10 Prospek Kerja Digital Marketing dan Gajinya

Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi suatu produk secara digital atau dengan memanfaatkan media internet dengan tujuan menarik konsumen secara luas. Kemampuan marketing digital sangat dibutuhkan untuk menekuni profesi ini.

prospek kerja digital marketing

Dengan ilmu digital marketing yang sudah dimiliki, prospek kerja digital marketing yang bisa didapatkan sangat luas. Terlebih di era gempuran digital seperti sekarang ini. Semakin banyak perusahaan baik yang bergerak di bidang perdagangan barang atau penyediaan jasa membutuhkan seseorang dengan kemampuan digital marketing.

Jadi apa saja prospek kerja digital marketing dan berapa gajinya? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

10 Prospek Kerja Digital Marketing dan Gajinya

Berikut kami berikan 10 prospek kerja digital marketing dan gajinya yang bisa jadi pilihan peluang kerja dengan ilmu yang Anda miliki, di antaranya :

Copywriter

Copywriter seringkali diminta untuk membuat suatu tulisan yang nantinya akan dimuat dalam TV, website, sosial media, billboard, sampai email marketing.

Seorang copywriter harus memiliki kemampuan untuk membuat tulisan yang mengandung interaksi orang lain dengan suatu produk. Informasi yang dipaparkan harus jelas, menyampaikan maksud yang dituju dan mengundang rasa penasaran sekaligus.

Kemampuan untuk mengubah kata menjadi frasa untuk bertindak dari pembaca harus Anda miliki sebagai seorang copywriter. Adapun gajinya sekitar 2,5 juta sampai di atas 10 jutaan rupiah per bulan. Anda juga bisa menjadi freelancer dan menawarkan jasa.

Content writer

Seorang content writer merupakan pekerja kreatif yang pekerjaan sehari – harinya adalah membuat sebuah konten dalam bentuk tulisan untuk dimuat dalam platform website atau lainnya. Mereka juga terkadang membuat script dalam bentuk video.

Gaji seorang content writer mulai dari 2,5 juta sampai 8 juta rupiah tergantung tulisan berbahasa apa yang dibuat dan target pembacanya.

SEO/ SEM specialist

Dengan latar belakang digital marketing yang Anda kuasai, Anda tentu juga sudah menguasai SEO/ SEM specialist. Dengan kemampuan SEO/ SEM yang Anda kuasai, Anda harus melakukan berbagai upaya dengan tujuan memaksimalkan traffic ke sebuah situs website. Gaji SEO/ SEM specialist sekitar 4 – 8 juta rupiah perbulan.

Social media strategist

Seorang social media strategist bertanggung jawab dalam menentukan strategi yang tepat dalam membuat suatu konten, merencanakan campaign dan harus mampu menganalisis traffic sosial media menggunakan kemampuan SEO (Search Engine Optimization) yang dimiliki. Gaji seorang social media strategist kurang lebih sekitar 4 – 9 juta rupiah per bulan.

Social media specialist

Seorang social media specialist berfokus pada pembuatan konten digital yang kreatif dan menarik untuk sejumlah platform. Social media specialist tak hanya membuat konten dalam 1 jenis sosial media saja melainkan harus menyesuaikan konten yang sama untuk diaplikasikan ke berbagai sosial media.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness suatu produk, memperkuat usaha di bidang digital marketing dan mendorong angka penjualan. Gajinya sekitar 3,5 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

Web developer

Tugas Anda sebagai seorang web developer adalah membangun situs website. Anda perlu menguasai bahasa pemrograman juga untuk menjadi seorang web developer ini. Jadi kemampuan digital marketing dan kemampuan teknik pemrograman juga diperlukan.

Anda perlu menguasai bahasa pemrograman dan tekniknya seperti JavaScript, HTML, CSS, JQuery dan sebagainya. Anda bisa mendapatkan gaji per bulan mulai 7 jutaan rupiah.

Desain grafis

Pekerjaan desain grafis juga berkaitan dengan pemasaran digital karena hasil desain grafis akan ditampilkan untuk menarik perhatian target pasar.

Anda harus menguasai berbagai software editing untuk bekerja di bidang ini seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Canva, Adobe Ilustrasi, Figma dan lain – lain. Gaji per bulan yang Anda berhak dapatkan sekitar 4 juta sampai 6 jutaan rupiah.

UI/ UX Designer

Sebelum membangun suatu website atau mobile, seorang developer butuh bantuan UI/UX designer untuk memastikan user interfacenya mudah dan menarik bagi pengguna. Gaji seorang UI/ UX designer puluhan juta rupiah per bulan.

Staf CRM

Staf CRM (Customer Relationship Manager) bertanggung jawab dalam menjaga hubungan antar user dan perusahaan. Jadi sebuah CRM harus mampu mengomunikasikan antara user dan perusahaa. Di beberapa perusahaan utamanya yang berbasis digital atau go digital, staf CRM ini sangat dibutuhkan dan gaji bulanannya di atas 5 – 9 juta rupiah.

PPC specialist

PPC specialist bertugas merencanakan strategi periklanan di berbagai platform seperti Facebook, Google, Instagram, YouTube, TikTok dan sebagainya. PPC specialist perlu meriset kata kunci yang tepat untuk menargetkan pasar dan mengikuti tren yang ada. Gajinya sekitar 4 juta – 8 juta rupiah per bulan.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait 10 prospek kerja digital marketing dan gajinya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang membawa manfaat dan menginspirasi.

Artikel Terbaru