10 Prospek Kerja Creative Arts dan Gajinya

Creative arts atau jurusan seni rupa merupakan jurusan yang mempelajari tentang penciptaan, pengkajian dan proses penciptaan suatu karya seni rupa baik seni rupa murni atau seni rupa kontemporer.

prospek kerja creative arts

Bagi lulusan creative arts banyak orang yang mengira kalau pekerjaan mereka nantinya sangat sempit dan hanya akan menjadi seorang pelukis atau perupa saja. Namun sebenarnya prospek kerja creative arts cukup banyak kok. Di sini kami akan berikan 10 prospek kerja creative arts dan gajinya yang perlu Anda tahu!

10 Prospek Kerja Creative Arts dan Gajinya

Di bawah ini daftar 10 prospek kerja creative arts dan gajinya yang bisa dijadikan pilihan setelah lulus dari jurusan creative arts, di antaranya :

Pelukis

Ya, seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya dan seperti yang banyak orang pikirkan tentang prospek kerja Creative Arts, Anda lulusan Creative Arts bisa menjadi seorang pelukis. Hasil lukisan tersebut nantinya bisa dijual atau dilelang dalam pameran – pameran karya seni.

Setiap karya yang Anda hasilkan karena memiliki keunikan tersendiri bahkan bisa terjual dengan harga yang fantastis bukan lagi ratusan ribu rupiah melainkan bisa jutaan dan puluhan juta rupiah. Semua itu tergantung taste dan bagaimana Anda mengolah karya seni yang Anda buat tersebut.

Illustrator

Seorang illustrator tugasnya adalah menciptakan suatu gambar atau ilustrasi untuk kepentingan iklan produk, promo film dan mendukung pengenalan produk perusahaan kepada konsumen dan calon konsumen. Profesi ini menawarkan gaji yang menjanjikan mulai dari 4 juta sampai di atas 8 juta rupiah.

Grafis designer

Kalau Anda juga memiliki skill grafis yang mumpuni, Anda juga berpotensi bekerja di bidang grafis yaitu menjadi seorang designer grafis. Tugas Anda adalah membuat grafis visual yang menarik untuk tujuan tertentu.

Untuk gaji per bulan dari profesi sebagai designer grafis yang berpotensi Anda dapatkan adalah sekitar 5 juta sampai dengan 6 juta rupiah.

Interior designer

Kalau Anda punya taste yang bagus terhadap bangunan khususnya interior design, Anda bisa menjadi interior designer. Tugas Anda adalah membuat interior bangunan jadi lebih artistik dan indah dengan penataan dan konsep pencahayaan yang sesuai.

Jasa ini banyak dibutuhkan di Indonesia. Utamanya rumah – rumah mewah pasti butuh jasa interior designer. Anda bisa lho menjadi seorang interior designer dan mendapatkan puluhan juta rupiah dari setiap proyek mewah yang Anda tangani.

Kurator

Kalau Anda suka dengan sesuatu yang bernilai sejarah, Anda bisa menjadi seorang kurator. Tugas Anda adalah memilih dan mengurus objek seni museum atau karya yang nantinya akan dipamerkan. Gaji per bulan yang Anda bisa dapatkan dari profesi sebagai kurator ini sekitar 4 – 5 juta rupiah.

Entrepreneur

Seni tidak hanya bisa menjadi selera dan kesukaan melainkan juga bisa jadi ladang bisnis. Semisal Anda bisa membuka galeri seni Anda sendiri dan memamerkan karya seni Anda di sana.

Penghasilannya tak ada batasan tergantung promosi dan persepsi penjualan Anda sendiri di galeri yang Anda buat untuk menampung semua karya Anda. Anda juga bisa menjadikan tempat usaha tersebut sebagai museum dan Anda bisa menarik tiket masuk untuk siapapun yang ingin berkunjung menyaksikan karya seni Anda.

Guru atau dosen

Ilmu yang Anda dapatkan selama duduk di bangku kuliah bisa menjadi modal awal untuk menjadi seorang guru atau pun dosen. Sebagai seorang guru, Anda bisa mengajar siswa SD sampai SMA dan mendapatkan gaji sekitar 1 juta – 1,5 juta rupiah per bulan. Anda juga bisa menjadi PNS nantinya.

Kalau menjadi dosen, Anda harus tuntaskan dulu pendidikan S2 Anda dan mengajar di tingkat perguruan tinggi. Gajinya juga lebih besar dari guru. Dosen rata – rata mendapatkan gaji mulai 5 jutaan rupiah per bulan.

Kartunis

Kartunis merupakan sebutan bagi orang yang karya seninya berupa kartun. Anda bisa menjadi kartunis dan melamar di perusahaan media atau menjadi freelancer kartunis. Kalau bekerja di perusahaan media, gaji per bulan Anda sekitar 4 juta sampai 5 jutaan rupiah.

Webtoonist

Siapa yang tidak kenal webtoon? Cerita komik bergambar ini sangat disukai banyak orang mulai dari anak – anak sampai orang dewasa. Nah, Anda bisa menjadi seorang webtoonist dan gaji per bulan yang berpotensi Anda dapatkan mulai 5 jutaan rupiah.

Usaha clothing arts

Menjalankan usaha clothing arts juga bisa banget. Anda bisa mengaplikasikan karya seni di baju yang diproduksi. Penghasilan Anda akan sangat tergantung berapa banyak kaos yang terjual.

Itulah beberapa prospek kerja creative arts dan gajinya yang Anda bisa jadikan pilihan setelah lulus dari  kuliah di jurusan creative arts. Semoga menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya untuk fresh graduate. Jangan berpikir kecil karena peluang kerja yang terbuka sangat lebar termasuk untuk lulusan creative arts.

Artikel Terbaru