Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja D3 Analis Kesehatan dan Gajinya

Analis kesehatan adalah orang yang memiliki keterampilan dalam bidang kesehatan dan bertugas untuk melaksanakan, melakukan evaluasi terhadap prosedur laboratorium dan memanfaatkan berbagai sumber daya pendukung yang ada untuk mencapai tujuannya dalam bidang kesehatan.

prospek kerja d3 analis kesehatan

Seorang analis kesehatan bisa menuntut ilmu sampai jenjang S1 atau D3. Untuk lulusan analis kesehatan D3 apa saja prospek kerjanya? Berikut kami akan ulas prospek kerja D3 Analis Kesehatan beserta informasi kisaran gajinya. Cek dulu yuk!

10 Prospek Kerja D3 Analis Kesehatan dan Gajinya

Berikut kami lampirkan beberapa peluang atau prospek kerja D3 Analis Kesehatan yang bisa didapatkan atau diambil setelah lulus dari jenjang pendidikan D3, di antaranya :

Staf rumah sakit

Lulusan D3 Analis Kesehatan biasanya akan memulai karirnya sebagai staf rumah sakit. Anda akan bekerja membantu perawat yang sedang menjalankan tugasnya. Anda bisa ditempatkan di bagian peralatan atau pun ditempatkan di bagian pendataan.

Gaji sebagai staf rumah sakit sekitar 2 juta – 2,5 jutaan rupiah per bulan.

Staf laboratorium rumah sakit

Sebagai staf laboratorium rumah sakit, tugas Anda adalah membantu tenaga medis seperti dokter untuk melakukan Analisa penyakit yang diderita oleh pasien.

Tugas dan tanggung jawab Anda meski sebagai staf sangat besar karena Anda juga turut berkontribusi dalam menentukan langkah perawatan yang tepat bagi pasien. Gaji staf laboratorium rumah sakit sekitar 2,5 juta sampai 3 juta rupiah per bulan.

Atau Anda juga bisa bekerja di laboratorium rumah sakit di luar negeri dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Terlebih di sana tenaga kesehatan sangat diprioritaskan. Gaji Anda bahkan bisa mencapai dua digit.

Rekam medis

Rekam medis di rumah sakit juga memiliki peran yang sangat penting. Tidak hanya lulusan jurusan radiologi saja yang bisa bekerja di bagian rekam medis, Analis kesehatan juga mumpuni bekerja di bagian tersebut di rumah sakit.

Tugas dan tanggung jawab seorang ahli rekam medis juga sangat penting dan tak boleh diremehkan. Gaji per bulan rekam medis biasanya mencapai 2,5 juta – 3 jutaan rupiah per bulan.

Ahli gizi makanan

Sebagai ahli gizi, tugas Anda adalah melakukan penelitian atas kandungan yang ada di dalam makanan. Ahli gizi juga berperan penting dalam menyusun menu makanan yang dibutuhkan pasien. Adapun gajinya sekitar 2 juta sampai 3 jutaan rupiah.

Konsultan kesehatan

Sebagai konsultan, Anda harus memiliki kemampuan analisis yang baik. Anda juga harus mampu mengungkapkan Analisa, pendapat dan pandangan terkait suatu hal. Pengalaman yang cukup panjang juga diperlukan.

Biasanya konsultan kesehatan akan mendapatkan mulai dari 100 ribu sampai 200 ribu rupiah atas setiap sesi yang diberikan kepada pasien. Akan lebih baik juga jika Anda melanjutkan pendidikan S1 sebelum menekuni pekerjaan ini.

Tenaga pengajar

Baik guru atau dosen, keduanya sama – sama dibutuhkan untuk mencerdaskan anak bangsa. Untuk lulusan D3 Analis Kesehatan, Anda bisa menjadi guru dan membuka bimbel.

Anda bisa mendapatkan gaji per bulan mulai dari 500 ribu dari bimbel yang Anda jalankan dan mendapatkan gaji mulai dari 1 juta rupiah sebagai tenaga pengajar. Anda bisa memilih untuk mengajar di sekolah negeri atau swasta.

Staf perusahaan farmasi

Ada banyak perusahaan farmasi di Indonesia. Tidak hanya lulusan farmasi saja yang bisa menjadi karyawan atau staf di perusahaan farmasi. Seorang lulusan D3 Analis Kesehatan juga bisa mendapatkan prospek kerja yang satu ini setelah lulus.

Dari prospek kerja D3 Analis Kesehatan ini, Anda bisa mendapatkan gaji per bulan 3 juta – 3,5 jutaan rupiah.

Penyuluh kesehatan masyarakat

Menjadi seorang penyuluh membuat Anda harus berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat ketika memberi penyuluhan seputar kesehatan. Anda akan lebih sering bekerja di luar kantor seperti berkunjung ke desa – desa atau sekolah – sekolah.

Oleh karena itu kemampuan komunikasi yang baik harus Anda miliki. Profesi ini memberikan potensi penghasilan mulai dari 1,5 juta – 2 jutaan rupiah per bulan.

Pengawas kesehatan lingkungan

Sebagai pengawas kesehatan lingkungan, Anda bisa bekerja sebagai manajer lingkungan perusahaan atau rumah sakit. Gaji yang Anda bisa nikmati dari profesi ini sekitar 2,5 juta atau 3 jutaan rupiah.

Manajemen quality control

Ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan dan obat – obatan. Nah Anda bisa bekerja di bagian manajemen quality control. Adapun gajinya mulai dari 3 juta sampai 4 jutaan rupiah per bulan.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait prospek kerja D3 analis kesehatan dan gajinya. Semoga apa yang kami informasikan di atas menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya untuk Anda lulusan Analis Kesehatan.

Artikel Terbaru