10 Prospek Kerja Akuntansi Lulusan SMK dan Gajinya

Sekolah menengah kejuruan yang menghadirkan jurusan akuntansi di Indonesia sangat banyak. Lulusannya pun banyak. Menariknya, bagi mereka yang lulusan SMK akuntansi bisa mendapatkan dua peluang karir yaitu bekerja secara langsung setelah lulus SMK atau melanjutkan kuliah akuntansi.

10 Prospek Kerja Akuntansi Lulusan SMK dan Gajinya

Bagi lulusan SMK akuntansi yang ingin langsung kerja, seperti apa prospeknya? Berikut kami akan membahas prospek kerja akuntansi lulusan SMK yang memungkinkan beserta informasi gajinya. Cek yuk!

Prospek Kerja Akuntansi Lulusan SMK dan Gajinya

Bagi Anda lulusan SMK Akuntansi yang ingin langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus sekolah, berikut beberapa prospek kerja akuntansi lulusan SMK dan informasi gajinya :

Tenaga kasir

Lulusan akuntansi biasanya memiliki kemampuan perhitungan yang baik. Hal ini menjadikan lulusan SMK akuntansi bisa bekerja sebagai tenaga kasir di suatu toko, mall, pusat perbelanjaan, Indomaret atau Alfamart.

Gaji per bulan tenaga kasir bervariatif biasanya tergantung perusahaannya juga. Namun rata – rata tenaga kasir mendapatkan gaji sekitar 1,5 juta sampai 2,5 juta rupiah per bulan.

Teller bank

Memang tidak semua bank menerima lulusan SMK sebagai teller. Namun beberapa bank membuka lowongan dan memberi kesempatan lulusan SMK akuntansi menjadi teller. Namun keterampilan dan kecakapannya memang harus sesuai.

Untuk teller bank yang mempekerjakan atau memberi kesempatan lulusan SMK akuntansi untuk bekerja biasanya memberikan gaji per bulan sekitar 2 juta sampai 2,5 juta rupiah.

Customer service bank

Meski bidang pekerjaannya tidak secara langsung berkaitan dengan uang, customer service bank juga bisa bekerja menjadi seorang customer service. Ilmu akuntansi yang dimiliki bisa membuat Anda lebih paham terkait beragai macam permasalahan yang perlu ditanyakan nasabah.

Namun skill komunikasi yang baik dan aktif perlu dimiliki seorang customer service bank. Mengenai gaji per bulannya sekirar 2,5 juta rupiah.

Budgeting staff

Budgeting staff memiliki tugas untuk menyusun, mengelola dan juga membuat laporan anggaran yang dibutuhkan suatu perusahaan. Untuk gajinya, seorang budgeting staff akan mendapatkan gaji per bulan sekitar 3 juta rupiah.

Staff inkaso

Staf inkaso bekerja di sebuah perusahaan dan tugasnya adalah mempersiapkan beragam dokumen penagihan, pengontrolan dan pencatatan hasil penagihan piutang perusahaan. Jika ada piutang tak tertagih harus dicatat dan diklasifikasikan sebagai bekal audit dan penyiapan solusi lanjutan.

Seorang staf inkaso perusahaan akan mendapatkan gaji sekitar 1,5 juta sampai 2 juta rupiah per bulan.

Staf klaim asuransi

Lulusan SMK akuntansi juga bisa bekerja di perusahaan asuransi sebagai staf klaim asuransi. Beberapa perusahaan asuransi menerima lulusan SMK dan memberikan gaji per bulan sekitar 2 jutaan rupiah.

Staf administrasi keuangan

Setiap usaha atau perusahaan pasti butuh staf administrasi keuangan. Nah, lulusan SMK bisa menjadi staf administrasi keuangan. Tugasnya cukup komplit yaitu membuat, menyusun dan menyiapkan laporan keuangan perusahaan termasuk laporan perubahan modal, laporan laba rugi sampai dengan laporan neraca.

Terkait gaji per bulan yang bisa didapatkan seorang staf administrasi keuangan lulusan SMK sekitar 1,5 juta sampai 2 juta rupiah per bulan.

Wirausaha

Anda lulusan SMK pun bisa menjadi seorang pengusaha yang menjalankan usaha Anda sendiri. Dengan modal kemampuan manajemen keuangan dan pencatatan keuangan yang Anda punya, Anda bisa mengelola keuangan usaha dengan baik. Gaji tak terhingga akan Anda dapatkan menekuni usaha Anda sendiri.

Pengajar bimbel

Jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Anda bisa menjadi guru les atau pengajar bimbel. Beberapa lembaga bimbel ada yang memberikan kualifikasi pelamar pengajar bimbel lulusan SMK.

Gaji pengajar bimbel pun bervariasi dan ada yang part time atau full time. Untuk pengajar bimbel part time biasanya gajinya 500 ribu sampai 1 jutaan rupiah. Sementara untuk pengajar bimbel full time biasanya gajinya 1 juta sampai 1,5 jutaan rupiah.

Credit analyst

Credit analyst merupakan prospek kerja akuntansi lulusan SMK yang juga berpotensi dijadikan pilihan setelah lulus. Beberapa lembaga leasing, ada yang menerima lulusan SMK akuntansi sebagai bagian credit analystnya.

Tugasnya adalah menganalisa kemampuan pembayaran kredit client atau calon client sehingga meminimalisir dampak kredit macet di kemudian hari. Seorang credit analyst lulusan SMK bisa mendapatkan gaji per bulan 2 juta sampai 2,5 juta rupiah.

Itulah sedikit informasi terkait prospek kerja akuntansi lulusan SMK dan gajinya. Anda lulusan SMK Akuntansi tidak perlu minder  karena peluang kerja untuk Anda juga luas. Sembari bekerja, Anda pun bisa melanjutkan kuliah nantinya.

Artikel Terbaru