10 Prospek Kerja D3 Teknik Mesin dan Gajinya

Perkembangan program studi Teknik Mesin di Indonesia semakin baik dari waktu ke waktu. Banyak kampus yang sudah menyediakan program studi S1 atau pun D3 Teknik Mesin sebagai pilihan. Namun, program studi ini sebenarnya mempelajari tentang apa sih?

prospek kerja d3 teknik mesin

Program studi Teknik Mesin merupakan sebuah program studi yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan juga pemeliharaan sebuah sistem mekanik secara menyeluruh. Prospek kerja D3 Teknik Mesin setelah lulus kuliah juga luas. Berikut informasinya!

10 Prospek Kerja D3 Teknik Mesin dan Gajinya

Karena mesin sangat dekat dengan kehidupan manusia, maka peluang atau prospek kerja lulusan D3 Teknik Mesin benar – benar luas. Berikut daftar 10 prospek kerja D3 Teknik Mesin setelah lulus beserta potensi gaji yang bisa didapatkan :

Operator mesin produksi

Minimal pendidikan terakhir operator mesin produksi adalah D3. Jadi Anda D3 Teknik Mesin bisa memulai karir menjadi operator mesin produksi. Banyak perusahaan manufaktur yang membutuhkan operator mesin produksi utamanya perusahaan furniture, pabrik pengolahan kayu, kedirgantaraan, pabrik otomotif, bahkan pabrik pengemasan makanan sekalipun.

Untuk meningkatkan nilai jual Anda yang lulusan D3, Anda juga bisa mengambil lisensi izin kerja. Gaji per bulan yang bisa didapatkan sebagai operator mesin produksi mulai dari 3 juta sampai dengan 7 juta rupiah per bulan, tergantung skala perusahaan tempat Anda bekerja.

Petugas PLN

Posisi di Perusahaan Listrik Negara atau PLN tidak hanya diisi oleh orang yang mengerti tentang listrik saja. Lulusan Teknik Mesin juga bisa bekerja sebagai petugas PLN. Gaji Anda sekitar 2,5 juta sampai dengan 4 juta rupiah.

Karyawan pertambangan minyak

Seorang ahli mesin diperlukan dalam perusahaan tambang minyak untuk mengoperasikan suatu alat yang membantu proses pengambilan tambang. Anda bisa bekerja untuk perusahaan PT. Freeport, Pertamina, sampai dengan Chevron.

Gaji per bulannya sebagai karyawan pertambangan minyak sangat besar karena mencapai di atas 10 juta rupiah.

Designer mekanik

Sebagai seorang designer mekanik, tugas Anda adalah membuat contoh – contoh model mesin baru. Kemampuan mengonsep dan merakit contoh model mesin baru akan sangat dibutuhkan banyak perusahaan khususnya perusahaan otomotif.

Gaji per bulan Anda sekitar 5 juta rupiah sampai dengan di atas 10 juta rupiah per bulan tergantung kebijakan dan skala perusahaannya.

PNS

Banyak orang bercita – cita menjadi seorang PNS untuk mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan gaji yang tentram. Ya, Anda tidak hanya akan mendapatkan gaji bulanan sebagai PNS, melainkan juga berhak atas dana pensiun.

Staf BUMN

Beberapa BUMN seperti PT. KAI dan Pertamina butuh lulusan Teknik Mesin. Jadi jangan lewatkan kesempatan Anda untuk menjadi bagian dari mereka. Untuk gajinya, bekerja sebagai staf BUMN membuat Anda berhak mendapatkan gaji yang besar per bulannya yaitu mencapai 7 juta sampai di atas 10 juta rupiah.

Ahli mesin pesawat ringan dan berat

Anda bisa bekerja sebagai audit K3 di bejana tekan. Namun untuk berkarir di bidang ini, Anda perlu mengambil ijin lisensi kerja. Gaji per bulan Anda mulai dari 5 juta sampai dengan 9 juta rupiah tergantung di perusahaan apa Anda bekerja.

Perusahaan rakitan kendaraan bermotor

Ingin bekerja sebagai teknisi namun tetap mendapatkan penghasilan besar? Anda bisa bekerja di perusahaan rakitan kendaraan bermotor. Utamanya kalau Anda bekerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia atau perusahaan Jepang di negara asalnya gaji yang Anda bisa dapatkan di atas 2 digit per bulan.

Guru

Kalau Anda ingin mengabdikan diri untuk membagi ilmu yang sudah Anda punya selama duduk di bangku kuliah kepada anak – anak sekolah, Anda bisa menjadi guru SMK otomotif. Anda akan mendapatkan gaji sekitar 1 juta – 1,5 jutaan rupiah per bulan.

Pengusaha

Sementara untuk Anda yang merasa tidak ingin terikat dengan suatu perusahaan, maka Anda bisa bekerja menjadi pengusaha dan mendirikan usaha Anda sendiri. Anda bisa mendirikan usaha yang berkaitan dengan mesin misalkan menjual sparepart motor atau mobil dan bahkan bisa mendirikan usaha yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan mesin.

Apapun itu, sesuaikan saja dengan minat dan cari peluang pasar yang sekiranya mudah untuk mendapatkan target pelanggan. Anda bisa mendapatkan omset yang besar dengan menjadi pengusaha.

Itulah 10 prospek kerja D3 Teknik Mesin dan gajinya. Anda bisa pilih bidang kerja manapun dari berbagai prospek kerja yang kami sebutkan di atas sebagai pilihan karir Anda di masa yang akan datang.

Artikel Terbaru