10 Prospek Kerja Akuntansi Manajemen Keuangan dan Gajinya

Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan sebenarnya merupakan dua cabang program studi akuntansi yang berbeda. Akuntansi keuangan digunakan untuk menyajikan informasi keuangan perusahaan sehat tidaknya kepada para pemangku kepentingan eksternal.

prospek kerja akuntansi manajemen keuangan

Sementara akuntansi manajemen berfungsi untuk mengidentifikasi masalah operasional yang terjadi serta mencari cara tepat memperbaiki masalah yang terjadi. Baik Akuntansi Manajemen atau Keuangan sama – sama punya prospek kerja yang bagus. Apa saja prospek kerja Akuntansi Manajemen Keuangan dan berapa sih potensi gajinya?

Prospek Kerja Akuntansi Manajemen Keuangan dan Gajinya

Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan kali ini akan kita sebut Akuntansi Manajemen Keuangan. Berikut prospek kerja akuntansi Manajemen Keuangan dan gajinya :

Financial analyst atau analis keuangan

Financial analyst merupakan sebuah profesi yang bertugas menyusun informasi keuangan dan kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis. Hampir setiap perusahaan butuh posisi analis keuangan ini.

Seorang financial analyst yang bekerja di sebuah perusahaan berhak mendapatkan gaji sekitar 4 juta sampai dengan 5 juta rupiah per bulan.

Manajer keuangan

Profesi manajer keuangan punya pilihan untuk terjun ke dunia kerja dan bertugas menangani pengelolaan finansial yang berjalan di sebuah perusahaan. Gajinya bervariasi mulai dari angka 4 jutaan sampai dengan 7 jutaan rupiah per bulan tergantung kapabilitas perusahaan tempatnya bekerja.

Konsultan keuangan

Pengetahuan dan skill saja tidak cukup untuk menekuni profesi ini. Pengalaman yang cukup diperlukan untuk bisa menjadi seorang konsultan keuangan. Dari pekerjaan ini, Anda berhak mendapatkan gaji sekitar 5 juta sampai dengan 7 juta rupiah.

Analis kredit

Sebenarnya tidak harus lulus S1 Akuntansi Manajemen Keuangan yang bisa jadi analis kredit. Lulusan SMK Akuntansi juga bisa bergabung sebagai analis kredit namun di ruang lingkup junior analyst.

Tugas seorang analis kredit ini adalah menganalisa kondisi finansial orang yang mengajukan kredit. Biasanya perbankan, leasing atau perusahaan finansial banyak membutuhkan seorang analis kredit. Gaji per bulannya mulai dari 2,5 juta sampai 7 juta rupiah tergantung latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.

Staf pemasaran

Tentu Anda sudah pernah mendengar bahwa salah satu kunci berjalannya operasional perusahaan adalah pemasaran. Oleh sebab itu staf pemasaran biasanya dibutuhkan dalam jumlah banyak.

Lulusan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan pun bisa menjadi bagian dari staf pemasaran dengan gaji bulanan 2,5 juta sampai 4 juta rupiah belum termasuk bonus.

Manajer pemasaran

Selain staf, manajer pemasaran juga dibutuhkan. Anda harus mengurus berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan marketing, prospek marketing, sampai dengan strategi marketing perusahaan. Evaluasi pemasaran juga perlu dilakukan seorang manajer pemasaran. Gaji per bulannya bekerja di bagian ini sekitar 5 juta sampai 7 atau 8 juta rupiah.

Auditor

Sebagai seorang auditor, tugas Anda adalah melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kondisi keuangan dan manajemen perusahaan. Gaji per bulan yang bisa Anda dapatkan sekitar 5 juta sampai 7 jutaan rupiah.

Akademisi

Jika Anda memiliki bakat mengajar, maka sangat pas jika menekuni profesi sebagai akademisi. Anda bisa langsung mengambil program master dan menjadi dosen. Atau kalau belum S2, bisa menjadi guru.

Gaji per bulan untuk guru sekitar 1,5 juta sampai 2 juta rupiah. Sementara gaji per bulan untuk dosen sekitar 5 juta sampai 7 jutaan rupiah.

PNS

Menjadi PNS memang menjadi sebuah pekerjaan stabil yang banyak orang inginkan. Jumlah pelamar bahkan mencapai puluhan ribu untuk menjadi seorang PNS. Lulusan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan juga bisa melamar. Gajinya mulai 2,5 juta rupiah tergantung golongan.

Akuntan publik

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang akuntan publik, Anda harus mendapatkan izin dari Menteri Keuangan. Kemudian Anda nantinya akan memberi jasa akuntan terhadap client. Jalan untuk menjadi seorang akuntan publik memang cukup panjang dan butuh pengalaman sehingga fresh graduate masih belum bisa menyentuh pekerjaan ini. Untuk gajinya relatif karena tergantung seberapa banyak client yang Anda tangani.

Pengusaha

Siapapun bisa menjadi pengusaha. Latar belakang pendidikan apapun asal punya skill, kemauan, kemampuan marketing dan modal bisa menjadi seorang pengusaha. Anda yang memiliki latar belakang ilmu akuntansi manajemen keuangan tentu akan membuat penanganan keuangan usaha jadi lebih terarah.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait prospek kerja akuntansi manajemen keuangan dan gajinya. Semoga menjadi informasi yang menambah pengetahuan serta wawasan Anda.

Artikel Terbaru