Tugas dan Tanggung Jawab Supplier

Tugas dan Tanggung Jawab Supplier – Maksud dari supplier adalah pihak yang menjual atau memasok sumber daya dalam bentuk bahan mentah kepada pihak lain untuk diolah menjadi barang jadi. Supplier juga didefinisikan sebagai seseorang atau perusahaan yang menjual bahan baku untuk diolah menjadi produk siap jual yang dibutuhkan perusahaan lain. Adapun ciri supplier sebagai berikut:

  • Memiliki fungsi sebagai pemasok bahan bahan baku perusahaan lain
  • Produk yang dijual dalam bentuk mentah maupun barang setengah jadi

Buat yang tertarik dengan pekerjaan ini, berikut adalah tugas dan tanggung jawab supplier yang harus Anda tahu.

Tugas dan Tanggung Jawab Supplier

Tugas dan Tanggung Jawab Supplier

Jika dulu, supplier memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup sederhana, tetapi di era serba digital seperti sekarang, tugas dan tanggung jawab supplier jadi lebih beragam. Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Supplier adalah sebagai berikut:

  • Melakukan proses pengadaan bahan mentah atau baku untuk kebutuhan industri perusahaan lain. Meski demikian, bahan mentah tersebut juga bisa diproduksi dan dihasilkan sendiri.
  • Menyusun informasi tentang bahan mentah yang nantinya akan dijual untuk industri perusahaan lain.
  • Melakukan proses marketing atau pemasaran dan penawaran bahan mentah kepada pelaku industri. Dimana proses pemasaran ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan memanfaatkan media offline seperti mendatangi pabrik atau perusahaan langsung atau pun secara online, yakni dengan memanfaatkan internet dan media sosial yang ada.
  • Apabila ada perusahaan yang tertarik untuk membeli bahan mentah tersebut, maka pihak supplierlah dan pihak pabrik yang akan melakukan kesepakatan bisnis. Sebagai supplier Anda harus mampu menyediakan kebutuhan bahan mentah secara rutin dan juga stabil.
  • Selain itu, sebagai supplier Anda juga bertugas dan bertanggung jawab menjaga kualitas bahan mentah yang dijual. Jika tidak, bukan tidak mungkin kerjasama bisnis dengan perusahaan lain dibatalkan.
  • Memastikan bahan mentah yang dipasok masih dalam keadaan baik ketika diterima pihak pembeli.
  • Melakukan pengaturan proses penyimpanan bahan mentah sebelum dikirimkan ke perusahaan yang membutuhkan.
  • Mengatur jalannya pengiriman bahan mentah dengan tepat waktu kepada pihak perusahaan yang membutuhkannya.
  • Mengerti dan memahami cara mendapatkan bahan mentah berkualitas baik agar disukai pihak produsen dan konsumen.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Supplier

Punya Stok Bahan Mentah Sendiri

Supplier adalah pihak utama yang menjadi rantai pertama di suatu industri. Oleh karenanya, Anda harus punya stok bahan mentah sendiri, jangan sampai Anda membeli bahan mentah dari pihak lain. Sehingga keuntungan yang didapatkan akan menjadi lebih banyak.

Cari Perusahaan Untuk Bekerjasama

Apabila Anda sudah mampu memastikan diri bahwa Anda memiliki bahan mentah sendiri, maka langkah selanjutnya Anda harus cari perusahaan yang mau bekerjasama untuk mendapatkan keuntungan.

Pelajari Produk yang Disalurkan

Selain itu, Anda harus kuasai informasi produk yang nantinya disalurkan. Untuk itu, silakan coba menggali berbagai informasi mengenai bagaimana cara terbaik untuk jaga kualitas produk bahan mentah. Sehingga kegiatan produksi dapat berjalan dengan baik dan kontinyu.

Anda bahkan juga bisa mendapatkan informasi mengenai pemasaran produk yang baik. Tujuannya, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan berlimpah.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Supplier. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru