Tugas dan Tanggung Jawab Trainer

Tugas dan Tanggung Jawab TrainerTrainer adalah seseorang yang bertugas berbicara di depan publik. Mungkin bagi sebagian orang profesi ini merupakan hal yang cukup menantang, tetapi buat mereka yang tertarik dengan posisi tersebut, menjadi trainer adalah hal yang sangat menyenangkan. Dikatakan menyenangkan sebab tugas utamanya yaitu melatih orang lain menjadi lebih baik lewat beberapa materi dan kata – kata yang disampaikan. Namun demikian, untuk menjadi trainer professional tentunya dibutuhkan proses yang panjang. Berikut kami bagikan informasi tugas dan tanggung jawab trainer lengkapnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Trainer

Tugas dan Tanggung Jawab Trainer Lengkap

Secara umum, tugas dan tanggung jawab trainer adalah melakukan pelatihan di luar atau memakai jasa yang penyediakan pelatihan ini. Hal tersebut biasanya dilakukan dengan tujuan agar karyawan perusahaan memiliki kemampuan yang baik dalam bekerja. Namun biar jelasnya, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Desainer

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang trainer yang pertama adalah sebagai desainer. Ya, seorang trainer bertugas menyusun dan merancang program pelatihan sesuai kebutuhan. Dalam perancangan program tersebut, seorang trainer biasanya akan memahami dan menggunakan beberapa prinsip juga model pelatihan yang menarik dan menyenangkan.

Organizer

Berperan penting sebagai organizer, seorang trainer bertugas untuk memahami tentang peserta dan tempat pelatihan. Selain itu, seorang trainer juga harus kelola sumber daya dan melakukan bimbingan selama masa pelatihan di perusahaan.

Leader

Tugas dan tanggung jawab lain seorang trainer adalah sebagai leader atau pemimpin di perusahaan. Dalam hal ini Anda harus memberi pemahaman mengenai situasi pelatihan, mengawasi jalannya pelatihan hingga bertindak untuk memastikan tujuan pelatihan tercapai.

Moderator

Berperan penting dalam suatu perusahaan, seorang trainer juga bertanggung jawab menggiatkan aktivitas diskusi. Aktivitas tersebut harus dilakukan sebagai salah satu metode pembelajaran yang akan merangsang keterlibatan trainee. Pada aktivitas ini, seorang trainer bisa aktifkan proses berbagi pengalaman.

Expert

Trainer juga memiliki tanggung jawab sebagai seorang ahli dengan domain tertentu. Jadi, seorang trainer harus bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki dan basis pengetahuannya secara luas.

Ally

Seorang trainer juga berperan sebagai ally pada trainee. Oleh karenanya, seorang trainer memiliki tugas merawat trainee dengan baik, membuat rasa aman dan tentram bagi trainee juga saat mengalami persoalan psikis.

Presenter

Trainer memiliki peranan penting sebagai presenter, yang bertanggung jawab untuk menjelaskan segala sesuatunya secara terstruktur dan sesuai kebutuhan tranee. Dalam hal ini Anda harus mampu melakukan persuasi dengan berbagai metode. Persuasi ini ditujuan secara khusus agar terjadi kedekatan antar individu.

Business Partner

Terakhir, trainer bertanggung jawab juga sebagai mitra bisnis untuk mampu menyesuaikan program dengan konten pelatihan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis dari klien tertentu.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Trainer

  • Pendidikan minimal D3 atau S1 (lebih diutamakan yang jurusan management hospitality)
  • Memiliki pengalaman minimal 1 tahun sebagai trainer area atau staff
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer
  • Bersedia bekerja dengan mobilitas tinggi
  • Bersedia bekerja dibawah tekanan
  • Bisa melakukan administrasi terkait pekerjaan yang diemban
  • Memiliki kemampuan manajemen yang baik
  • Memiliki pengetahuan teknis
  • Memiliki jiwa kepemimpinan
  • Memiliki sertifikat keahlian yang dimiliki
  • Memiliki inisiatif dan kreatifitas tinggi
  • Memiliki kemampuan menyusun program

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Trainer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru