10 Prospek Kerja Event Management dan Gajinya

Event management merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara yang tepat dalam mempersiapkan suatu acara demi mencapai tujuan tertentu. Program studi ini juga mencakup pembelajaran tentang persiapan suatu event mulai dari cara perencanaan, perancangan, konsep, pengoordinasian, promoting sampai pengawasannya.

prospek kerja event management

Dengan bekal ilmu event management yang dimiliki, prospek kerja yang bisa dipilih cukup banyak. Apa saja prospek kerja event management yang bisa jadi pilihan? Berikut informasinya!

Prospek Kerja Event Management dan Gajinya

Prospek kerja event management cukup luas. Anda bisa bekerja sebagai karyawan atau menjadi pengusaha dan menjalankan usaha Anda sendiri.

Secara garis besar, berikut beberapa prospek kerja event management dan gajinya :

MUA

Dalam suatu event, make up sangatlah penting untuk menunjang penampilan. Kalau Anda juga memiliki suatu keahlian dalam memake up seseorang, Anda bisa menjadi MUA. Anda akan mendapatkan fee setiap kali mendapatkan panggilan atau job make up.

Staf event organizer

Dengan pengetahuan event management yang sudah Anda pelajari, Anda bisa menjadi staf di usaha event organizer. Sebagai staf event organizer, sistemnya berbeda – beda. Ada usaha event organizer yang memberikan gaji stafnya bulanan, namun ada juga yang memberikan gaji stafnya sesuai dengan berapa banyak panggilan event dalam satu bulan.

Usaha event organizer

Atau kalau sudah ada modal Anda juga bisa mendirikan usaha event organizer Anda sendiri. Anda bisa menghire tim untuk menjalankan usaha rintisan Anda tersebut. Modalnya memang besar, namun hasilnya juga sampai puluhan juta sekali mendapatkan job.

Staf hotel

Kalau Anda memang punya keinginan untuk menjadi staf hotel baik itu resepsionis atau bagian lainnya, Anda bisa melamar sedari sekarang. Banyak hotel di Indonesia yang butuh staf hotel. Gajinya bermacam – macam. Untuk hotel bintang 4 atau 5 gajinya bahkan di atas 7 juta rupiah per bulan.

Manager café atau resto

Menjadi manager café atau resto dapat menjadi pilihan kerja yang cukup menarik untuk Anda yang pernah belajar di bidang event management. Tugas Anda cukup banyak sebagai manager café atau resto.

Anda harus mempersiapkan staf café yang akan bekerja, memastikan semua menu yang akan dihidangkan siap, mengontrol kitchen atau dapur, dan sebagainya.

Membuka café sendiri

Kalau punya dana lebih dan memiliki kemampuan manajemen serta pengelolaan yang baik, Anda bisa membuka café sendiri.

Anda bisa menyiapkan konsep untuk café, mempersiapkan nama dan ide brand yang kuat serta bisa melakukan berbagai persiapan penting lainnya untuk memastikan bahwa café dapat berjalan lancar dan memberikan keuntungan sesuai yang Anda harapkan.

Namun memang tantangan memiliki café sendiri sangat besar mulai dari mempersiapkan menu, mempersiapkan konsep café yang tidak ketinggalan zaman dan diterima target market, mempersiapkan strategi promosi dan sebagainya.

Brand activation

Brand activation bertujuan untuk mempromosikan suatu produk perusahaan dan meningkatkan brand awareness mereka.

Anda yang merupakan seseorang dengan ilmu event management, tentu sudah cukup paham tentang bagaimana melakukan promosi, berinteraksi dengan audiens dalam memperkenalkan produk, memanfaatkan sosial media dan sebagainya.

Anda bisa bergabung dengan sebuah perusahaan marketing atau bahkan menyediakan jasa brand activation sendiri.

Manager marketing perusahaan

Kalau jam terbang dan pengalaman Anda sudah banyak, Anda juga bisa menjadi seorang manager marketing perusahaan. Anda bisa mendapatkan gaji di atas 15 juta rupiah per bulan menempati posisi dan tugas ini.

Guru

Kalau Anda termasuk salah satu orang yang ingin mengabdikan diri dengan mengajar, Anda bisa menjadi guru baik di sekolah negeri atau sekolah swasta. Sebagai seorang guru, gaji per bulan Anda sekitar 1 juta – 1,5 juta rupiah.

PNS

Ikut dalam program recruitmen CPNS dapat menjadi jalan bagi Anda yang ingin menjadi seorang ASN, mendapatkan gaji serta tunjangan yang sama per bulan dan mendapatkan dana pensiun. Anda dari jurusan apapun tak menutup kemungkinan untuk bisa menjadi PNS.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait 10 prospek kerja Event Management dan gajinya. Semoga menjadi informasi yang menambah pengetahuan dan jangan pernah berpikir bahwa prospek kerja Anda sempit.

Artikel Terbaru