10 Prospek Kerja D3 Kesehatan Lingkungan dan Gajinya

D3 Kesehatan Lingkungan merupakan jurusan setara diploma yang mempelajari tentang bagaimana menciptakan dan mengelola lingkungan agar bersih, sehat dan nyaman sebagai habitat hidup manusia dan warga negara.

prospek kerja d3 kesehatan lingkungan

Berbagai kondisi yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan cara mengatasinya akan dipelajari dalam jurusan ini. Prospek kerja D3 Kesehatan Lingkungan apa saja? Berikut informasinya!

Prospek Kerja D3 Kesehatan Lingkungan dan Gajinya

Tak perlu khawatir tidak menemukan pekerjaan setelah lulus D3 Kesehatan Lingkungan, jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup lebar kok. Berikut beberapa prospek kerja D3 Kesehatan Lingkungan yang bisa jadi pilihan pekerjaan Anda setelah lulus :

Ahli lingkungan

Pengetahuan yang Anda miliki tentang analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) bisa menjadi modal agar setelah lulus, Anda bisa menjadi seorang ahli lingkungan. Gaji yang bisa didapatkan dari profesi ini mulai dari 3,5 jutaan rupiah per bulan untuk junior dan mencapai sampai 10 jutaan rupiah untuk senior ahli yang sudah berpengalaman.

Manajer ilmu alam

Ilmu yang Anda dapatkan selama duduk di bangku kuliah bisa menjadi bekal untuk menjadi manajer ilmu alam. Tugas Anda adalah merencanakan, mengarahkan dan mengoordinasikan kegiatan di bidang ilmu biologi, fisika, kimia dan lain – lainnya.

Gaji manajer ilmu alam pun bervariasi mulai dari 3,5 juta sampai sekitar 6 atau 7 jutaan rupiah per bulan.

Tenaga penyuluh

Menjadi tenaga penyuluh adalah tugas mulia. Anda akan bekerja memberikan arahan pada masyarakat luas terkait kesehatan lingkungan.

Kemampuan komunikasi akan sangat Anda perlukan. Terkait gajinya, tenaga penyuluh berhak mendapatkan gaji sekitar 2 juta sampai dengan 3 jutaan rupiah per bulan.

Pegawai pemerintahan

Banyak orang yang ingin bekerja menjadi pegawai pemerintahan karena berharap nantinya akan diangkat menjadi PNS. Jika sudah berhasil menjadi PNS, Anda berhak mendapatkan gaji, tunjangan, insentif dan bahkan dana pensiun.

Sementara jika belum diangkat menjadi PNS, Anda akan menjadi pegawai kontrak dan mendapatkan gaji sekitar 1 juta sampai 1,5 juta rupiah per bulan.

Bekerja di perusahaan manufaktur, migas dan petrokimia

Lulusan D3 kesehatan lingkungan bisa bekerja di perusahaan manufaktur, migas atau pun perusahaan petrokimia. Ada banyak perusahaan semacam itu yang memberikan peluang kerja bagi lulusan D3 kesehatan lingkungan.

Rata – rata gaji yang akan didapatkan bekerja di perusahaan semacam itu sekitar 5 jutaan rupiah per bulan.

Pengawas keamanan pangan

Sebagai pengawas keamanan pangan, Anda akan mengecek atau melakukan inspeksi harian terhadap produk makanan yang akan diedarkan. Jadi dengan kata lain, Anda bekerja di sebuah perusahaan pengawasan pangan seperti misalkan kalau di Indonesia adalah BPOM.

Gajinya mulai dari 3 juta sampai dengan 4 juta rupiah per bulan. Semua itu tentu tergantung dari pengalaman Anda.

Konsultan lingkungan

Kalau fresh graduate sih belum bisa jadi konsultan lingkungan. Namun kalau Anda sudah memiliki pengalaman kerja di atas 7 tahun, Anda bisa memulai karir sebagai konsultan lingkungan meski lulusan D3.

Akan lebih baik lagi kalau Anda melanjutkan pendidikan S1. Seorang konsultan lingkungan akan memberikan arahan terhadap kliennya terkait sistem pengolahan air, drainase sampai dengan sanitasi lingkungan. Gaji yang diperoleh tentu saja tergantung seberapa banyak proyek dan klien yang Anda tangani.

Penulis

Tidak harus menjadi penulis buku tentang lingkungan kok. Kalau merasa punya keahlian menulis cerita dongeng, atau lainnya juga bisa. Anda akan mendapatkan bayaran berupa royalty dari buku yang Anda tulis tersebut.

Peneliti medikal

Profesi ini berkaitan dengan penelitian terkait penyakit dan kesehatan manusia. Penelitian yang dilakukan akan sangat bermanfaat dan membawa dampak sangat besar untuk jangka panjang. Adapun gaji seorang peneliti medikal rata – rata 5 jutaan rupiah per bulan.

Wirausaha

Terakhir, Anda juga bisa mendirikan usaha sendiri. Anda bisa mendirikan usaha menjual suatu produk atau menyediakan jasa. Anda akan mendapatkan omset dari usaha yang Anda jalankan tersebut.

Itulah daftar prospek kerja D3 Kesehatan Lingkungan yang bisa dijadikan pilihan setelah lulus kuliah. Cukup luas bukan prospek kerjanya? Jadi jangan patah semangat dan selamat belajar ya!

Artikel Terbaru