10 Prospek Kerja Akuntansi S1 dan Gajinya

Lulusan Akuntansi S1 bagaimana prospek kerjanya? Sebelum kita membahas tentang prospek kerja Akuntansi S1, terlebih dahulu kita akan membahas tentang jurusan Akuntansi itu sendiri. Jadi jurusan Akuntansi merupakan jurusan yang mempelajari tentang pencatatan, penggolongan, peringkasan dan pembuatan laporan keuangan.

prospek kerja akuntansi s1

Prospek kerja akuntansi S1 tentunya sangat luas. Kalau lulusan SMK akuntansi saja punya banyak prospek kerja, apalagi lulusan S1. Berikut informasi prospek kerjanya!

Prospek Kerja Akuntansi S1 dan Gajinya

Berikut kami ulas beberapa prospek kerja Akuntansi S1 yang bisa jadi pilihan setelah lulus kuliah beserta informasi gajinya :

Staf akuntan perusahaan

Seorang lulusan S1 Akuntansi bisa menjadi seorang staf akuntan sebuah perusahaan. Prospek kerja yang satu ini bukan hal yang baru karena banyak fresh graduate yang sudah memahami peluang kerja yang satu ini.

Anda bisa melamar di perusahaan nasional atau multinasional. Untuk gajinya per bulan mulai dari 3 juta rupiah sampai dengan 9 atau 10 juta rupiah tergantung perusahaan tempat bekerja, kapabilitas perusahaan dan pastinya pengalaman yang bersangkutan.

Staf keuangan lembaga pemerintah

Selain perusahaan yang butuh staf keuangan, pemerintah juga butuh staf keuangan. Anda yang ingin menjadi staf keuangan lembaga pemerintah perlu menjalani seleksi CPNS terlebih dahulu dan jika diterima maka Anda akan menjadi bagian dari ASN yang berhak mendapatkan gaji mulai dari 2,5 juta rupiah per bulan. Gaji tersebut belum termasuk tunjangan dan akan terus meningkat sesuai kepangkatan atau golongan.

Staf keuangan BUMN

Meski tidak menjadi sebuah pekerjaan sefavorit PNS, namun menjadi staf keuangan BUMN juga menguntungkan karena gajinya cukup besar.

Sekarang banyak juga lulusan yang ingin menjadi staf BUMN termasuk lulusan Akuntansi S1. Jika Anda juga menginginkannya, Anda bisa ikut program recruitment yang dihadirkan dan mendapatkan gaji per bulan mulai 4 juta sampai di atas 8 juta rupiah.

Akuntan publik

Seorang akuntan publik merupakan seorang akuntan yang bekerja memberikan jasanya kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena sifatnya penyediaan jasa maka gaji yang didapatkan tidak mesti karena tergantung berapa banyak client yang ditangani.

Akuntan pendidik

Jika Anda merasa memiliki skill komunikasi yang baik maka Anda bisa menjadi seorang akuntan pendidik setelah lulus kuliah pendidikan Akuntansi S1 nanti. Sebagai seorang akuntan pendidik, Anda harus mampu berkomunikasi dan menjelaskan terkait mata pelajaran yang Anda pegang. Untuk gajinya, tenaga pendidik per bulan akan mendapatkan gaji mulai dari 1,5 jutaan rupiah.

Membuka bisnis sendiri

Apapun latar belakang pendidikannya termasuk lulusan Akuntansi juga bisa menjalankan bisnis sendiri. Dengan ilmu akuntansi yang dimiliki selama di bangku kuliah, tentu saja Anda memiliki kemampuan lebih bukan hanya tentang produk melainkan juga tentang bagaimana pengelolaan keuangan usaha Anda.

Dengan pembukuan usaha akan tercatat dengan rapi. Adapun terkait gajinya tergantung seberapa besar usaha yang Anda jalankan dan seberapa banyak penjualan yang berhasil dilakukan.

Internal auditor

Internal auditor saat ini sudah banyak dibutuhkan perusahaan, bisnis atau organisasi. Anda bisa menjadi seorang internal auditor untuk bisnis atau perusahaan dan mendapatkan gaji mulai 3,5 juta sampai 5 juta rupiah per bulan.

Finansial analyst

Kalau merasa punya keahlian untuk membantu perusahaan atau bisnis merencanakan keuangan usahanya, maka Anda bisa mendirikan firma, atau PT yang bergerak dalam bidang perencanaan keuangan. Penghasilan yang Anda dapatkan nantinya tergantung seberapa banyak client yang Anda tangani.

Accounts payable/ receivable clerk

Profesi account payable atau account receivable ini tugasnya adalah mengurus masalah utang piutang perusahaan atau bisnis. Bagi Anda yang memilih karir ini, Anda akan mendapatkan gaji per bulan sekitar 5 jutaan rupiah.

Credit analyst

Lulusan akuntansi dari jenjang perguruan tinggi Akuntansi S1 juga bisa menjadi seorang credit analyst atau analis kredit. Biasanya industri keuangan, perbankan, leasing atau pembiayaan lainnya butuh seorang credit analyst untuk menganalisis kemampuan calon nasabah atau calon peminjam dana.

Untuk gaji yang didapatkan seorang credit analyst berada diĀ  rentang 4 juta sampai 7 jutaan rupiah per bulan.

Itulah beberapa prospek kerja akuntansi S1 beserta informasi gajinya. Anda lulusan S1 Akuntansi bisa mempertimbangkan untuk bekerja di salah satu bidang akuntansi di atas setelah lulus kuliah.

Artikel Terbaru