Free Porn
xbporn

10 Prospek Kerja Analis Kimia D3 dan Gajinya

Analis Kimia merupakan cabang ilmu Kimia yang mempelajari tentang prinsip identifikasi, separasi dan juga kuantifikasi senyawa kimia melalui teknik, metode dan instrument tertentu yang dikaji secara fundamental lengkap dengan pengaplikasiannya.

Di perguruan tinggi, jenjang pendidikan Analis Kimia tidak hanya tersedia S1 saja melainkan ada juga jenjang pendidikan setara D3 atau Diploma III. Mereka yang lulus pendidikan analis Kimia D3 prospek kerjanya seperti apa? Di sini kita akan membahas lengkap 10 prospek kerja analis Kimia D3 dan gajinya. Cek yuk!

10 Prospek Kerja Analis Kimia D3 dan Gajinya

Bagi lulusan Analis Kimia D3, berikut beberapa prospek kerja Analis Kimia D3 beserta informasi gajinya pada masing – masing bidang kerja :

Analis laboratorium

Kalau Anda merupakan lulusan Analis Kimia D3 yang termasuk memiliki kepribadian introvert, Anda bisa berkutat di laboratorium. Anda tidak akan bertemu banyak orang di bidang pekerjaan tersebut.

Banyak industri yang membutuhkan seorang analis laboratorium dan gaji per bulan yang berpotensi Anda dapatkan cukup besar sekitar 3,5 juta sampai dengan 5 juta rupiah per bulan.

Research and development

Prospek kerja Analis Kimia D3 selanjutnya adalah menjadi research and development atau tim RnD di sebuah perusahaan. Sebagai tim research and development, tugas Anda adalah meneliti dan mengembangkan suatu produk agar sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat secara umum.

Mereka yang bekerja di bagian RnD tentu harus memiliki jiwa inovatif dan mampu memberikan kualitas produk terbaik agar perusahaan penyedia produk tempatnya bekerja terus mampu bersaing dengan kompetitor lain.

Untuk gaji, bagian Research and Development di sebuah perusahaan berhak mendapatkan gaji per bulan sekitar 6 juta rupiah.

Health safety environment

Setiap rangkaian kerja yang dilakukan di sebuah perusahaan, tentu memiliki resiko bahaya. Di sinilah peran Health safety environment dibutuhkan.

Pekerjaan seorang health safety environment yaitu memastikan kesehatan pekerja dan memastikan kecelakaan di lingkungan kerja tidak terjadi. Namun untuk menempati posisi health safety environment, biasanya fresh graduate tidak langsung diterima, melainkan yang diterima biasanya yang sudah memiliki pengalaman kerja sekitar 3 – 5 tahun.

Untuk seorang health safety environment junior biasanya mendapatkan gaji 3,5 juta – 5 juta rupiah per bulan. Sementara untuk senior atau yang memiliki pengalaman di atas 10 tahun biasanya mendapatkan gaji 5 juta sampai 8 juta rupiah per bulan.

Tenaga pendidik

Lulusan apapun bisa terjun ke dunia pendidikan dan menjadi tenaga pendidik, termasuk lulusan Analis Kimia D3. Jika memang ada kesempatan, Anda bisa bekerja sambil meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan S1.

Untuk gaji yang ditawarkan bagi tenaga pendidik sekitar 1 juta sampai dengan 1,5 juta rupiah per bulan.

Quality control

Tugas seorang quality control adalah menjaga kualitas suatu produk di perusahaan. Mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan produk sampai dengan pengepakan produk akan dikontrol oleh bagian quality control ini.

Gaji per bulan yang Anda dapatkan di bagian quality control ini sekitar 3,5 juta sampai dengan 4 juta rupiah per bulan.

Quality assurance

Lulusan D3 Analis Kimia juga memiliki prospek kerja yang bagus di bidang QA (Quality Assurance). Tugas Anda adalah melakukan pengecekan kualitas produk yang telah diproduksi dan melakukan control pengawasan terhadap proses produksinya.

Untuk gaji per bulan yang bisa Anda dapatkan sebagai seorang quality assurance sekitar 5 juta sampai 7 juta rupiah per bulan.

Peneliti

Jika Anda ingin mengembangkan ilmu pengetahuan secara luas dan kemudian membagikannya untuk kemaslahatan bersama maka bisa menjadi seorang peneliti. Gajinya tentu sesuai dengan proyek penelitian yang Anda kerjakan.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Lulusan apapun bisa jadi PNS termasuk lulusan Analis Kimia Diploma III. Gaji yang ditawarkan sendiri didapatkan sesuai dengan golongannya. Anda yang diterima menjadi PNS juga akan mendapatkan insentif, dana pensiun, dan tunjangan.

Penulis atau editor

Jika Anda merasa sebagai lulusan yang memiliki kemampuan menulis yang memadai, Anda bisa menjadi seorang penulis atau bekerja di lembaga penerbitan dan menjadi seorang editor. Jika menjadi editor, gaji per bulan yang bisa Anda dapatkan sekitar 3,5 juta rupiah per bulan.

Sementara jika menjadi seorang penulis, Anda bisa menulis karya – karya yang berkaitan dengan ilmu kimia atau lainnya dan Anda pun bisa mendapatkan penghasilan sesuai jumlah buku yang terjual.

Wirausaha

Tak tertinggal, Anda juga bisa menjadi seorang pengusaha. Anda bisa mendirikan usaha yang berkaitan dengan sains seperti menjual alat kesehatan dan sebagainya. Anda juga bisa mendirikan usaha yang bergerak di bidang lainnya diluar sains.

Itulah informasi tentang 10 prospek kerja Analis Kimia D3 dan gajinya. Semoga dapat menambah informasi, pengetahuan dan wawasan Anda terkait prospek kerja lulusan Analis Kimia.

Artikel Terbaru