Tugas dan Tanggung Jawab Technical Writer

Tugas dan Tanggung Jawab Technical WriterTechnical Writer adalah seseorang yang memiliki tugas untuk menulis aturan atau legal hukum, menulis petunjuk, membuat artikel teknis dan Menulis serta mengatur FAQ.

Tugas dan Tanggung Jawab Technical Writer

Tugas dan Tanggung Jawab Technical Writer

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Technical Writer adalah sebagai berikut:

Menulis aturan atau legal hukum

Technical writer memiliki tugas dalam kepenulisan hal – hal yang berkaitan dengan aturan/legal dan hukum. Policy atau Terms & Conditions yang dibuat oleh technical writer harus mudah untuk dipahami oleh para calon pembeli. Kunci untuk mudah dipahami adalah dengan menggunakan refund policy pada halaman blog.

Menulis petunjuk

Petunjuk ketika sedang menggunakan suatu produk merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang penulis teknis. Pada umumnya peulisan petunjuk ini dijumpai pada buku manual, knowledge base atau dokumentasi.

Membuat artikel teknis

Tugas dan tanggung jawab technical writer adalah membuat artikel teknis. Biasanya artikel – artikel semacam ini bisa Anda jumpai di beberapa blog perusahaan teknologi yang membutuhkan pembahasan mengenai suatu sistem dan cara kerjanya.

Seorang technical writer bertanggung jawab dalam membuat artikel yang komprehensif dan mudah untuk dipahami orang awam yang ingin mengetahui hal – hal teknis dengan cara yang mudah.

Menulis dan mengatur FAQ

Menulis FAQ atau Frequently Asked Questions juga menjadi bagian dari seorang technical writer. FAQ ini terdiri biasanya terdiri dari kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para klien. Untuk bisa menulis FAQ maka seorang technical writer harus melakukan penelitian yang lebih mendalam lagi.

Mencatat dokumen marketing

Dokumen white paper atau buku putih merupakan dokumen yang berisikan laporan resmi dan biasanya memiliki harga yang mahal.

Membuat laporan perusahaan

Perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan yang besar selalu membutuhkan laporan yang rutin dan biasanya bagian pelaporan ini menjadi tugas utama dari seorang technical writer.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Menjadi Technical Writer

Sementara persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi technical writer cukup banyak, di antaranya sebagai berikut :

Memiliki kemampuan menulis yang baik

Sesuai dengan nama pekerjaannya, seorang technical writer harus memiliki keterampilan menulis yang baik. hal ini dikarenakan pada setiap produk yang dihasilkan  berupa konten bacaan. Dengan demikian sangat penting bagi seorang Technical Writer bisa mahir dalam bidang kepenulisan.

Memiliki keterampilan pengujian

Menguasai keterampilan dalam bidang pengujian merupakan tugas lain dari seorang technical writer. Pengujian yang dimaksud adalah melakukan  selain menulis adalah melakukan uji kegunaan dan validasi dokumen perusahaan.

Pengujian ini dilakukan untuk memasrikan suatu produk bisa berfungsi sebagaimana mestinya, sebagaimana yang terdapat di dokumetasi.

Menguasai publishing tools

Penguasaan publishing tools ini bisa menjadi nilai tambah bila Anda. Dengan menguasai tools satu ini Anda bisa menghasilkan dokumen teknis yang lebih baik.

Menguasai desain grafis

nilai tambah lainnya yang bisa digunakan untuk menjadi Technical Writer adalah ketika Anda bisa menguasai tools grafis. Tools ini biasanya digunakan untuk membuat grafik, ilustrasi hingga diagram suatu produk.

Ada beberapa tools desain grafis yang biasa digunakan oleh technical writer, speerti Adobe Photoshop, Illustrator, Corel Draw dan beberapa aplikasi lain.

Memiliki komunikasi yang baik

Technical Writer memiliki kewajiban untuk bertanya kepada narasumber teknik baik dari tim produk, developer hingga konsumen. oleh karena itu, untuk bisa menjadi technical writer diperlukan kemampuan komunikasi yang baik agar lawan bicara tidak malu ketika ada klien yang bertanya mengenai dokumentasi secara jelas dan lengkap.

Mau belajar

Technical Writer harus melakukan ekplorasi secara terus – menerus. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu mengenai suatu produk bahkan suatu aplikasi bisa berjalan. Kemampuan untuk harus bisa berekspolarasi ini diakibatkan adanya proyek yang terus  menerus berganti dengan produk dan aplikasi yang berbeda.

Gaji Technical Writer

Rata – rata gaji seorang technical writer di Indoensia memiliki nominal yang cukup tinggi dibandingkan dengan pekerjaan – pekerjaan lainnya. Hal ini dikarenakan tanggung jawab yang dijalankan oleh technical writer lebih besar dari pada gaji content writer.

Jika rata – rata gaji content writer di Indonesia adalah sekitar Rp 4,1 juta maka kisaran gaji seorang technical writer di Indonesia bisa mencapai Rp 6,3 juta.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Technical Writer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru