Tugas dan Tanggung Jawab Sistem Analis

Tugas dan Tanggung Jawab Sistem Analis – Menjadi salah satu pekerjaan di dunia IT yang lagi naik daun, sistem analis dicari oleh beberapa perusahaan karena peranannya di urusan teknologi dan bisnis terbilang sangat penting. Jangan heran, kalau pekerjaan ini banyak diburu terutama oleh perusahaan – perusahaan besaar. Jika Anda bergabung, Anda tidak hanya akan mendapatkan gaji besar, tetapi juga keleluasaan dan peranan vital di tubuh perusahaan. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dulu tugas dan tanggung jawab sistem analis berikut ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Sistem Analis

Tugas dan Tanggung Jawab Sistem Analis

Termasuk dalam team engineering, sistem analis merupakan seseorang yang bertugas melakukan analisis, merancang dan mengimplementasikan sistem yang ada. Sistem analis juga bertanggung jawab atas hasil yang ditargetkan dan ingin dicapai perusahaan dalam hal IT.

Di sebagian perusahaan besar, sistem analis juga akan melakukan penelitian sistem terbaru yang masih berkaitan dengan peningkatan IT atau infrastruktur agar perusahaan menjadi lebih efisien.

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Sistem Analis adalah sebagai berikut:

Melakukan Investigasi

Ini adalah tugas dan tanggung jawab pertama dalam proyek pengembangan sistem. Pekerjaan tersebut mencakup analisis sistem yang ada untuk kemudian dicari pokok permasalahannya. Juga bisa mencakup perbaikan yang mungkin bisa dilakukan.

Seorang sistem analis bertanggung jawab untuk membuat asumsi mengenai tujuan investigasi yang dilakukan.

Melakukan Analisis

Analisis yang dilakukan bisa berupa percobaan langsung ke apa yang ingin diperbaiki dan dikembangkan lebih lanjut. Jika analisis sudah dikumpulkan dan berhasil jadi sebuah panduan, maka seorang sistem analis akan membuat persyaratan penggunaan sistem. Ini diperlukan untuk melakukan perbaikan sistem bila diperlukan.

Desain

Selanjutnya adalah pembuatan desain berupa modul, arsitektur, antarmuka dan data – data. Biasanya, dalam pengembangan desain, seseorang yang berprofesi sebagai sistem abalis akan bekerja dengan front end, back end dan juga full stack developer.

Implementasi

Terakhir, adalah mengimplementasikan ke dalam sebuah kasus. Maksud dari kasus di sini bisa berupa pembuatan sistem terbaru atau pengaplikasian dalam pengembangan sebuah proyek maupun jasa. Beberapa perusahaan besar biasanya menggunakan tugas implementasi ini sebagai yang paling akhir.

Tetapi perusahaan lainnya justru menjadikan implementasi sebagai penentu, apakah analisis akan berakhir atau justru dijadikan sebagai hembatan menuju investasi baru?.

Terlepas dari hal tersebut, pada dasarnya sistem analis bekerja dalam banyak permintaan. Sistem analis tidak hanya dituntut untuk penuhi satu atau pun dua permintaan saja, tetapi mengiyakan apa saja yang diinginkan posisi – posisi lain yang masih terkait. Namun demikian, secara umum sistem analis dituntut untuk memiliki kemampuan dasar mengenai IT, seperti memahami bahasa pemrograman tertentu, CSS atau HTML, dasar kerja server, database dan masih banyak lagi.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Sistem Analis

  • Memiliki kemampuan dasar mengenai administrasi sistem. Pasalnya, tugas seperti konfigurasi perangkat lunak, program, akses pengguna dan keamanan adalah hal paling mendasar dalam IT. Oleh karenanya penting untuk memiliki pemahaman mengenai administrasi sistem jika Anda ingin menjadi sistem analis di perusahaan besar.
  • Memiliki kemampuan analisis bisnis yang baik untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi bisnis secara khusus, terutama untuk jenis bisnis yang masih memiliki hubungan dengan teknologi.
  • Memiliki kemampuan manajemen proyek dengan berbagai macam skala yang baik.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Sistem Analis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru