10 Prospek Kerja Astronomi dan Gajinya

Jurusan astronomi merupakan sebuah jurusan atau program studi yang secara khusus mempelajari terkait benda langit dengan memanfaatkan ilmu dasar fisika. Jadi intinya mahasiswa di jurusan ini nantinya akan menerapkan ilmu fisika terhadap objek langit.

prospek kerja astronomi

Program studi ini sendiri terbagi ke dalam tiga bidang keahlian yaitu tata surya, fisika bintang serta ilmu galaksi dan kosmologi. Dengan semua pengetahuan ilmu yang dimiliki, prospek kerja astronomi dimana saja dan berapa gajinya? Di sini kita akan membahasnya!

10 Prospek Kerja Astronomi dan Gajinya

Bagi lulusan ilmu astronomi, berikut beberapa prospek kerja Astronomi beserta informasi gajinya :

Dosen

Prospek kerja Astronomi pertama yang bisa jadi pilihan setelah lulus kuliah adalah menjadi seorang dosen. Namun memang PR Anda adalah setelah lulus S1 perlu menempuh pendidikan S2 atau dalam perjalanan menempuh pendidikan S2 untuk bisa menjadi seorang dosen muda.

Gaji dosen juga menggiurkan mulai dari mendapatkan gaji pokok, insentif, tunjangan dan lainnya. Rata – rata gaji yang bisa didapatkan seorang dosen sekitar 5 juta sampai 7 juta rupiah per bulan.

Pegawai pemerintah

Banyak lembaga negara yang akan sangat membutuhkan pengetahuan astronomi Anda di antaranya LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) atau pun BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Anda bisa melamar menjadi pegawai tetap di sana atau pun pegawai dengan kontrak kerja. Adapun rata – rata gaji yang didapatkan oleh pegawai pemerintah di kisaran 2,5 juta rupiah untuk pemula sampai dengan 5 juta rupiah untuk senior.

Lembaga penelitian

Prospek kerja astronomi selanjutnya adalah bekerja di lembaga penelitian antariksa, planetarium dan lainnya. Anda memiliki tugas untuk meneliti dan menemukan banyak hal baru di luar angkasa.

Terkait gaji yang ditawarkan tentu sesuai dengan keahlian dan kemampuan Anda untuk meneliti benda – benda langit. Seorang peneliti berhak mendapatkan gaji per bulan sekitar 6 juta rupiah.

Astronom profesional

Jika Anda memang sangat mencintai dunia astronomi dan bercita – cita untuk menjadi seorang astronom profesional maka Anda bisa berusaha mewujudkannya sedari sekarang.

Anda harus mulai menetapkan langkah menjadi sarjana astronomi dan melanjutkan program pendidikan doktoral. Anda kemudian bisa berkarir sebagai seorang peneliti dan menerbitkan jurnal ilmiah.

Mengenai gaji sendiri, seorang astronom profesional berhak mendapatkan gaji per bulan sekitar 10 jutaan rupiah dan bisa lebih.

Analis sistem

Menjadi analis sistem artinya Anda bisa bekerja di perusahaan swasta atau pun BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Ya, seorang analis sistem tidak hanya berasal dari jurusan teknologi informasi dan komunikasi saja melainkan dari jurusan astronomi juga bisa bekerja menjadi analis sistem.

Gaji per bulan yang ditawarkan sekitar 6,5 juta rupiah. Peluang kerja Anda sebagai analis sistem di pusat satelit dan komunikasi juga terbuka sangat lebar.

Pengembang perangkat lunak

Anda juga bisa menjadi seorang programmer atau pengembang perangkat lunak dengan memanfaatkan ilmu yang Anda punya secara luas. Meski ilmu yang Anda pelajari tentang luar angkasa, tidak menutup kemungkinan Anda bisa berkarir di bidang ini. Untuk gajinya yang bisa didapatkan per bulan sekitar 6,5 juta rupiah.

Penulis

Ahli astronomi bisa memilih karir menjadi penulis. Anda bisa menulis buku – buku ilmiah atau bahkan menulis buku yang tak ada kaitannya dengan jurnal ilmiah seperti cerpen, puisi dan lainnya. Gaji Anda tergantung dari penjualan buku yang bisa dihasilkan atau royalty.

Editor

Bekerja sebagai editor di lembaga penerbitan buku atau editor channel youTube sains bisa menjadi pilihan karir Anda. Perkiraan gaji yang didapatkan seorang editor perbulannya sekitar 4,5 juta sampai 7 juta rupiah.

Pengusaha

Lulusan astronomi juga bisa banget menjadi seorang pengusaha. Utamanya kalau Anda juga memahami tentang teknologi maka Anda bisa menjadi pengusaha startup. Omset yang Anda bisa dapatkan dalam mengembangkan bisnis ini sangat besar.

Banyak pengusaha yang sukses menjalankan bisnisnya. PRnya adalah tidak boleh menyerah ketika gagal dan terus menekuni atau menelateni apa yang sudah dikerjakan.

Komunikator sains

Banyak kebijakan yang mungkin dibuat pemerintah atau perusahaan yang bertentangan dengan ilmuan. Karenanya ilmuan dituntut untuk mempelajari komunikasi sains. Anda bisa menjadi komunikator sains dan mendapatkan penghasilan sekitar 4 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

Itulah berbagai prospek kerja Astronomi dan informasi gajinya. Bagaimana? Tertarik untuk memilih salah satu peluang kerja di atas?

Artikel Terbaru