Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Akuntansi Internasional dan Gajinya

Program studi Akuntansi Internasional merupakan sebuah program studi yang tersedia di perguruan tinggi negeri atau swasta yang di dalamnya membahas tentang transaksi antar negara dan membandingkan prinsip – prinsip akuntansi yang berlaku di setiap negara.

10 Prospek Kerja Akuntansi Internasional dan Gajinya

Tujuannya adalah untuk mengharmonisasikan standar akuntansi yang ada di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, standar akuntansinya menganut pedoman SAK (Standar Akuntansi Keuangan).

Sementara standar akuntansi internasional yang digunakan adalah IFRS (International Financial Reporting Standard) yang disusun oleh IASB (International Accounting Standard Board) berpusat di London, Inggris. Prospek kerja Akuntansi Internasional sangat luas, dan di sini kita akan membahasnya!

Prospek Kerja Akuntansi Internasional dan Gajinya

Berikut kami ulas beberapa prospek kerja Akuntansi Internasional dan potensi gaji yang diberikan pada masing – masing peluang kerja :

Staf keuangan perusahaan

Staf keuangan perusahaan menjadi profesi dasar yang biasanya dipilih lulusan Akuntansi Internasional, utamanya fresh graduate. Gaji staf keuangan perusahaan memang tidak terlalu besar namun akan banyak ilmu dan pengalaman yang bisa didapatkan menduduki profesi ini.

Biasanya rata – rata gaji staf keuangan perusahaan berada di angka 2,5 juta sampai dengan 3 juta rupiah per bulan. Tentu tergantung kapasitas perusahaannya juga.

Akuntan sebuah perusahaan

Profesi ini menjadi salah satu profesi menarik yang dapat digeluti lulusan Akuntansi Internasional. Anda bisa melamar di sebuah perusahaan level nasional atau multinasional. Banyak fresh graduate yang tertarik untuk menjadi seorang akuntan sebuah perusahaan. Untuk fresh graduate, gaji yang berpotensi didapatkan setiap bulan berkisar di angka 4 juta – 4,5 juta rupiah.

Staf keuangan lembaga pemerintah

Selain perusahaan, lembaga pemerintah juga membutuhkan staf keuangan. Akan tetapi untuk menjadi staf keuangan pemerintahan tes CPNS perlu diikuti terlebih dahulu. Adapun gaji bagi seseorang yang lulus dalam tes CPNS dan nantinya menjadi seorang staf dengan golongan PNS berhak mendapatkan gaji sekitar 2,5 juta rupiah dan akan terus menerus meningkat sesuai golongan pangkatnya.

Staf keuangan BUMN

Meski tidak terkesan senyaman bekerja sebagai ASN dalam program PNS, namun staf keuangan BUMN juga menjadi salah satu bidang kerja yang perlu diperhitungkan. Terlebih gaji bulanan menjadi staf keuangan BUMN terbilang besar.

Bahkan untuk fresh graduate saja sudah menyentuh angka 4 juta rupiah. Staf keuangan BUMN profesional tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan gaji di atas 8 juta rupiah atau bahkan dua digit.

Akuntan publik

Pekerjaan sebagai akuntan publik memang tidak terlalu familiar di negara kita. Pekerjaan apakah ini?

Akuntan publik merupakan pekerja swasta tidak terikat atau profesional yang memberikan jasanya untuk membuka praktek sebagai akuntan swasta dan harus menjalankan tugas sebagaimana yang diatur dalam Undang – Undang No. 5 Tahun 2011.

Mengenai penghasilan yang didapatkan seorang akuntan publik tentunya tergantung dari kasus yang ditangani atau bayaran dari client.

Akuntan pendidik

Jika Anda memiliki kemampuan memberikan ilmu atau menyalurkan ilmu akuntansi yang Anda miliki maka Anda bisa menjadi tenaga akuntan pendidik baik di tingkat SMK atau di tingkat perguruan tinggi.

Menjadi guru membuat Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 1,5 juta rupiah per bulan. Sementara jika Anda menjadi dosen maka penghasilan atau gaji yang berpotensi Anda dapatkan lebih besar bahkan bisa 5 – 7 juta rupiah per bulan. Namun syaratnya juga minimal lulusan S2.

Internal auditor atau eksternal auditor

Internal auditor atau eksternal auditor saat ini sangat dibutuhkan suatu organisasi atau perusahaan untuk melaksanakan audit. Seorang auditor internal atau auditor eksternal biasanya berhak mendapatkan gaji per bulan sekitar 3,5 juta sampai dengan 4,5 juta rupiah.

Perencana keuangan

Seorang perencana keuangan juga bisa bekerja secara mandiri atau mendirikan firma baik yang dikelola sendiri atau bersama dengan beberapa rekan. Terkait penghasilan yang bisa didapatkan sesuai dengan kasus yang sedang ditangani atau sesuai dengan pengelolaan usaha yang dijalankan jadi tidak bisa dipatok atau ditaksir.

Analisa keuangan perusahaan atau pribadi

Dalam menekuni profesi ini, Anda bisa bekerja dengan tim untuk melakukan Analisa dan memberikan masukan kepada pribadi atau perusahaan dalam penggunaan uang client.

Membuka usaha sendiri

Siapapun dan dari lulusan apapun boleh untuk membuka bisnis sendiri. Termasuk lulusan akuntansi juga bisa membuka usaha sendiri.

Dengan ilmu akuntansi internasional yang Anda punya, Anda juga bisa membuat pembukuan atau keuangan usaha Anda sendiri sehingga transaksi keuangan usaha Anda lebih tertata rapi.

Itulah berbagai prospek kerja Akuntansi Internasional beserta gajinya. Anda lulusan Akuntansi Internasional bisa memilih ingin bekerja di pekerjaan mana saja sesuai peluang, minat dan pastinya keahlian Anda.

Artikel Terbaru