Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Anafarma dan Gajinya

Apa itu Anafarma? Anafarma merupakan singkatan dari program studi Analis Farmasi dan Makanan. Program studi ini merupakan sebuah program studi yang hadir dengan tujuan untuk menghasilkan Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan yang mampu terampil, berkarakter, memahami keilmuan dengan baik dan mempraktekkannya, terintegritas dan pastinya terampil.

prospek kerja anafarma

Prospek kerja Anafarma apa saja dan gajinya berapa? Di kesempatan kali ini kami akan informasikan secara lengkap untuk Anda!

10 Prospek Kerja Anafarma dan Gajinya

Berikut kami ulas daftar prospek kerja Anafarma dan potensi gaji yang berhak didapatkan :

Apoteker

Lulusan D3 Anafarma bisa menjadi seorang apoteker yang bekerja di apotek. Bahkan menjadi seorang apoteker bisa dijadikan side job ketika masih duduk di bangku kuliah. Namun biasanya mereka yang diterima sebagai apoteker yang bekerja di apotek adalah mereka yang sudah mendapatkan bekal pendidikan apoteker selama 1 atau 2 semester.

Gaji per bulan sebagai apoteker sekitar 1,5 juta rupiah – 2 juta rupiah per bulan. Tergantung dimana apotek tempat Anda bekerja. Biasanya setiap kota memiliki kebijakan gaji yang berbeda disesuaikan dengan UMR di kota tersebut.

Staf laboratorium rumah sakit

Tugas staf laboratorium rumah sakit adalah melakukan pengecekan spesimen sampai dengan membuktikan diagnose. Untuk gaji seorang staf laboratorium rumah sakit per bulan sekitar 2 juta sampai 2,5 juta rupiah.

Penyuluh kesehatan

Tugas Anda sebagai seorang penyuluh kesehatan adalah menyediakan dan mengelola program pendidikan kesehatan demi membantu individu, keluarga, lembaga  atau komunitas mendapatkan gaya hidup sehat. Gaji seorang penyuluh kesehatan per bulan sekitar 2 juta sampai 3 juta rupiah.

Staf BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM juga butuh lulusan farmasi dan makanan. Prospek kerja Anafarma yang satu ini biasanya terbuka lebar setiap tahun. Namun memang pesaingnya juga ketat karena Anda harus bersaing dengan banyaknya lulusan Anafarma.

Sementara untuk besaran gaji per bulan yang Anda dapatkan sekitar 2,5 juta sampai di atas 10 juta rupiah tergantung posisi yang didapatkan di tempat kerja.

Bekerja sebagai staf perusahaan swasta

Ada banyak perusahaan swasta yang bergerak di bidang obat – obatan di Indonesia seperti Kalbe Farma, Mead Johnson, Kimia Farma dan lainnya. Anda bisa menjadi staf di sana dan mendapatkan kesempatan gaji per bulan mulai dari 2,5 atau 3 juta rupiah tergantung posisi dan tentunya pengalaman kerja.

Staf pelayanan dan penanganan obat di rumah sakit

Tugas dan tanggung jawab sebagai staf pelayanan dan penanganan obat di rumah sakit tidak hanya sebatas menulis resep melainkan juga berkaitan dengan menerima telepon, surat menyurat, mentoring dana yang diterima dan dikelola, merekap laporan pasien, dan sebagainya. Gaji per bulan yang bisa didapatkan sekitar 2,5 juta rupiah.

Peneliti farmasi

Lulusan farmasi sangat cocok bekerja menjadi seorang peneliti dan tugas Anda sebagai peneliti farmasi salah satunya adalah meneliti makanan dan minuman yang akan diedarkan ke pasaran. Anda juga harus mampu meracik obat – obatan sesuai dengan ketentuan.

Gaji per bulan yang bisa didapatkan sekitar 5 juta sampai di atas 7 juta rupiah dan akan terus bertambah sesuai dengan porsi kerja, pengalaman kerja, lama kerja dan posisi Anda.

Farmasi komunitas

Prospek kerja Anafarma yang satu ini merupakan suatu bidang kerja yang memberikan pelayanan pada sarana kesehatan dan komunitas masyarakat. Anda juga akan melakukan promosi kesehatan kepada masyarakat.

Gaji per bulan yang bisa didapatkan bervariasi tergantung kebijakan namun biasanya berada di rentang 2 jutaan rupiah.

Memiliki bisnis di bidang kesehatan

Lulusan farmasi juga bisa menjadi pengusaha. Dengan latar belakang pendidikan Anda, Anda bisa menjalankan bisnis di bidang kesehatan seperti membuka apotek, menjual alat kesehatan, atau bahkan kalau ada dana besar bisa bekerjasama dengan ahli IT untuk membuat suatu aplikasi khusus kesehatan.

Pendapatan Anda tentu sangat bervariasi karena tergantung omset dan pendapatan yang Anda bisa terima. Semakin besar bisnis Anda semakin besar pendapatan atau omset yang Anda terima juga.

Dosen

Anda yang menyukai dunia pendidikan bisa menempuh profesi sebagai dosen. Anda harus mengajar dan menguasai beberapa mata kuliah farmasi seperti farmasi fisika, kimia organik, farmasetika dasar, biokimia, kimia analitik, kimia sintesis, farmakologi dasar, toksikologi dan anatomi fisiologi manusia.

Anda juga harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu baru bisa menjadi dosen. Gaji per bulan yang akan Anda dapatkan mulai dari 5 juta sampai di atas 7 juta rupiah.

Demikian sedikit informasi terkait 10 prospek kerja Anafarma dan gajinya. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda khususnya yang ingin kuliah di Anafarma atau baru lulus kuliah di Anafarma.

Artikel Terbaru