Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Biologi Sains dan Gajinya

Biologi sains merupakan program studi dalam fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang mempelajari tentang seluk beluk makhluk hidup. Hal yang kemudian dipertanyakan adalah prospek kerjanya.

prospek kerja biologi sains

Cukup banyak prospek kerja Biologi Sains setelah lulus kuliah nanti. Apa sajakah prospek kerjanya yang bisa jadi pilihan setelah lulus kuliah?

Prospek Kerja Biologi Sains dan Gajinya

Berikut beberapa peluang kerja atau prospek kerja Biologi Sains setelah lulus kuliah beserta informasi gajinya :

Guru

Lulusan biologi sains dapat menjadi seorang guru di SMP atau pun SMA dengan latar belakang ilmu yang Anda punya. Langkah awal dalam berkarir yang Anda bisa lakukan adalah menjadi guru honorer. Jika ada tes CPNS dan ikut, Anda akan berpotensi memiliki karir sebagai seorang ASN dan mendapatkan gaji rata – rata 2,5 juta rupiah per bulan.

Dosen

Jika ingin mengembangkan karir lebih luas lagi, Anda bisa menjadi seorang dosen. Namun untuk berkarir sebagai seorang dosen, Anda harus melanjutkan pendidikan S2 terlebih dahulu setelah lulus dari S1.

Gaji dan tunjangan Anda pun sangat menggiurkan. Per bulan, Anda berhak mendapatkan gai sekitar 5 juta rupiah dan Anda bisa menjadi seorang dosen di universitas negeri atau swasta.

Teknisi laboratorium

Sebagai seorang teknisi laboratorium, tugas Anda adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk pekerjaan di institusi pendidikan tinggi atau sekolah.

Tugas Anda adalah mengecek alat – alat laboratorium secara berkala. Dari profesi ini Anda akan mendapatkan penghasilan sekitar 3,5 juta sampai 4,5 juta rupiah.

Ilmuan

Lulusan biologi sains bisa menjadi seorang ilmuan setelah lulus. Akan lebih membantu jika Anda melanjutkan pendidikan S2 atau S3 untuk menunjang karir Anda sebagai seorang ilmuan. Anda akan bekerja di laboratorium atau melakukan penelitian di lapangan.

Akan banyak ilmu baru yang Anda terima. Selain itu untuk gaji, Anda juga akan mendapatkan nominal sekitar 5 juta sampai dengan 7 juta rupiah per bulan.

Ilmuan medis

Lulusan biologi juga dapat menapaki karir sebagai analis biomedis atau kesehatan serangga, mamalia, atau hewan lainnya. Jadi tugas Anda adalah melakukan pemetaan penyakit yang berasal dari hewan. Untuk gaji seorang ilmuan medis junior mulai 5 jutaan rupiah per bulan.

Ilmuan internasional

Jika ingin menjadi ilmuan internasional, Anda bisa mulai ikut dalam program pertukaran pelajar dan aktif menjadi mahasiswa. Anda bisa mulai berkarir sebagai ilmuan di Amerika Serikat misalnya dan mendapatkan penghasilan setahun mulai USD 70.000.

Analis laboratorium

Prospek kerja biologi sains selanjutnya adalah menjadi seorang analis laboratorium. Kemampuan analisis Anda akan sangat dibutuhkan untuk bekerja di laboratorium analisis kesehatan, BPOM, laboratorium uji bahan dan sebagainya.

Gaji per bulan yang ditawarkan rata – rata sekitar 5 juta rupiah. Sementara jika pengalaman kerja sudah meningkat, Anda bahkan bisa berpotensi mendapatkan gaji dua digit.

Konsultan

Anda bisa menjadi seorang konsultan baik full time atau freelance. Banyak kok perusahaan yang membutuhkan jasa dan kemampuan Anda. Anda bisa berkarir sebagai konsultan untuk konservasi lingkungan atau pun bekerja di bagian research and development suatu perusahaan.

Jika Anda menjadi konsultan freelance, Anda bisa dapatkan gaji mulai dari 500 ribu sampai 1,5 juta rupiah per masalah yang dihadapi. Nantinya tergantung berapa banyak client yang Anda tangani dalam satu bulan. Sementara jika Anda bekerja di perusahaan, gaji Anda per bulan sekitar 5 juta sampai 8 jutaan rupiah.

Penulis

Tidak harus lulusan sastra untuk bisa menjadi penulis. Lulusan biologi dan sains pun bisa. Anda bisa menulis jurnal ilmiah, menulis konten di website dan mendaftarkan adsense atau bekerjasama dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan menerbitkan buku untuk program pendidikan pemerintah.

Jika bekerja dibawah kementerian pendidikan dan kebudayaan, Anda berpotensi diangkat menjadi seorang PNS nantinya.

Wirausaha

Siapapun bisa menjadi seorang pengusaha, termasuk lulusan Biologi Sains. Anda bisa mendirikan usaha makanan atau mendirikan usaha yang berkaitan dengan kesehatan misalkan membuka apotek, menjual alat kesehatan dan sebagainya.

Berapa penghasilan per bulan yang bisa Anda dapatkan? Tentu saja tergantung seberapa besar kapasitas usaha yang Anda jalankan. Semakin besar kapasitas usaha yang Anda jalankan maka omset yang berpotensi Anda dapatkan pun semakin besar.

Itulah beberapa peluang atau prospek kerja Biologi Sains yang bisa jadi pilihan pekerjaan setelah lulus kuliah beserta informasi gajinya. Semoga dapat menjadi informasi yang menambah pengetahuan dan membantu Anda memilih jenjang karir setelah lulus kuliah nantinya.

Artikel Terbaru