Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Civil Engineering dan Gajinya

Civil Engineering atau yang biasa disebut sebagai jurusan Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang mempelajari tentang bagaimana cara merancang, membangun dan merenovasi gedung sampai dengan infrastruktur tersebut jadi demi kemaslahatan bersama yang dikerjakan dengan kaidah pembangunan dan pendekatan secara kompleks.

prospek kerja civil engineering

Prospek kerja civil engineering tentu sangat besar terlebih yang namanya pembangunan tidak akan pernah berhenti dan tidak akan pernah ada habisnya. Berikut 10 prospek kerja civil engineering dan gajinya yang Anda perlu tahu!

10 Prospek Kerja Civil Engineering dan Gajinya

Construction management supervisor

Construction management supervisor atau yang juga disebut sebagai pimpinan proyek atau mandor merupakan seseorang yang tugasnya mengawasi dan memimpin proyek pembangunan dari awal proses pembangunan sampai proyek terselesaikan.

Kemampuan menetapkan jadwal, memantau keuangan, memastikan bahan, sampai dengan mengoordinasi orang sangat dibutuhkan. Gaji mandor atau pimpinan proyek sendiri mulai dari 8 juta sampai dengan 15 juta rupiah per bulan.

Pengusaha konstruksi

Tidak ingin bekerja secara terikat? Anda bisa menjadi pengusaha konstruksi. Misalkan Anda menyediakan jasa pembangunan atau renovasi rumah untuk rumah pribadi, kantor, perusahaan atau proyek pemerintahan.

Dengan menjadi seorang pengusaha konstruksi, Anda akan mendapatkan laba dari pekerjaan Anda. Adapun persentase  gaji Anda tergantung laba dari proses konstruksi yang dijalankan dan berapa banyak client yang Anda tangani.

Konsultan proyek

Bagi civil engineering yang sudah berpengalaman bisa menjadi konsultan proyek. Anda akan memberikan masukan tentang perencanaan sampai bangunan yang akan dibangun terselesaikan. Anda akan dibayar per proyek yang sedang dikerjakan.

Terkait besar atau kecilnya honor yang diterima tentu tergantung kesepakatan dan skala proyek yang tengah dikerjakan. Biasanya per proyek yang ditangani gaji yang didapatkan setidaknya 6 juta sampai 7 jutaan rupiah untuk proyek kelas menengah. Sementara untuk proyek kelas besar bisa mencapai di atas 15 juta atau bahkan 20 jutaan rupiah per proyek.

Surveyor proyek

Surveyor proyek adalah orang yang tugasnya memeriksa keakuratan data survey termasuk soal pengukuran dan perhitungan yang sedang dilakukan di lokasi proyek.

Biasanya sebelum lokasi proyek ditentukan, surveyor proyek ini yang akan bekerja menelaah apakah tempat yang akan dibangun suatu lokasi tersebut kondisinya baik atau tidak termasuk lingkungannya apakah memadai atau tidak. Dengan begitu proses pembangunan diharapkan lancar dan bangunan juga bertahan lama serta tidak mengalami masalah dengan masyarakat sekitar.

Gaji surveyor proyek yang bekerja untuk sebuah perusahaan biasanya mencapai 5 juta sampai 8 jutaan rupiah per bulan.

Drafter

Tugas seorang drafter adalah mempersiapkan dan membuat gambar teknis baik secara manual atau menggunakan perangkat lunak khusus. Gaji seorang drafter berkisar 5 juta sampai dengan 10an juta rupiah.

Project manager

Seorang project manager sangat berperan dalam merencanakan, melaksanakan, memantau, mengendalikan dan menutup proyek. Keseluruhan ruang lingkup proyek, tim, sumber daya dan keberhasilan atau kegagalan proyek sangat tergantung project manager ini.

Adapun gaji seorang project manager berkisar di antara 8 juta sampai dengan 15 juta rupiah per bulan.

Site engineer

Tugas dan tanggung jawab site engineer adalah menangani keseluruhan proyek konstruksi terkait teknis, organisasi dan juga pengawasannya. Seorang site engineer akan menetapkan, menentukan, dan memperhitungkan keamanan proyek, keselamatan pekerja dan pengawasan materialnya.

Gaji rata – rata site engineer di Indonesia sekitar 5 juta sampai dengan 10 juta rupiah per bulan tergantung skala perusahaannya.

Manajer teknik

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang manajer teknik, Anda harus memiliki kemampuan mendelegasikan pekerjaan secara efektif dengan tim dan menyelesaikan tak ada masalah sedikitpun yang terjadi selama proses pembangunan berlangsung. Gaji manajer teknik rata – rata sekitar 5 juta sampai 10 jutaan rupiah per bulan.

Procurement

Procurement merupakan staf operasional yang tugasnya adalah mencari, membeli, dan juga melakukan evaluasi terhadap material, produk serta layanan yang akan digunakan dalam membangun sebuah rumah, gedung atau proyek.

Jadi procurement istilahnya adalah orang yang bekerja untuk mencari dan menentukan bahan. Mereka juga harus mendapatkan bahan terbaik yang sesuai dengan budget yang dianggarkan untuk proses pembangunan tersebut. Gajinya sekitar 4 – 8 jutaan rupiah per bulan.

Estimator

Kalau ada procurement, maka ada estimator juga. Estimator ini tugasnya adalah menyusun anggaran biaya untuk proses pembangunan yang akan dilangsungkan kepada client atau calon clinet. Rata – rata gajinya sekitar 4 – 8 juta rupiah per bulan.

Anda juga bisa membuka jasa estimasi proyek sendiri dan mendapatkan fee mulai dari 500 ribu sampai 1 juta rupiah untuk satu orang client yang Anda tangani.

Itulah daftar 10 prospek kerja civil engineering dan gajinya yang Anda perlu tahu dan pahami. Anda lulusan teknik sipil atau civil engineering bisa bekerja di salah satu peluang kerja di atas.

Artikel Terbaru