Tugas dan Tanggung Jawab Store Supervisor

Tugas dan Tanggung Jawab Store Supervisor – Apa itu store supervisor? Apa sajakah tugas dan tanggung jawab store supervisor? Mari, simak jawaban selengkapnya di sini!

Singkatnya, pengertian store supervisor adalah salah satu jabatan penting dalam suatu toko. Store supervisor juga didefinisikan sebagai pekerjaan yang bertanggung jawab mengawasi dan mengelola team serta individu agar mereka bisa bekerja secara efektif dan sesuai dengan tugasnya masing – masing. Dalam tugas dan tanggung jawabnya sehari – hari, seseorang yang berprofesi sebagai store supervisor memiliki kuasa untuk memerintahkan bawahannya dan mengkomunikasikan informasi dari atasan secara langsung.

Tugas dan Tanggung Jawab Store Supervisor

Tugas dan Tanggung Jawab Store Supervisor

Pada dasarnya tugas dan tanggung jawab store supervisor di setiap toko atau perusahaan bisa saja berbeda – beda, sesuai ketentuan masing – masing. Tetapi, secara umum store supervisor memiliki peranan penting dalam mengelola efisiensi team dan individu, juga membangun lingkungan kerja yang positif. Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Store Supervisor adalah sebagai berikut:

Mengelola Workflow

Pertama adalah mengelola team dan individu yang ada dibawahnya. Sebagai store supervisor Anda harus bisa kelola dan awasi workflow dan setiap individu yang ada dalam team. Tujuannya, agar semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, Anda juga bertugas menentukan tujuan, mengkomunikasikan tujuan hingga memantau kinerja team dan individu.

Buat dan Atur Jadwal Pegawai atau Karyawan

Store supervisor juga bertanggung jawab membuat sistem giliran kerja dan buat jadwal bagi bawahannya. Dengan begitu diharapkan agar karyawan yang ada dibawahnya bisa bekerja secara bergantian di pagi dan malam hari.

Evaluasi Kinerja dan Berikan Umpan Balik

Tugas dan tanggung jawab store supervisor selanjutnya adalah melakukan evaluasi kinerja dan memberikan umpan balik kepada team juga individu yang konstruktif. Ini berguna untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan dan tingkatkan efektifitas mereka ketika bekerja.

Melatih Karyawan Baru

Adapun tugas lainnya seorang store supervisor yaitu melatih karyawan baru untuk memahami peran dan mendukung mereka selama masa transisi kerja. Contohnya seperti menjelaskan tugas dan pekerjaan, memberikan orientasi tempat kerja hingga menjelaskan kebijakan perusahaan.

Melaporkan ke Manajemen dan HR

Store supervisor juga bertugas melaporkan kinerja team dan individu yang ada kepada manajemen dan HR. adapun jenis laporannya terkait dengan hasil evaluasi pekerjaan, kinerja karyawan dalam bekerja, ketepatan waktu, masalah kedisiplinan, profesionalitas dan lain – lain.

Menyelesaikan Masalah dan Perselisihan yang Ada

Sebagai seorang store supervisor Anda juga harus bersikap bijak dan objektif, apalagi saat menghadapi masalah dan perselisihan yang terjadi. Sebab, Anda ditugaskan juga untuk menyelesaikan masalah dan perselisihan yang ada.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Store Supervisor

Menjadi seorang store supervisor bukanlah tugas yang mudah, Anda butuh beberapa keterampilan khusus untuk menunjang pekerjaanmu. Berikut kami informasikan juga tentang kriteria dan syarat yang diperlukan untuk menjadi store supervisor yang baik :

  • Lulusan sarjana
  • Memiliki sertifikat kursus di bidang yang dibutuhkan
  • Memiliki pengalaman organisasi yang baik
  • Memiliki pengalaman di bidang pengawasan
  • Memiliki skill komunikasi yang baik
  • Memahami dan mengerti kebijakan perusahaan tempat bekerja dan pedoman hukum lapangan
  • Memiliki ketepatan waktu dan manajemen waktu yang baik
  • Memiliki kemampuan mengelola team dan organisasi
  • Memiliki etos kerja yang kuat
  • Memilikin jiwa kepemimpinan
  • Memiliki kemampuan untuk tetap tenang dibawah tekanan
  • Bisa membuat strategi promosi yang jitu

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Store Supervisor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru