Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Akuntansi PKN STAN dan Gajinya

Akuntansi PKN STAN menjadi program studi di perguruan tinggi STAN yang sangat diminati. Selain program studi Akuntansi, PKN STAN juga memiliki program studi lain yang bisa jadi pilihan seperti perpajakan, manajemen asset publik dan sebagainya.

prospek kerja akuntansi pkn stan

Bagi Anda yang belum terlalu familiar, PKN STAN sendiri merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berdiri dibawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan serta Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Prospek kerja Akuntansi PKN STAN apa saja?

Prospek Kerja Akuntansi PKN STAN

Berikut beberapa prospek kerja akuntansi PKN STAN setelah lulus dari perguruan tinggi kedinasan ini :

Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Alumni atau Lulusan PKN STAN bisa ditempatkan untuk bekerja di kantor DJP. Tugasnya adalah merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Direktorat Bea dan Cukai

Lulusan STAN khususnya jurusan Kepabeaan dan Cukai akan bekerja di Direktorat Bea dan Cukai yang nantinya akan ditempatkan di bagian bandara atau Pelabuhan yang berkaitan dengan kepabeaan dan cukai.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Lulusan PKN STAN yang ditempatkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara akan ditugaskan untuk merumuskan dan melaksanakan kebijakan bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPBN)

Bertugas di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, lulusan akan terlibat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang perbendaharaan negara sesuai aturan dan kebijakan Undang – Undang yang berlaku.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian atau Kemaritiman

Lulusan PKN STAN juga bisa ditugaskan di bidang perekonomian dan atau pada kementerian kemaritiman dan harus menjalankan tugas negara sesuai ketentuan Undang – Undang.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional merupakan kementerian yang bertugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan dan membantu presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan negara.

Mereka tidak hanya akan membantu presiden dalam proses perencanaan pembangunan melainkan juga akan memberikan masukan dan saran kepada negara terkait rencana anggaran pembangunan itu sendiri karena pembangunan apapun pasti butuh dana sehingga perlu dianggarkan secara tepat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Tugas lulusan STAN yang bekerja di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi adalah menyelenggarakan segala urusan terkait pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi serta membantu presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan negara yang sehat dan sesuai amanat undang – undang.

Badan Pemeriksa Keuangan

Badan Pemeriksa Keuangan dibentuk pada 1 Januari 1947. Lulusan STAN yang ditempatkan di Badan Pemeriksa Keuangan memiliki tugas dan wewenang untuk bertanggung jawab terhadap keuangan negara yang tata laksananya sudah diatur oleh Undang – Undang.

Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan

Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan di Indonesia termasuk dalam salah satu lembaga pemerintah non kementerian. Tugas lulusan STAN yang bekerja di sini adalah membantu pengawasan terhadap keuangan dan kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Badan Narkotika Nasional

Bekerja di BNN menjadikan lulusan wajib membantu upaya pemerintah dalam pemberantasan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang. Termasuk jual beli narkotika dan obat terlarang akan ditindaklanjuti sampai ke akarnya.

Lantas, gaji lulusan STAN berapa?

Berdasarkan PP Nomor 15 tahun 2019 tentang peraturan gaji PNS, besaran gaji lulusan STAN diperhitungkan berdasarkan masa kerja golongan. Jadi besaran gajinya sesuai dengan golongan jabatan dan bagi lulusan STAN yang mendapatkan penempatan, ingin bekerja mengabdi kepada negara dan lulus seleksi akan menjadi CPNS untuk nantinya menjadi PNS.

Selain mendapatkan gaji pokok, lulusan STAN yang menjadi staf negara dan diangkat PNS juga akan mendapatkan tunjangan kinerja. Untuk besaran tunjangan kinerja tergantung penerimaan pajak negara dan sesuai kebijakan.

Demikian sedikit informasi tentang prospek kerja Akuntansi PKN STAN yang perlu Anda  tahu beserta gajinya. Jadi bagaimana? Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan yang settle dan mapan setelah lulus kuliah juga bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di STAN. Namun tentu untuk masuk ke STAN butuh persiapan yang panjang karena masuknya pun sangat tidak mudah. Selamat berjuang!

Artikel Terbaru