10 Prospek Kerja Akademi Teknologi Kulit dan Gajinya

Akademi Teknologi Kulit merupakan sebuah akademi pendidikan dibawah naungan Departemen Perindustrian yang berdiri di tahun 1954. Akademi Teknologi Kulit memiliki empat program studi yang terdiri dari Teknologi Bahan Kulit Karet Plastik, Teknologi Pengolahan Kulit, Desain dan Teknologi Sepatu, Desain dan Teknologi Produk Kulit.

prospek kerja akademi teknologi kulit

Meski peminatnya masih belum membludak, namun prospek kerja Akademi Teknologi Kulit sangat besar. Terlebih untuk bersaing di bidang yang sama saat ini jumlah pesaingnya masih sangat sedikit. Apa saja prospek kerja lulusan Akademi Teknologi Kulit?

Prospek Kerja Akademi Teknologi Kulit dan Gajinya

Bagi lulusan Akademi Teknologi Kulit, berikut beberapa prospek kerja Akademi Teknologi Kulit yang bisa dipilih setelah lulus kuliah :

Staf quality control perusahaan kain, garment, sepatu atau fashion lain

Pekerjaan paling mendasar lulusan Akademi Teknologi Kulit yang biasanya jadi pilihan adalah menjadi staf quality control. Anda perlu memiliki taste yang bagus, selera yang baik, ketelitian dan kecermatan untuk menjadi bagian dari staf quality control di sebuah perusahaan.

Gaji per bulan yang bisa didapatkan beragam biasanya berada di rentang 4,1 juta rupiah sampai 7 jutaan rupiah per bulan.

Staf Kementerian Perindustrian

Berada di bawah naungan Departemen Perindustrian menjadikan lulusan Akademi Teknologi Kulit sangat mudah mendapatkan lobi kerja di lingkungan Kementerian Perindustrian. Anda bisa mengawali karir sebagai staf Kementerian Perindustrian.

Status Anda akan menjadi PNS dan gaji per bulan yang bisa didapatkan sekitar 4,5 sampai 6 juta rupiah per bulan.

Staf stock management

Setiap perusahaan pasti butuh bagian stock management untuk memastikan produknya termanage dengan baik dan setiap permintaan pelanggan tersedia. Bekerja di bagian stock management sangat menguntungkan dan per bulannya Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 4 juta rupiah.

Peneliti

Jika pengalaman dan jam terbang Anda sudah tinggi, Anda bisa menjadi peneliti yang nantinya hasil penelitian tersebut bisa dijadikan acuan trend fashion terbaru. Banyak lho perusahaan yang membeli hasil penelitian Anda.

Anda juga bisa bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian. Tidak hanya mendapatkan gaji, sebagai peneliti Anda juga berkesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan.

Konsultan bisnis

Lagi – lagi soal jam terbang. Konsultan bisnis wajib memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi. Jika Anda sudah merasa memilikinya ditambah ilmu yang mumpuni dimiliki maka menjadi konsultan bisnis bisa menjadi peluang karir Anda.

Anda bisa bekerja di perusahaan konsultan dengan gaji mulai 5 juta rupiah atau membuka jasa konsultan bisnis sendiri. Anda bisa membantu calon wirausaha untuk memberikan informasi, pandangan dan berbagai hal terkait dunia bisnis khususnya bisnis fashion atau fashion industri.

Trends Research Companies

Jika Anda adalah orang yang up to date terhadap perkembangan fashion dan trennya, Anda bisa menjadi seorang Trends Research Companies. Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 7 juta sampai diatas 10 juta rupiah bekerja di bagian ini.

Fashion marketing

Selain mendapatkan informasi tentang seluk beluk kulit dan fashion, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan bisnis meski tidak sebanyak lulusan Administrasi Bisnis. Dengan bekal ilmu itu menjadi seorang fashion marketing akan menjadi peluang karir yang menarik untuk Anda.

Utamanya jika Anda bisa memaksimalkan pemasaran offline dan online, memiliki strategi marketing yang bagus dan mampu berkomunikasi dengan baik maka peluang karir ini akan sangat menguntungkan.

Gaji per bulan seorang fashion marketing yang bisa didapatkan mulai dari 5 – 9 juta rupiah. Biasanya Anda juga akan mendapatkan bonus.

Fashion designer

Menjadi fashion designer juga bisa jadi pilihan karir. Banyak lho fashion designer sukses yang berasal dari lulusan Akademi Teknologi Kulit. Dengan ilmu kulit yang Anda dapatkan, Anda juga bisa membuat mix and match produk secara lebih baik dan bahkan membuat sesuatu yang unik.

PNS

Ingin menjadi PNS namun di ruang lingkup non kementerian? Anda bisa daftar CPNS dan berhak mendapatkan gaji bulanan sekitar 2 jutaan sampai 2,5 jutaan rupiah per bulan.

Wirausaha

Menjadi seorang wirausaha artinya menekuni dunia bisnis yang tidak pernah ada kepastian. Jadi pastikan Anda memiliki sikap keuangan yang baik jika ingin menjadi wirausaha. Jika berhasil, potensi penghasilan puluhan juta tak mustahil Anda dapatkan.

Itulah beberapa peluang karir atau prospek kerja Akademi Teknologi Kulit dan gajinya. Semoga menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya untuk Anda yang baru lulus SMA/ SMK dan mencari perguruan tinggi tempat menimba ilmu selanjutnya.

Artikel Terbaru