Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Terapan dan Gajinya

Administrasi Bisnis Terapan merupakan program studi yang mengintegrasikan kemampuan administrasi pekerjaan dengan tugas dan kemampuan pengelolaan sumber daya sekaligus di suatu sistem kerja.

prospek kerja administrasi bisnis terapan

Prospek kerja administrasi bisnis terapan sangat besar dan luas. Banyak perusahaan menerima lulusan administrasi bisnis terapan. Mengenai apa saja prospek kerjanya bisa Anda simak dalam daftar berikut ini!

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Terapan dan Gajinya

Berikut beberapa prospek kerja Administrasi Bisnis Terapan yang bisa jadi pilihan setelah lulus :

Marketing staff atau staf pemasaran

Selama belajar di jurusan Administrasi Bisnis Terapan, Anda juga akan mendapatkan ilmu tentang marketing. Nah, ilmu tersebut bisa jadi basic knowledge Anda untuk bekerja setelah lulus kuliah sebagai marketing staff.

Kreativitas Anda akan sangat dibutuhkan sebagai staf marketing. Adapun peran dan tanggung jawab yang Anda perlu lakukan sebagai berikut :

  • Mempromosikan produk barang atau pun jasa demi meningkatkan penjualan dengan cara – cara yang kreatif
  • Mengembangkan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan
  • Menjalankan kampanye pemasaran yang ditetapkan perusahaan

Kisaran gaji marketing staff sekitar 3 – 5 juta rupiah. Biasanya staf marketing akan mendapat bonus tambahan jika berhasil mencapai target penjualan.

Administrative Staff (Staf Administrasi)

Sebuah perusahaan biasanya membutuhkan beberapa staf administrasi yaitu staf administrasi umum, staf administrasi rumah sakit, staf administrasi perbankan, staf administrasi perpajakan dan sebagainya.

Tugasnya secara garis besar mengurus dan mengorganisasi pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi termasuk surat menyurat, dokumen, pembukuan dan sebagainya. Untuk gaji, biasanya administrative staff atau staf administrasi akan mendapatkan gaji sekitar 3 juta sampai 6 juta rupiah per bulan.

Market Research Analyst

Seorang market research analyst biasanya bertanggung jawab dalam mempelajari kondisi pasar untuk menentukan potensi penjualan suatu produk atau layanan di sebuah perusahaan. Untuk bekerja di posisi ini, beberapa skill wajib yang harus dimiliki di antaranya :

  • Perhatian yang kuat terhadap detail dan kemampuan analisis yang kuat
  • Kemampuan memperhatikan pola dalam bentuk statistik
  • Mampu bekerja secara tim
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Gaji Market Research Analyst per bulan berkisar di rentang 4 juta sampai dengan 8 juta rupiah.

Konsultan bisnis

Lulusan Administrasi Bisnis Terapan berkesempatan untuk bekerja sebagai konsultan bisnis di suatu perusahaan. Kemampuan komunikasi dan problem solving yang mumpuni diperlukan untuk bekerja sebagai konsultan bisnis. Besaran gajinya per bulan sekitar 5 juta rupiah sampai dengan 7 juta rupiah.

Project manager

Project manager merupakan orang yang menjadi pemimpin atau leader dari suatu proyek di sebuah perusahaan. Skill yang dimiliki seorang project manager cukup banyak di antaranya :

  • Wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Mampu bekerja secara tim
  • Memiliki kemampuan negosiasi
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat
  • Mampu mengelola dan memanage suatu resiko
  • Mampu beradaptasi dengan perubahan

Project manager biasanya akan mendapatkan gaji sekitar 4 – 7 juta rupiah untuk pemula. Sementara untuk senior biasanya gajinya di atas 10 – 17 juta rupiah.

Sales manager

Posisi sales manager di sebuah perusahaan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu para recruiter banyak mencari posisi ini. Hanya saja mendapatkan posisi sebagai sales manager tidak mudah karena Anda harus bersaing dengan banyak peminat di posisi yang sama.

Tugas sales manager antara lain mengawasi kegiatan dan kinerja tim sales, mengembangkan rencana bisnis, mengontrol penjualan, menganalisis sasaran penjualan, dan mampu mengembangkan serta memotivasi tim sales.

Terkait gaji seorang sales manager berkisar antara 7 juta rupiah per bulan untuk pemula. Sementara untuk senior sales manager di kisaran 10 – 15 juta rupiah per bulan gajinya.

Business Manager (Manajer Perusahaan)

Mampu mengambil keputusan bijak, mampu berkomunikasi dan memberi motivasi menjadi beberapa skill tambahan yang wajib dimiliki seorang calon Business Manager atau Manajer perusahaan.

Jika Anda tertarik bekerja di bagian ini, Anda bisa memulai karir dengan mengikuti program management trainee. Program ini biasanya diadakan berbagai perusahaan besar dan dirancang untuk membekali calon manajer.

Gaji per bulan seorang Business Manager tidak main – main yaitu berkisar antara 10 juta sampai 15 juta rupiah.

Pegawai bank

Sebagai pegawai bank, Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 2,5 juta rupiah sampai dengan 5 juta rupiah per bulan. Ada banyak bagian di bank yang membutuhkan karyawan. Anda bisa mendaftar langsung di website bank tujuan atau ikut dalam program outsourching.

Dosen

Setelah lulus sarjana, dan berkesempatan lanjut ke jenjang pendidikan pasca sarjana atau S2, Anda bisa jadi dosen. Gaji per bulannya cukup bervariasi biasanya berkisar 5 juta – 7 juta rupiah. Anda yang memang suka belajar dan mengulik ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah bisa mengambil pekerjaan ini.

Pebisnis

Bekal ilmu yang Anda dapatkan selama duduk di bangku Administrasi Bisnis Terapan bisa dipakai untuk menjalankan bisnis Anda sendiri baik bisnis dagang atau jasa. Untuk penghasilan biasanya tergantung lini usaha dan perkembangan usaha Anda.

Itulah 10 prospek kerja Administrasi Bisnis Terapan dan gajinya yang Anda perlu tahu. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya untuk yang ingin memilih jurusan kuliah atau baru lulus dari jurusan Administrasi Bisnis Terapan.

Artikel Terbaru