Tugas dan Tanggung Jawab System Administrator

Tugas dan Tanggung Jawab System Administrator – Apa sajakah tugas dan tanggung jawab system administrator? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian system administrator secara umum adalah profesi yang bertugas memelihara jaringan PC atau komputer perusahaan. Profesi yang mirip dengan network administrator sebenarnya lebih bertanggung jawab untuk mengawasi dan memperbaiki malfungsi pada sistem komputer, seperti software dan hardwarenya. Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai profesi tersebut, simak terus penjelasannya di bawah ini.

Tugas dan Tanggung Jawab System Administrator

Tugas dan Tanggung Jawab System Administrator

Profesi system administrator merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab atas kelancaran, pemeliharaan dan konfigurasi sistem komputer perusahaan. Di perusahaan, seseorang dengan profesi tersebut berada dalam departemen IT. Tetapi, pekerjaan tersebut mengharuskan Anda bekerjasama dengan semua tim yang ada di perusahaan. Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang System Administrator adalah sebagai berikut:

Instal dan Patching Software & Hardware

Kedua hal ini digunakan sebagai penunjang kinerja sistem komputer yang ada di bawah pengawasan system administrator. Seseorang dengan profesi tersebut bisa melakukan instalasi software dan hardware, juga harus menguasai sistem pengoperasiannya dengan baik. Selain itu, Anda juga bertugas mengupdate software dan hardware, melakukan troubleshooting, merancang kinerjanya hingga mengelola.

Kelola Password dan SSO

Tugas lain seorang system administrator adalah mengelola administrasi user, baik secara internal maupun eksternal. Seseorang dengan profesi ini juga harus bisa memastikan keamanan password dan SSO yang digunakan karyawan di perusahaan.

Jalankan Backup dan Disaster Recovery

Semua data yang tersimpan dalam server pastinya harus dibackup secara rutin. Apabila terjadi masalah dengan servernya, maka data – data yang ada masih bisa dikembalikan. Selain itu, jika terjadi force majeure Anda bertanggung jawab menjalankan disaster recovery agar downtimenya tidak memakan waktu terlalu banyak.

Jaga Keamanan Sistem

Pada dasarnya keamanan data di bagian server menjadi tanggung jawab system administrator. Keamanan sistem bisa dicapai dengan cara membuat firewall. Selain itu, seorang system administrator juga bertanggung jawab menjaga fungsionalitas sistem pada bagian server.

User Training

Biasanya perusahaan yang mengandalkan teknologi untuk aktivitas perusahaannya butuh karyawan yang paham dan mengerti teknologi. Nah, tugas Anda sebagai system administrator memberikan training bagaiman acara penggunaan software atau aplikasi dengan baik, terutama untuk jenis software yang berkaitan dengan aktivitas karyawan perusahaan.

Tidak hanya itu, system administrator perusahaan juga bertanggung jawab mengenai penambahan sistem keamanan akun karyawan.

Dokumentasi

Terakhir, system administrator juga bertugas mendokumentasikan permintaan end user, kebutuhan bisnis dan masalah teknis lainnya. Hal tersebut dibutuhkan untuk urusan tracking dan merencanakan upgrade, penyesuaian dan lain – lain.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang System Administrator

  • Pendidikan yang diibutuhkan adalah gelar sarjana di bidang teknologi informasi, ilmu komputer dan bidang lain yang terkait
  • Memiliki bekal ilmu menjadi seorang system administrator dengan mengikuti training untuk memperdalam pengetahuan
  • Memiliki beberapa jenis sertifikasi, seperti CompTIA A+ dan CompTIA Security+
  • Memiliki analytical skill
  • Memiliki problem solving skill
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Memiliki kemampuan multitasking
  • Memiliki kemampuan menggunakan perangkat berbagai OS, mulai dari Windows, Mac atau pun Linux
  • Memiliki pengetahuan tentang scripting dan programming
  • Bisa menggunakan aplikasi cloud computing
  • Familiar dengan tool untuk otomasi task

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab System Administrator. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru