Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Administrasi Kesehatan dan Gajinya

Program studi Administrasi Kesehatan merupakan program studi yang didalamnya mempelajari tentang pengelolaan administrasi dan fasilitas kesehatan di berbagai layanan kesehatan publik seperti klinik, puskesmas sampai dengan rumah sakit.

prospek kerja administrasi kesehatan

Prospek kerja Administrasi Kesehatan cakupannya berada di ruang lingkup rumah sakit atau fasilitas kesehatan meski beberapa lulusannya juga ada yang bekerja di perusahaan. Berikut daftar prospek kerja Administrasi Kesehatan beserta informasi gajinya!

Prospek Kerja Administrasi Kesehatan dan Gajinya

Beberapa bidang kerja yang dapat menjadi prospek kerja Administrasi Kesehatan di antaranya :

Staf administrasi rumah sakit

Prospek kerja administrasi kesehatan yang pertama tentu saja menjadi administrasi rumah sakit. Tugas Anda melayani pendaftaran, menangani kebutuhan administrasi dan mengatur jadwal kunjungan dokter ke ruang pasien rawat inap.

Dengan tanggung jawab yang besar tersebut, staf administrasi rumah sakit bisa mendapatkan gaji bulanan sekitar 2 – 3 juta rupiah belum termasuk bonus atau tunjangan.

Kasir rumah sakit

Menjadi kasir rumah sakit tugas utamanya adalah mengurus administrasi pembayaran pasien baik yang rawat jalan atau rawat inap. Untuk gaji biasanya sekitar 1,8 juta sampai dengan 2,5 juta rupiah tergantung di rumah sakit mana Anda bekerja.

Staf operasional rumah sakit

Tugas bagian operasional rumah sakit adalah mencari cara yang paling efisien untuk pelayanan, pengelolaan, dan pengendalian biaya rumah sakit agar sesuai kualitas pelayanan yang sudah ditetapkan manajemen rumah sakit.

Untuk gaji staf operasional rumah sakit di Indonesia sekitar 1,8 juta sampai 2,5 juta rupiah tergantung rumah sakitnya.

Humas dan marketing rumah sakit

Bagian humas dan marketing rumah sakit melakukan pemasaran atau hubungan dengan pihak lain demi meningkatkan pelayanan terhadap pasien. Bagian humas harus mampu memberikan testimoni dan ungkapan baik tentang rumah sakit kepada pasien dan masyarakat umum.

Untuk gajinya, bagian humas dan marketing rumah sakit biasanya mendapatkan gaji sekitar 2,5 juta rupiah per bulan. Namun untuk senior berkisar antara 3 – 3,5 juta rupiah per bulan. Lagi – lagi juga tergantung rumah sakitnya.

Personalia rumah sakit

Mata kuliah manajemen SDM yang didapatkan oleh lulusan Administrasi Kesehatan juga sangat bermanfaat ketika bekerja di bagian personalia rumah sakit. Bagian ini tugasnya tidak hanya merekrut karyawan baru, melainkan juga mengatur dan meningkatkan kemampuan karyawan agar semakin optimal.

Bagian personalia rumah sakit sendiri berhak mendapatkan gaji per bulan sekitar 2 juta sampai 3 juta rupiah.

Staf rekam medis

Bekerja di bagian rekam medis membuat Anda akan memiliki tugas kerja membantu dokter dalam memberikan riwayat pencatatan atau informasi kepada pasien mulai dari identitas, kondisi penyakit dan sebagainya. Gaji rata – rata staf rekam medis adalah sekitar 2,5 juta rupiah per bulan.

Asisten dosen

Jika Anda suka belajar, membaca dan mengajarkan ilmu yang sudah didapatkan maka Anda bisa menjadi asisten dosen di jurusan yang sama jika lulusan S1. Nantinya bisa menempuh pendidikan S2 dan menjadi dosen.

Gaji untuk asisten dosen sekitar 3 juta sampai 4 juta rupiah per bulan tergantung apakah di perguruan tinggi swasta atau negeri. Anda juga bisa menjadi PNS nantinya.

Staf Kementerian Kesehatan

Menjadi bagian departemen Kementerian Kesehatan menjadi suatu kehormatan yang luar biasa. Sebagai staf Kementerian Kesehatan Anda mendapatkan gaji PNS golongan IIC sebesar 4,6 juta rupiah (untuk lajang) belum termasuk tunjangan lainnya.

Membuka usaha klinik atau toko obat

Dengan pendidikan Administrasi Kesehatan yang sudah Anda punya, Anda dapat mengelola usaha sendiri. Misalkan Anda bisa membuka klinik sendiri jika ada dana atau bisa membuka toko obat atau apotek.

Anda bisa mempekerjakan perawat atau tenaga farmasi untuk membantu mengelola usaha Anda tersebut. Adapun pendapatan yang bisa didapatkan tentu sangat beragam tergantung seberapa besar pemasukan harian yang didapatkan.

Konsultan atau penulis

Memilih karir independent sebagai konsultan administrasi sangat bisa dipertimbangkan. Anda bisa memberikan pandangan, saran dan inovasi kebijakan terhadap client. Atau jika Anda memang orang yang ingin menuliskan tentang penelitian atau pemikiran Anda, Anda bisa juga menjadi seorang penulis yang menulis semua hal tentang bidang Administrasi Kesehatan.

Itulah beragam prospek kerja Administrasi Kesehatan dan gajinya. Semoga menjadi informasi yang menambah pengetahuan serta wawasan.

Artikel Terbaru