10 Prospek Kerja Dokter Umum dan Gajinya

Ada cukup banyak jenis tenaga medis yang kita tahu, salah satunya adalah dokter umum. Siapakah dokter umum? Dokter umum adalah seorang tenaga medis yang diperkenankan atau diperbolehkan melakukan praktik medis tanpa harus memiliki pendidikan spesialisasi terlebih dahulu.

prospek kerja dokter umum

Dokter umum juga disebut sebagai dokter keluarga. Bagi Anda yang menempuh pendidikan di kedokteran umum, ada cukup banyak prospek kerja dokter umum yang bisa jadi  pilihan setelah  lulus. Apa saja?

10 Prospek Kerja Dokter Umum dan Gajinya

Berikut kami ulas untuk Anda terkait apa saja prospek kerja dokter umum dan potensi gaji yang bisa didapatkan :

Staf dokter di rumah sakit

Rata – rata lulusan dokter umum memang akan berpikir untuk melamar kerja di rumah sakit dan menjadi tenaga dokter di sana. Anda akan merawat pasien, melakukan pengecekan pasien, menjadi pendamping pasien, sampai memberikan informasi dan penjelasan terkait kondisi kesehatannya terhadap pasien.

Staf dokter di rumah sakit memang mendapatkan gaji yang tidak sedikit. Untuk staf dokter baru, Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 6 – 7 juta rupiah per bulan.

Membuka praktek sendiri

Untuk membuka praktik sendiri, lulusan dokter umum tidak harus mengambil gelar spesialisasi terlebih dahulu. Jadi setelah lulus kedokteran Anda bahkan bisa langsung membuka praktek sendiri.

Bahkan jika memang Anda punya cukup banyak waktu, Anda bisa membuka praktek tersebut dengan jadwal setelah menuntaskan pekerjaan utama Anda. Banyak kok lulusan dokter umum yang bekerja di tempat lain namun juga membuka praktek, dan Anda pun bisa melakukannya.

Dokter militer

Jika Anda ingin berkarir sebagai anggota militer, maka ketika lulus dari dokter umum Anda bisa mendaftar menjadi dokter militer. Anda nantinya akan menjalani serangkaian tes dan harus menempuh pendidikan lagi selama 6 – 7 bulan di Akpol atau Akmil.

Anda akan bertugas sebagai dokter militer dan melakukan banyak hal. Selain mendapatkan honorarium kemiliteran, Anda juga akan mendapatkan dana internship sebagai dokter militer.

PNS

Lulus dari kedokteran bisa menjadi seorang PNS lho! Anda bisa langsung ikut recruitment CPNS yang diadakan oleh pemerintah. Nantinya Anda bisa menempati formasi sebagai praktisi atau pun sebagai pemangku kepentingan dan pembuat suatu kebijakan.

Anda akan mendapatkan gaji per bulan mulai dari 5 jutaan rupiah untuk background pendidikan dokter umum dan dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

Dosen

Lulusan dokter umum tidak harus membuka praktek atau menjadi dokter kok. Anda juga bisa menjadi tenaga pengajar yaitu seorang dosen di fakultas kedokteran umum.

Jadi jika ingin menjadi dosen, setelah menempuh pendidikan dokter S1, Anda bisa langsung melanjutkan pendidikan S2. Anda akan mengajar di perguruan tinggi baik swasta atau negeri dan berpotensi mendapatkan penghasilan sekitar 5 jutaan rupiah dan akan meningkat.

Peneliti

Lulus dari kedokteran umum, Anda juga bisa menjadi seorang peneliti. Hasil dari penelitian yang Anda lakukan tentunya akan sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan ilmu kedokteran.

Penelitian juga penting untuk mengetahui adanya potensi masalah kesehatan bagi masyarakat. Sebagai seorang peneliti, Anda berhak mendapatkan gaji belasan juta rupiah per bulan.

Kepala rumah sakit

Kalau Anda sudah punya jam terbang cukup tinggi, Anda berkesempatan menjadi kepala rumah sakit. Biasanya, Anda yang sudah bekerja di atas 10 tahun akan menjadi kepala rumah sakit.

Tanggung jawab Anda memang besar karena Anda akan menjadi seorang pemimpin. Dibalik tanggung jawab yang besar tersebut, gaji Anda pun juga besar mencapai belasan juta sampai puluhan juta rupiah per bulan tergantung kebijakan dan valuasi rumah sakitnya.

Wiraswasta

Siapapun bisa jadi pebisnis. Bahkan dokter pun bisa menjadi pebisnis. Anda bisa membuka usaha di bidang kesehatan misalkan membuka apotek, membuka toko alat kesehatan, membuka pelayanan diet dan gizi untuk anak atau pun orang dewasa dan sebagainya.

Staf di perusahaan kesehatan

Menjadi staf di perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan seperti perusahaan obat – obatan misalnya bisa menjadi pilihan. Gaji Anda akan bervariasi tentu tergantung dari posisi yang Anda tempati.

Staf BPOM

Tak hanya lulusan gizi saja yang bisa menjadi staf yang bekerja di BPOM. Pengalaman dan pengetahuan Anda di kedokteran juga bisa digunakan untuk bergabung menjadi staf di Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Sebagai lulusan kedokteran, Anda tentu akan mendapatkan gaji yang cukup fantastis karena gaji Anda bahkan di atas 5 juta rupiah per bulan. Menjadi staf BPOM juga bahkan bisa menjadi profesi pertama Anda sebelum menjadi dokter di rumah sakit atau membuka praktek.

Itulah 10 prospek kerja dokter umum dan gajinya. Semoga informasi yang kami dapat bagikan di atas menjadi informasi yang membawa manfaat khususnya bagi Anda lulusan kedokteran umum. Jangan khawatir, banyak prospek kerja menanti Anda.

Artikel Terbaru