10 Prospek Kerja Broadcasting dan Gajinya

Broadcasting merupakan bidang pekerjaan yang berkaitan erat dengan pertelevisian atau stasiun radio. Kuliah di jurusan broadcasting menjadikan Anda bisa bekerja dan berkecimpung di dunia pertelevisian setelah lulus kuliah nanti.

prospek kerja broadcasting

Prospek kerja broadcasting juga luas dan gajinya juga cukup menggiurkan. Berikut kami akan bagikan informasi peluang prospek kerjanya untuk Anda!

10 Prospek Kerja Broadcasting dan Gajinya

Cukup banyak peluang atau prospek kerja broadcasting yang bisa jadi pilihan setelah lulus kuliah dari jurusan broadcasting, di antaranya :

News anchor

News anchor atau menjadi pembawa acara berita menjadi tugas dan prospek kerja broadcasting yang paling banyak dipilih. Utamanya Anda yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berkepribadian menarik dan berpenampilan menarik, akan sangat dipertimbangkan menjadi seorang news anchor.

Anda bisa menjadi news anchor di acara berita, olahraga, atau lainnya. Gajinya biasanya mulai dari 7 juta sampai 8,7 jutaan rupiah per bulan.

Reporter

Reporter atau wartawan adalah pekerjaan dimana seseorang ditugaskan untuk mencari dan mengumpulkan berita melalui riset, wawancara dan analisis data untuk nantinya berita yang sudah terolah dan terbukti kebenarannya sebagai berita fakta bisa disajikan untuk masyarakat.

Gaji reporter di Indonesia untuk repoter pemula mulai dari 3,5 juta sampai 4,5 juta rupiah. Sementara untuk reporter senior di atas 8 juta rupiah.

Produser

Seorang produser bekerja di belakang layar untuk merencanakan jalannya suatu tayangan acara baik acara live atau pun tapping. Tanggung jawab produser adalah mengawasi jalannya acara mulai dari lighting, setting tempat, script, talent, sampai dengan soundnya. Produser mendapatkan omset yang sangat besar bahkan di atas 20 juta rupiah.

Operator kamera/ cameramen

Operator kamera atau cameramen bertugas mengambil video untuk keperluan tayangan acara baik yang diselenggarakan di studio atau pun ketika live report. Tugas mereka tentu tidak mudah karena peralatan kamera yang biasanya digunakan sangat banyak dan harus tersetting sempurna serta bisa dijalankan untuk keperluan shooting tanpa ada kendala.

Gaji seorang operator kamera atau cameramen yang bekerja di sebuah perusahaan mulai 6 juta – 8 juta rupiah.

Sound engineer

Sound engineer bertugas untuk mengoperasikan peralatan suara, menambahkan sound effect atau pun merekam radio untuk berbagai keperluan acara. Untuk sound engineer gaji per bulan sekitar 6 juta rupiah.

Penyiar radio

Penyiar radio merupakan wajah dari sebuah stasiun radio yang menyajikan materi, berita, sampai dengan tren terkini kepada pendengar. Seorang penyiar radio juga harus memiliki kecakapan komunikasi dan mampu menyajikan berita secara informatif. Untuk gaji per bulan penyiar radio mulai dari 3 juta sampai dengan 5 juta rupiah.

Teknisi radio

Sesuai namanya, seorang teknisi radio menjalankan tugas yang berkaitan dengan pemeliharaan berbagai peralatan radio. Mereka juga harus membantu proses instalasi perangkat baru untuk memperbaiki kerusakan pada berbagai macam peralatan yang ada. Gaji per bulan Anda 3,4 juta rupiah sampai dengan 4 juta rupiah.

Video editor

Seorang video editor bekerja mengolah kembali video yang sudah dibuat atau diselesaikan oleh seorang camera person agar menjadi tayangan yang lebih layak dan menarik ketika disajikan ke publik.

Skill video editing yang mumpuni sangat dibutuhkan oleh seorang video editor. Adapun gajinya per bulan mulai 3,5 juta rupiah sampai 8 juta rupiah tergantung dimana Anda bekerja.

Penulis naskah berita/ acara televisi

Ingin menjadi penulis naskah berita atau acara televisi? Tentu bisa banget. Gaji mulai dari 4 juta sampai 7 juta rupiah per bulan akan Anda dapatkan ketika bekerja di sebuah perusahaan televisi nasional sebagai penulis naskah berita atau acara. Namun tentu skill dan kemampuan menulis yang mumpuni Anda perlukan.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Banyak orang ingin menjadi PNS di Indonesia. Gajinya tergantung golongan. Untuk golongan pangkat terendah gajinya mulai 2,5 juta rupiah dan belum termasuk tunjangan serta insentifnya.

Itulah prospek kerja broadcasting dan gajinya untuk Anda. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat khususnya untuk Anda lulusan broadcasting.

Artikel Terbaru