Tugas dan Tanggung Jawab Technical Engineer

Tugas dan Tanggung Jawab Technical EngineerTechnical Engineer adalah seseorang yang memiliki tugas untuk melakukan pemasangan, melakukan konfigurasi serta mendukung beberapa peralatan jaringan, melaporkan status jaringan kepada atasan dan melakukan perancangan serta mengimplementasi solusi jaringan baru untuk memperbaiki jaringan yang ada.

Tugas dan Tanggung Jawab Technical Engineer

Tugas dan Tanggung Jawab Technical Engineer

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Technical Engineer adalah sebagai berikut:

  • Bertugas melakukan pemasangan, melakukan konfigurasi serta mendukung beberapa peralatan jaringan termasuk akselerator WAN, server proxy, router, DHCP, DNS hingga router.
  • Bertugas dan bertanggung jawab jika terjadi kesalahan pada jaringan.
  • Melaporkan status jaringan kepada atasan.
  • Melakukan perancangan serta mengimplementasi solusi jaringan baru untuk memperbaiki jaringan yang ada.
  • Melakukan pengadaan peralatan jaringan atau sub kontraktor yang terdapat pada instalasi jaringan.
  • Memaksimalkan kinerja jaringan dengan melakukan pemantauan secara berkelanjutan.
  • Melakukan pembaharuan peralatan jaringan ke rilis firmware yang terbaru.

Persyaratan yang Harus Anda Penuhi Untuk Bisa Menjadi Technical Engineer

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang technical engineer. Persyaratannya sebagai berikut:

  • Memiliki pengetahuan mengenai jaringan yang terdapat pada banyak perangkat.
  • Memiliki pemahaman mengenai cara mengoperasikan jaringan.
  • Bisa melakukan pembaharuan jaringan.
  • Bisa melakukan pengamanan jaringan perusahaan agar tidak mudah dibajak orang.

Syarat umum yang biasa dibutuhkan ketika menjadi technical engineer yakni sebagai berikut:

  • Berusia maksimal 35 tahun atau disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan terkait.
  • Memiliki jenjang pendidikan minimal SMK jurusan jaringan.
  • Memiliki pengalaman pada bidang teknologi dan jaringan minimal 1 tahun.

Skill yang Harus Dimiliki oleh Technical Engineer

Pengetahuan mengenai IoT

Seorang technical engineer harus memiliki pegetahuan tentang Internet of thing (IoT). IoT diperlukan karena mampu memberikan dampak yang besar terhadap lalu lintas jaringan, keamanan serta infrastruktur jaringan. Saat ini pun telah banyak bisnis yang tergantung pada perangkat IoT.

Pengetahuan mengenai bahasa pemrograman

seorang technical engineer sangat membutuhkan pemahaman mengenai bahasa pemrograman. Hal ini dikarenakan ketika Anda terjun ke dunia jaringan akan menemukan bahasa yang berbeda.

Bahasa pemograman yang akan Anda temui pada pengaturan jaringan adalah bahasa automation friendly seperti Ansible, Terraform dan JAVA.

Pengetahuan mengenai firewall dan keamanannya

Perlu Anda ketahui bahwa jaringan merupakan hal yang penting dan bisa mencangkup banyak data. Oleh karenanya faktor keamanan jaringan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Saat ini banyak kasus pencurian data pelanggan sehingga keamanan satu ini sangat harus diperhatikan oleh technical engineer.

Pengetahuan mengenai konsep bandwidth management

Ketika koneksi internet yang terdapat di perusahaan Anda lemot, maka bisa dipastikan hal itu terjadi karena adanya koneksi jaringan yang terpengaruhi oleh bandwith. Sebagai technical engineer maka Anda diharuskan untuk mengerti mengenai konsep manajemen bandwith. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa  memaksimalkan kapasitas bandwith dan mencukupi kebutuhan koneksi internet karyawan.

Memiliki pemahaman mengenai DNS

DNS atau yang bisa diartikan sebagai domain name system merupakan pengetahuan dasar mengenai internet yang berpengaruh terhadap pengoperasian jaringan yang terhubung ke internet. Jika DNS mati, maka Anda harus mencari solusi untuk menggantikan network.

Memiliki pengetahuan mengenai routing

Technical engineer juga harus memiliki pengetahuan mengenai routing. Dengan menggunakan routing maka Anda dapat melakukan sharing printer atau file antar user yang terdapat pada jaringan.

Problem solving

Seorang technical engineer harus memiliki kemampuan problem solving yang baik. hal ini dikarenakan ketika sedang melakukan perbaikan pasti terdapat masalah yang sulit untuk diselesaikan. Dengan demikian seorang technical engineer akan mencari solusi yang terbaik untuk menangani hal tersebut.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik sangat diperlukan, hal ini karena pada perusahaan akan banyak orang yang mengeluh terkait perangkat atau masalah jaringan lainnya. Oleh karena itu technical engineer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa menjelaskan kepada rekan perusahaan dengan baik dan benar.

Gaji Technical Engineer

Penghasilan yang bisa didapatkan oleh seornag technical engineer cukup besar. Di Indonesia sendiri gaji seornag technical engineer berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 16.000.000 per bulannya.

Namun perlu Anda ketahui bahwa gaji tersebut biasanya tergantung dari tempat perusahaan itu berada dan nama besar perusahaan.  Jika perusahaan yang Anda tempati termasuk perusahaan besar seperti Pertamina maka gaji yang bisa Anda dapatkan cukup besar.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Technical Engineer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru