPOM

Sebagai kepala BPOM Anda akan memberikan arahan, pengawasan dan pengarahan terhadap staf atau pegawai yang bekerja di BPOM. Anda juga akan mempelajari terkait produk makanan, obat dan perizinannya.

Sebagai kepala BPOM, Anda bisa mendapatkan gaji per bulan sekitar 15 – 17 juta rupiah. Namun memang tanggung jawab Anda juga besar.

Staf Badan Perlindungan Konsumen Nasional

Untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen atas suatu produk yang beredar, ada lembaga yang bernama Badan Perlindungan Konsumen Nasional atau BPKN. Anda bisa menjadi staf dan diangkat menjadi PNS dengan gaji dan tunjangan sesuai kepangkatan dan posisi Anda.

Konsultan hukum

Pengetahuan hukum kesehatan yang Anda punya bisa juga Anda gunakan untuk mendirikan lembaga konsultasi sendiri. Atau Anda juga bisa menjadi  konsultan hukum di sebuah perusahaan dan mendapatkan gaji mulai dari 7 atau 8 jutaan rupiah per bulan.

Dosen

Dengan background pendidikan Magister Hukum Kesehatan yang Anda punya, Anda bisa menjadi seorang dosen baik di perguruan tinggi negeri atau pun swasta. Gaji per bulan yang bisa didapatkan untuk mengabdi sebagai seorang dosen mulai dari 5 atau 7 juta rupiah per bulan.

Di beberapa kampus swasta ternama, gaji dosen bahkan ada yang mencapai 9 juta sampai 11 juta rupiah per bulan.

Pengusaha

Atau ingin bekerja secara tak terikat? Anda bisa menjadi seorang pengusaha. Anda bisa mendirikan usaha apapun. Mendirikan usaha di bidang kesehatan juga menarik untuk dilakukan.

Itulah kira – kira beberapa prospek kerja Magister Hukum Kesehatan dan potensi gaji yang bisa Anda dapatkan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang membawa manfaat khususnya bagi Anda lulusan Magister Hukum Kesehatan yang sedang mencari kerja.

Artikel Terbaru