10 Prospek Kerja Komputerisasi Akuntansi dan Gajinya

Sebenarnya jurusan akuntansi juga sudah diajari materi komputerisasi akuntansi. Namun tentu jurusan komputerisasi akuntansi sendiri mengupas tentang komputerisasi akuntansi secara lebih menyeluruh dan kompleks.

prospek kerja komputerisasi akuntansi

Tak hanya tenaga akuntansi yang dibutuhkan, lulusan komputerisasi akuntansi yang tentunya paham tentang akuntansi secara umum dan ditambah dengan skill komputerisasi akuntansi yang mumpuni sangat dibutuhkan. Lantas, dimana sajakah prospek kerja komputerisasi akuntansi dan potensi gajinya seperti apa?

10 Prospek Kerja Komputerisasi Akuntansi dan Gajinya

Ada beberapa prospek kerja komputerisasi akuntansi dan gajinya yang Anda perlu tahu, di antaranya :

Akuntansi publik

Dengan kemampuan komputerisasi akuntansi yang memadai, Anda bisa menawarkan skill yang Anda punya untuk perusahaan – perusahaan yang membutuhkan jasa Anda.

Sebagai seorang akuntan publik Anda bisa melayani dan memberikan jasa untuk lebih dari satu perusahaan. Anda akan menjadi seorang expert yang memberikan jasa Anda kepada perusahaan tersebut dan mendapatkan fee atau bayaran atas jasa Anda.

Financial clerks

Profesi sebagai financial clerks bekerja mengatur catatan keuangan, tagihan dan berbagai macam transaksi keuangan lainnya. Di dalam praktek financial clerks, Anda juga akan bertanggung jawab untuk membuat suatu laporan keuangan, perpajakan dan bahkan membuat anggaran untuk sebuah perusahaan.

Profesi yang satu ini hampir selalu ada di semua jenis perusahaan. Namun jika bekerja di perusahaan yang berbasis internet atau teknologi, Anda juga biasanya akan berperan ganda sebagai system analyst.

Untuk gaji per bulan yang bisa Anda dapatkan sangat menggiurkan biasanya di rentang 6 – 7 juta rupiah.

System analyst

Siapa itu system analyst?

Seorang system analyst merupakan seseorang yang bekerja merancang sistem yang dapat memenuhi kebutuhan suatu bisnis.

Profesi yang satu ini biasanya ada di sebuah perusahaan yang menjual barang dan jasa atau bahkan startup. Peran Anda akan sangat vital dengan kemahiran komputerisasi akuntansi yang Anda punya. Adapun gajinya biasanya mencapai 7 – 9 juta rupiah. Beberapa perusahaan juga bahkan menawarkan gaji di atas 10 juta rupiah untuk karyawannya.

Accounting receptionist

Untuk Anda yang menjadi seorang accounting receptionist sebuah perusahaan, job description sehari – hari Anda adalah menjawab telepon, menyambut client, sampai dengan menjadwalkan pertemuan antara client dengan staf perusahaan.

Profesi ini akan membuat Anda juga mengerjakan berbagai hal terkait akuntansi. Tools – tools akuntansi akan Anda operasikan sehingga dengan kemampuan komputerisasi akuntansi yang Anda punya tentu akan sangat membantu pekerjaan Anda.

Gaji per bulannya tergantung UMR dan kapabilitas perusahaan tempat Anda bekerja namun rata – rata berada di angka 4 – 9 juta rupiah per bulan.

Accounting clerks

Ada financial clerks, ada juga accounting clerks. Kalau financial clerks berfokus pada menangani keuangan perusahaan maka accounting clerks berfokus pada masalah utang piutang.

Seorang accounting clerks juga akan bertanggung jawab terhadap tata buku, pencatatan setiap transaksi, penghitungan tingkat bunga, sampai dengan pembukuan terhadap segala hal yang berkaitan dengan keuangan. Adapun gaji per bulannya sekitar 4,5 – 7 juta rupiah per bulan.

Auditor

Sebagai seorang auditor, tugas Anda adalah mengaudit atau memeriksa laporan keuangan yang sudah disajikan. Anda harus mencari tahu apakah ada kejanggalan dari laporan keuangan tersebut atau tidak.

Gaji seorang auditor dengan tingkat kejelian yang tinggi tidak main – main. Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 5 – 8 juta rupiah per bulan.

Staf perpajakan

Anda akan mengurus berbagai hal terkait perpajakan. Sebagai staf perpajakan, Anda akan berkontribusi besar mengurus keuangan negara. Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 5 – 7 jutaan rupiah per bulan dan mendapatkan tunjangan serta insentif dari pekerjaan ini.

Guru SMK Akuntansi

Menjadi seorang guru memang tugas yang mulia. Selain skill komunikasi yang baik, sikap pengertian, sabar, telaten dan ulet harus Anda miliki.

Anda bisa mengajar di SMK Akuntansi dengan background jurusan Komputerisasi Akuntansi yang Anda miliki. Di tingkat SMK, biasanya Anda akan mengajarkan tentang praktek komputerisasi akuntansi standar MYOB dan beberapa tools akuntansi lainnya.

Gaji per bulan Anda yang bisa didapatkan sebagai seorang guru SMK AKuntansi mulai dari 1,5 juta rupiah.

Dosen

Kalau Anda memiliki minat untuk menjadi seorang tenaga pengajar namun tidak menjadi guru, Anda bisa menjadi dosen. Namun Anda harus lulus S2 terlebih dahulu untuk bisa menjadi seorang dosen.

Adapun gaji per bulan yang Anda bisa dapatkan sebagai seorang dosen mulai dari 5 – 7 juta rupiah. Tentu akan semakin meningkat seiring dengan perjalanan waktu.

Wirausaha

Bagi Anda yang ingin bekerja secara tidak terikat, prospek kerja komputerisasi akuntansi yang bisa jadi pilihan adalah menjadi seorang wirausaha.

Anda akan bekerja untuk usaha sendiri, menentukan omset Anda sendiri sesuai perkembangan usaha yang Anda jalankan dan bekerja dengan memanage waktu Anda sendiri.

Itulah daftar 10 prospek kerja komputerisasi akuntansi dan gajinya yang bisa jadi pilihan Anda setelah lulus kuliah nantinya. Pastikan Anda mempelajari setiap mata kuliah yang diberikan dengan sebaik mungkin agar nantinya di dunia kerja bekal Anda sudah mumpuni.

Artikel Terbaru