10 Prospek Kerja Bisnis Digital dan Gajinya

Program studi bisnis digital merupakan sebuah program studi di perguruan tinggi yang mempelajari tentang bagaimana cara merancang bisnis dan bagaimana mengembangkannya di era teknologi digital seperti sekarang.

prospek kerja bisnis digital

Ilmu yang akan dipelajari tentunya adalah ilmu bisnis yang sangat kompleks meliputi ilmu bisnis umum, ilmu manajemen, ilmu sistem informasi, sampai dengan teknik informatika. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang sudah menyediakan jurusan bisnis digital di kampusnya. Prospek kerja bisnis digital juga sangat luas.

Apa sajakah prospek kerja bisnis digital setelah lulus kuliah dan berapa potensi gaji yang bisa didapatkan?

10 Prospek Kerja Bisnis Digital dan Gajinya

Berikut beberapa prospek kerja bisnis digital yang bisa jadi pilihan untuk dilamar setelah lulus kuliah dan informasi gajinya :

Technopreneur

Technopreneur merupakan istilah bagi seorang entrepreneur technology. Untuk menjadi seorang technopreneur dibutuhkan kemampuan analisis yang tajam sehingga Anda bisa mengerti dan memahami perkembangan teknologi.

Kemampuan mencetuskan inovasi dan terobosan baru di bidang tersebut juga sangat Anda butuhkan. Anda juga harus peka terhadap kebutuhan teknologi yang ada.

Menjalankan bisnis di bidang teknologi membuat Anda bisa mendapatkan potensi pendapatan atau omset yang sangat besar. Bukan lagi puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah per bulan.

Manager digital marketing

Prospek pemasaran digital yang semakin luas namun tak banyak perusahaan yang menguasai teknik pemasaran digital yang tepat membuat keahlian bisnis digital sangat dibutuhkan.

Anda bisa melamar kerja menjadi manager digital marketing dan mendapatkan gaji mulai 4 jutaan rupiah per bulan untuk manager digital marketing junior dan 6 – 8 juta rupiah per bulan untuk manager digital marketing senior.

Manager pengembangan bisnis digital

Profesi ini sangat penting di era digital seperti sekarang dan banyak perusahaan yang membutuhkannya. Penawaran gajinya sekitar 4 – 5 juta rupiah per bulan untuk junior dan di atas 5 juta rupiah per bulan untuk yang sudah memiliki pengalaman kerja di atas 5 tahun.

Analis bisnis digital

Profesi sebagai seorang analis bisnis digital sangat dibutuhkan seiring berkembangnya usaha online di tengah masyarakat. Sebagai seorang analis bisnis digital, Anda bisa mendapatkan gaji per bulan mulai 4 juta sampai 6 juta rupiah.

Digital marketer

Menjadi seorang digital marketer setelah lulus dari jurusan bisnis digital menjadi prospek kerja bisnis digital yang sangat manis. Banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk bagian ini dan memberikan penawaran gaji mulai 3 juta rupiah untuk fresh graduate, dan di atas 5 juta rupiah untuk yang sudah memiliki pengalaman kerja di atas 3 tahun.

Pengelola sosial media

Anda bisa mendirikan jasa pengelolaan sosial media dimana jasa Anda akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar, kecil atau menengah. Anda bisa membanderol jasa Anda mulai 500 ribu rupiah untuk satu pekerjaan.

Semakin banyak mendapatkan client, maka akan semakin banyak juga omset yang Anda terima. Sementara jika Anda bekerja di perusahaan, Anda berpotensi mendapatkan gaji bulanan sekitar 3 juta rupiah sampai maksimal 5 juta rupiah per bulan.

Business development

Business development merupakan suatu profesi yang tugasnya melakukan pengembangan pasar dan relasi bisnis. Seorang business development akan bekerja menciptakan suatu penemuan baru terkait bisnis dan pengembangan yang bisa dilakukan dalam membuat suatu bisnis berkembang.

Anda harus memiliki pemahaman dan skill tentang bagaimana cara negosiasi, menganalisa, marketing dan financial management untuk menunjang pekerjaan Anda. Gajinya sekitar 4 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

Product manager

Seorang product manager bertanggung jawab atas sebuah produk mulai dari proses planning, development, sampai dengan maintenance. Product manager juga bertugas dalam mengidentifikasi suatu produk, melakukan riset pasar, menentukan spesifikasi dan jadwal produksi, perumusan harga produk sampai dengan pengembangan strategi marketing yang baik dan tepat.

Gaji per bulan yang bisa didapatkan di angka 5 juta sampai 7 juta rupiah tentu tergantung dengan kapabilitas perusahaan. Sementara di luar negeri, product manager berpotensi mendapatkan gaji $ 70.000 per tahun.

Analis pasar

Lulusan bisnis digital juga bisa bekerja sebagai analis pasar. Kehadiran Anda sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan untuk menganalisis produk apa yang diminati pasar, bagaimana tanggapan target market tentang produk suatu perusahaan dan apa kurang lebihnya produk sehingga nantinya proses pengembangan produk bisa berjalan semestinya.

Seorang analis pasar juga sangat dibutuhkan sebuah perusahaan dan biasanya mendapatkan gaji sekitar 4,5 juta sampai 8 juta rupiah per bulan.

Pebisnis online

Siapa saja yang berniat untuk membangun usahanya sendiri bisa menekuni profesi sebagai pebisnis online.

Namun dengan latar belakang pendidikan bisnis digital yang Anda punya tentu saja nantinya proses pengembangan usaha yang Anda punya di era digital semakin mudah karena ilmu dan basic pengetahuan digital sudah Anda miliki.

Itulah daftar 10 prospek kerja bisnis digital dan gajinya yang Anda bisa jadikan pilihan setelah lulus. Anda bisa menekuni salah satunya dan kembangkan terus kemampuan bisnis digital Anda karena akan sangat dibutuhkan masa sekarang dan di masa depan.

Artikel Terbaru