Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor Jalan

Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor JalanSurveyor Jalan adalah seseorang yang bertugas melihat kondisi fisik jalan dan kondisi visual jalan, lalu menginput data – data serta tabulasi yang mencakup keseluruhan secara umum. Hasil data yang dikerjakan seorang surveyor jalan diantaranya seperti jaringan jalan, fasilitas pendukung transportasi, data tata guna lahan dan data sosial ekonomi yang mencakup perekonomian wilayah dan demografi.

Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor Jalan

Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor Jalan

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Surveyor Jalan adalah sebagai berikut:

Melakukan Pemeriksaan dan Peninjauan

Surveyor jalan akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan dan peninjauan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kendala terhadap pekerjaan yang sedang berlangsung atau tidak? Tentunya pemeriksaan yang dilakukan harus sesuai SOP yang berlaku.

Melakukan Pengumpulan Data

Data yang dimaksudkan di sini berupa data kuantitatif, misalnya berupa kuesioner ke masyarakat dan data yang didapatkan dari hasil wawancara pihak – pihak terkait. Selain itu, seorang surveyor jalan juga harus melakukan pemetaan berdasarkan data berupa koordinat untuk kemudian dipetakan. Hasilnya akan dikumpulkan untuk kemudian diolah seorang analis.

Melakukan Eevaluasi

Evaluasi di sini nanti akan menghasilkan laporan evaluasi dan hasil penilaian yang memiliki ketentuan serta elemen penilaiannya tersendiri. Seorang surveyor jalan bertugas untuk mendapatkan beberapa data evaluasi dan melakukan penilaian sesuai ketentuan yang diberlakukan.

Memastikan Proyek Berjalan Sesuai Rencana

Pada dasarnya tugas dan tanggung jawab seorang surveyor jalan masih berkaitan dengan peninjauan dan pengawasan. Nah, ketika melakukan hal tersebut surveyor jalan memiliki tugas untuk melaporan hal tersebut apakah sudah berjalan sesuai rencana atau belum?.

Membuat Laporan

Setelah dilakukan kunjungan lapangan dan melakukan berbagai hal, selanjutnya surveyor jalan harus membuat laporan hasil surveinya tersebut. Laporan ini pastinya akan berbeda – beda formatnya, bergantung dengan jenis serta tujuan kunjungan lapangan yang dilakukan.

Laporan yang dibuat nanti akan diberikan diakhir masa survei atau diperiode tertentu suatu perusahaan.

Tak bisa dipungkiri, pekerjaan surveyor jalan saat ini semakin menarik digeluti banyak orang, mungkin Anda termasuk salah satunya.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Surveyor Jalan

Beberapa persyaratan menjadi seorang surveyor jalan yang harus Anda ketahui, diantaranya seperti berikut.

Kesehatan

Pada dasarnya apapun jenis pekerjaan yang diminati, syarat utama yang biasanya diajukan untuk menjadi seorang surveyor jalan adalah sehat dan mampu. Ya, sehat menjadi hal paling krusial dalam profesi ini.

Bekerja di lapangan memang merupakan pekerjaan yang tidak ringan, butuh tenaga besar sehingga Anda diharuskan memiliki tubuh yang sehat dan mampu menjalankan beberapa tugas dan tanggung jawab yang diemban dengan baik.

Memasuki Usia yang Sesuai

Beberapa perusahaan pastinya akan mengajukan minimal usia untuk profesi surveyor jalan. Oleh karenanya, usia juga penting untuk dipertimbangkan sebelum akhirnya Anda melamar menjadi surveyor jalan.

Pengalaman di Bidang yang Sama

Hal satu ini akan menjadi poin plus buat Anda yang ingin melamar menjadi surveyor jalan. Pengalaman yang dimiliki bisa menguntungkan Anda jika nantinya ingin melamar menjadi surveyor jalan.

Memenuhi Persyaratan Khusus Sesuai Bidang

Terakhir ada beberapa bidang tertentu akan menjadi syarat utama yang harus dipenuhi. Hal ini tentunya berkaitan dengan spesifikasi dan lisensi yang dimiliki calon surveyor jalan harus sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Surveyor Jalan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru