10 Prospek Kerja Budidaya Perikanan dan Gajinya

Jurusan perikanan sebenarnya termasuk jurusan yang memberikan prospek kerja menjanjikan. Hanya saja sayangnya jurusan ini masih sangat sepi peminat. Jurusan perikanan akan mempelajari tentang ilmu perikanan dari berbagai dimensi mulai dari teknik pengelolaan ikan sampai manajemen bisnis perikanan.

prospek kerja budidaya perikanan

Karena itu dengan banyaknya bidang ilmu yang dimiliki, prospek kerja budidaya perikanan yang sepi peminat ini sebenarnya cukup menjanjikan. Apa sajakah prospek kerja budidaya perikanan yang bisa jadi pilihan pekerjaan setelah lulus kuliah?

10 Prospek Kerja Budidaya Perikanan dan Gajinya

Berikut kami berikan daftar prospek kerja budidaya perikanan dan potensi gajinya yang akan didapatkan :

ABK (Anak Buah Kapal)

Untuk berkarir sebagai ABK, Anda bisa menjadi ABK di dalam negeri atau luar negeri. Anda akan jarang berada di rumah karena pekerjaan Anda lebih sering berada di kapal dan mengarungi lautan. Rata – rata gaji ABK di Indonesia 5 juta – 6 juta rupiah. Sementara gaji ABK di luar negeri di atas 12 juta rupiah per bulan.

Karyawan perusahaan perikanan

Bekerja di sektor swasta sebagai karyawan perusahaan perikanan dapat menjadi karir pertama Anda setelah lulus kuliah. Anda bisa menjadi staf atau karyawan di pabrik ikan dan makanan, pabrik pakan ikan, pabrik pengembangan dan penambahan hasil produksi ikan.

Dari profesi sebagai karyawan perusahaan perikanan, Anda berhak mendapatkan gaji per bulan mulai dari 3 jutaan rupiah.

Quality control

Bekerja sebagai seorang quality control membuat Anda harus memastikan produk sampai di tangan konsumen dalam kualitas sangat baik. Anda bisa bekerja di perusahaan swasta atau perusahaan BUMN sebagai quality control. Gajinya rata – rata per bulan sekitar 4 juta sampai dengan 5 jutaan rupiah.

Staf BPOM

Lulusan budidaya perikanan juga bisa bekerja sebagai staf BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Anda pun mendapatkan gaji cukup menarik sebagai staf BPOM yaitu sekitar 3,5 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

Tenaga pendidik

Ada banyak SMK perikanan di Indonesia. Anda bisa mengajar sebagai guru di SMK perikanan. Anda bisa memulai karir Anda sebagai guru kontrak atau honorer dengan gaji 1 jutaan rupiah per bulan. Jika ada tes CPNS, Anda juga bisa ikut agar nantinya menjadi PNS dan mendapatkan gaji sesuai golongannya.

Sementara jika melanjutkan pendidikan S2, Anda bisa menjadi dosen yang mengajar tentang budidaya perikanan sesuai jurusan kuliah Anda. Gaji dosen di Indonesia rata – rata 5 juta rupiah per bulan.

Staf kementerian perikanan

Lulusan budidaya perikanan juga bisa menjadi staf kementerian perikanan. Anda akan menjadi staf di jajaran kementerian dan mendapatkan gaji sesuai golongan pangkat Anda. Insentif dan tunjangan yang besar untuk ASN di lingkungan kementerian perikanan juga dapat menjadikan hidup Anda sejahtera.

Peternak ikan

Wawasan Anda tentang dunia perikanan menjadi suatu langkah tepat untuk menjadi peternak ikan. Jika Anda malas bekerja di sebuah perusahaan, maka pilihan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Banyak lho peternak ikan yang sukses di masa sekarang. Anda bahkan berpotensi mengekspor hasil perikanan Anda atau bekerjasama dengan pemerintah untuk memperluas pangsa pasar atas hasil perikanan Anda.

Budidaya hasil laut

Anda bisa membudidayakan berbagai macam komoditas laut mulai dari udang, rumput laut dan sebagainya. Anda bisa mengekspornya dan bekerjasama dengan banyak negara. Bekerjasama dengan pemerintah untuk memuluskan kegiatan ekspor Anda juga menjadi sebuah pilihan cerdas.

Konsultan di bidang perikanan

Ilmu yang sudah Anda pelajari bisa menjadi bekal untuk profesi konsultan. Namun pengalaman yang banyak Anda perlukan sebelum menjadi konsultan. Anda bisa menjadi konsultan kelautan, konsultan perikanan, konsultan lingkungan pesisir dan sebagainya.

Pengusaha

Lulusan budidaya perikanan bisa menjadi pengusaha. Pengetahuan Anda tentang dunia perikanan bisa Anda jadikan modal ilmu untuk menjalankan bisnis di bidang perikanan seperti menjual pakan ikan, peralatan tambak, menjual ikan dan sebagainya.

Atau Anda bisa mengolah ikan menjadi aneka makanan dan menjalankan bisnis makanan. Atau menjalankan bisnis di luar basic pengetahuan perikanan  Anda juga boleh. Omset yang besar berpotensi Anda dapatkan dengan menjadi pengusaha.

Itulah beberapa prospek kerja budidaya perikanan dan potensi gaji yang bisa didapatkan. Jadikan salah satu bidang kerja di atas sebagai pilihan pekerjaan Anda setelah lulus.

Artikel Terbaru