Tugas dan Tanggung Jawab Steward Restoran

Tugas dan Tanggung Jawab Steward Restoran – Mau tahu tugas dan tanggung jawab steward restoran? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Tugas dan Tanggung Jawab Steward Restoran

Steward adalah seseorang yang bekerja mengurusi peralatan dapur di restoran. Steward akan memastikan kebersihan dan kelengkapan semua peralatan memasak, tujuannya untuk menjaga kehigeinisan peralatan memasak yang ada dan menjaga kesehatan konsumen. Oleh karenanya, dalam menjalankan pekerjaannya akan ada pembekalan terlebih dulu kepada steward ini. Dengan begitu, mereka bisa tahu tugas dan tanggung jawab dari steward sendiri.

Tugas dan Tanggung Jawab Steward Restoran

Pekerjaan steward bisa dibilang sebagai pendukung kegiatan di area memasak di sebuah restoran. Selain itu, steward juga memiliki peranan penting untuk mengupayakan kebersihan lingkungan kerja. Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Steward Restoran adalah sebagai berikut:

Requisition

Bekerja sebagai steward di sebuah restoran menuntut Anda mendaftarkan segala permintaan yang diperlukan. Biasanya Anda akan menerima daftar tersebut dari staff di dapur. Selain itu, Anda harus mengecek secara berkala tentang daftar barang yang akan digunakan memasak.

Distribution

Seorang steward di hotel juga harus melakukan pendistribusian terkait kebutuhan yang diperlukan para staff di dapur. Artinya, Anda harus menerima peralatan dari produsen agar sampai ke staff dapur secara langsung. Biasanya tugas steward di restoran dilakukan secara rutin, yaitu setiap 3 bulan sekali.

Storing

Steward pastinya sudah mengetahui bahwa semua jenis alat memasak tidak akan disimpan sembarangan. Beberapa peralatan memasak dibuat dari bahan tertentu dan pastinya butuh tempat simpan yang berkualitas baik untuk menjaga daya tahan penggunaannya.

Contohnya, pantry terbuka yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan beberapa peralatan seperti mangkok, piring dan gelas lainnya. Sementara itu untuk bahan makanan kalengan bisa disimpan di dalam peti berbahan kayu.

Cleaning dan Washing

Sebagai steward di restoran harus paham dan mengerti konsep higienis sanitasi untuk memastikan tidak adanya mikroorganisme yang masih tertinggal diperalatan memasak tersebut. Hal ini bisa dimulai dari pemilihan air bersih untuk mencucinya.

Selain itu, kebersihan area dapur juga bisa dilakukan secara berkala dan dengan skala industri, atau yang biasanya disebut dengan deep clean kitchen. Dimana berfungsi untuk menjaga kebersihan dan juga memastikan kehigienisannya.

Selain itu, steward juga bertanggung jawab atas kebersihan perabotan lain, seperti jendela dan kompor.

Restocking

Pada dasarnya resticking dilakukan secara khusus untuk penyetokan ulang peralatan memasak di setiap bulan, terutama untuk jenis alat memasak yang mengalami kerusakan atau kekurangan jumlahnya. Inilah tugas dan tanggung jawab penting seorang steward di sebuah restoran.

Anda juga harus tahu bahwasannya setiap bulan masing – masing peralatan tersebut mengalami penurunan kualitasnya, sehingga diperlukan penyetokan ulang.

Inventory dan Repair

Terakhir, seorang steward di restoran juga ditugaskan untuk memastikan semua peralatan, bahan baku masakan dan lingkungan terjamin untuk menyediakan fungsi kerja bagi staff di bawahnya yang optimal. Tidak hanya itu, Anda juga bertanggung jawab melakukan perbaikan pada alat – alat besar seperti oven, mesin pendingin dan mesin pemanggang.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Steward Restoran

  • Mengenal macam – macam pembersih
  • Mampu bekerjasama dengan team dan individu
  • Bisa bekerja dengan cepat dan efisien
  • Memiliki pengalaman di bidang yang berkaitan
  • Memiliki pemahaman mengenai sistem penataan barang
  • Memiliki jiwa kepemimpinan
  • Berpenampilan menarik
  • Bisa berkomunikasi dengan baik
  • Bisa mengoperasikan komputer
  • Menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Steward Restoran. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru