10 Prospek Kerja D3 Desain Grafis dan Gajinya

Jurusan desain grafis pada beberapa kampus juga disebut sebagai desain komunikasi visual (DKV). Jurusan desain grafis merupakan jurusan yang mempelajari tentang tipografi, fotografi, videografi dan proses editing untuk menciptakan suatu karya yang bisa dinikmati secara luas dan maksud tersiratnya bisa tersampaikan.

prospek kerja d3 desain grafis

Di era digital seperti sekarang ini, mencari kerja untuk lulusan desain grafis khususnya D3 desain grafis tidaklah sulit. Berikut 10 prospek kerja D3 desain grafis dan gajinya yang Anda perlu tahu!

10 Prospek Kerja D3 Desain Grafis dan Gajinya

Bagi Anda yang menempuh pendidikan D3 Desain Grafis atau akan menempuh pendidikan D3 Desain Grafis, jangan khawatir dengan prospek kerjanya. Prospek kerja D3 Desain Grafis sangat luas kok, di antaranya :

Graphic designer

Graphic designer merupakan seorang komunikator visual. Jadi Anda harus mampu mengomunikasikan antara perusahaan dengan customer atau negara dengan masyarakat atau perusahaan dengan target marketnya melalui media komunikasi visual yang Anda buat berupa gambar, foto atau lainnya.

Gajinya sekitar 800 ribu rupiah untuk freelance per project yang dikerjakan. Atau kalau Anda merupakan seorang expert dan sudah memiliki nama di dunia freelancer maka Anda bahkan bisa mendapatkan gaji di atas 1,5 juta per project.

Anda juga bisa menjadi seorang graphic designer suatu perusahaan dan mendapatkan gaji bulanan sekitar 5 – 7 jutaan rupiah.

Art director

Profesi art director secara garis besar bertugas mengatur tim desainer yang bekerja untuk proyek kreatif. Seorang art director bertanggung jawab atas keseluruhan tampilan visual karyanya bersifat persuasif dan komunikatif.

Anda harus mampu berpikir kritis dan inovatif. Anda harus punya ide – ide yang unik dan out of the box. Gajinya sekitar 4 juta sampai 8 jutaan rupiah per bulan sebagai art director di perusahaan Indonesia.

Animator

Seorang animator bertugas dalam menghasilkan beberapa gambar yang disebut dengan frame animation. Frame animation ini nantinya akan diurutkan untuk menciptakan suatu ilusi gerakan yang sekarang dikenal sebagai animasi.

Seorang animator bisa membuat animasi dalam berbagai bentuk baik bentuk 2D, 3D atau 4D. keterampilan artistik dan kemampuan mengoperasikan komputer menjadi kemampuan dasar seorang animator yang harus dimiliki. Adapun gajinya mulai dari 7,9 juta rupiah sampai di atas 10 juta rupiah per bulan.

Komikus

Kalau Anda suka menggambar berbagai karakter unik, Anda bisa menjadi seorang komikus. Banyak banget lho komikus terkenal yang saat ini sudah sukses. Anda bisa meneruskan jejak mereka. Anda juga bisa membuat channel YouTube sendiri yang mempopulerkan hasil karya Anda.

Artworker

Seorang artworker bertanggung jawab merapikan hasil karyanya sehingga dapat digunakan dalam suatu proyek atau konten. Job description seorang artworker sangat luas meliputi retouching, pengerjaan ulang atau memperbaiki suatu desain, menyesuaikan tipografi, keseimbangan warna sampai dengan mengubah ukuran dokumen sesuai yang client minta.

Anda harus punya taste yang bagus dan harus selalu mengerjakan sesuatu secara detail. Anda bisa menjadi artworker freelance yang dibayar per project yang dikerjakan.

Concept artist

Seorang concept artis akan bekerja dengan membayangkan dan membuat sketsa karakter yang belum ada di film, animasi, VFX, video game atau iklan yang sudah tayang sebelumnya. Jadi daya imajinasi Anda harus tinggi selain kemampuan komputasi yang bagus.

Biasanya perusahaan visual atau media, perusahaan animasi, perusahaan film dan perusahaan video game akan membutuhkan concept artis. Anda bisa mendapatkan gaji di atas 10 juta rupiah bekerja di bidang ini.

Creative director

Seorang creative director harus kreatif bekerja untuk membuat, merencanakan sampai dengan menyampaikan suatu visi strategis untuk clientnya. Anda juga punya peran penting sampai akhir hingga projek terselesaikan dan membuahkan hasil maksimal.

Sebagai seorang creative director, Anda juga akan terlibat dalam perencanaan periklanan, sampai dengan mengawasi proses kreatif oleh tim yang bekerja dibawah bimbingan Anda. Tim yang biasanya termasuk bekerja dibawah creative director seperti art director, copywriter sampai desainer.

Pendapatan seorang creative director dengan semua tugas dan tanggung jawab yang dimiliki di antara 15 juta – 20an juta rupiah.

Ilustrator

Seorang illustrator bekerja untuk membuat gambar statis berupa ilustrasi untuk digunakan dalam buku, majalah, iklan, kemasan produk, kartu ucapan, surat kabar atau pun komik. Kreativitas yang tiada habisnya sangat dibutuhkan untuk seorang illustrator disamping kemampuan desain grafis yang mumpuni.

Gaji Anda sebagai illustrator mulai dari 5 – 8 jutaan rupiah tergantung perusahaan tempat Anda bekerja.

UX designer

Tugas seorang UX designer adalah membuat produk, proses kerja dan layanan suatu aplikasi menjadi mulus dan intuitif bagi pengguna. Seorang UX designer harus mampu merencanakan konsep desain terbaik agar pengguna bisa merasa nyaman ketika mengakses aplikasi suatu perusahaan.

Karir ini melibatkan kreativitas, intuisi dan kemampuan teknologi yang memadai. Gajinya pun tidak main – main mulai dari 8 – 8,5 juta rupiah untuk pemula. Sementara untuk orang yang expert mencapai 15 – 20an juta rupiah per bulan.

UI designer

Seringkali UI designer dianggap sama dengan bagian desain UX. Padahal tujuan kerja dan apa yang mereka kerjakan sangat berbeda. UI designer lebih berfokus tentang bagaimana tampilan suatu produk tertata dengan visualisasi yang baik untuk pengguna.

Mereka akan memperhatikan kenyamanan, desain setiap layar dan setiap halaman yang tampil, koherensi gaya desain dan memastikan tampilan suatu website atau laman yang diakses konsisten dan tidak membingungkan pengguna. Gaji seorang UI designer rata – rata sama dengan gaji UX designer.

Itulah 10 prospek kerja D3 Desain Grafis dan gajinya yang bisa jadi pekerjaan andalan setelah lulus. Anda yang ingin melanjutkan sekolah di D3 Desain Grafis tak perlu khawatir dengan peluang kerjanya karena terbuka sangat lebar dan luas.

Artikel Terbaru