Tugas dan Tanggung Jawab Store Manager

Tugas dan Tanggung Jawab Store Manager – Berminat untuk bekerja sebagai store manager? Ketahui terlebih dulu yuk, tugas dan tanggung jawab store manager selengkapnya berikut ini!

Store manager adalah seseorang yang diberi tanggung jawab penuh pada seluruh toko atau perusahaan dan semua staff yang bekerja dibawahnya. Sesuai urutannya, store manager berada dibawah general manager. Artinya, semua staff di suatu perusahaan dikepalai oleh store manager. Pada dasarnya, seorang yang menjabat sebagai store manager memiliki tugas dan tanggung jawab cukup banyak di perusahaan. Jadi seorang store manager berperan penting di suatu perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Store Manager

Tugas dan Tanggung Jawab Store Manager

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Store Manager adalah sebagai berikut: Rekrutment Pegawai atau Karyawan

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang store manager yang pertama adalah rekrutment pegawai baru. Selain itu, store manager juga memiliki tugas dalam memberikan pelatihan kepada semua pegawai dan memastikan mereka bekerja dengan baik pada tugasnya masing – masing.

Memberikan Motivasi

Store manager juga bertanggung jawab dalam memajukan perusahaan, oleh karenanya Anda harus tahu informasi terkini tentang apa saja yang dapat menunjang pendapatan serta berkoordinasi dengan semua pegawai.

Menembus Target Penjualan

Lalu, ada tugas lain yang harus dikerjakan store manager, yakni target penjualan harus bisa dicapai. Oleh karenanya, berbagai strategi marketing dan penjualan harus diciptakan.

Menjaga Toko atau Perusahaan Tetap Kondusif

Kondisi toko atau pun perusahaan ada dibawah tanggung jawab seorang store manager. Oleh sebab itu, seorang store manager harus mampu ciptakan suasana agar tetap dalam keadaan kondusif. Jika toko atau perusahaan dalam keadaan ramai, maka store manager harus bisa membuat keputusan yang tepat agar kondisi tersebut tidak membuat orang yang ada menjadi tidak nyaman.

Memastikan Kebersihan Toko atau Perusahaan

Selain tokok, sebuah perusahaan juga harus selalu dijaga kebersihannya. Dan yang demikian adalah tugas dan tanggung jawab seorang store manager untuk memastikan cleaning service selalu perhatikan kebersihan di tempat kerjanya.

Perhatikan Display

Store manager juga memiliki tugas penting lainnya, yakni memperhatikan tampilan tata letak display agar dapat menarik minat klien atau pelanggan. Semua barang yang ada harus bisa tampil semenarik mungkin dan tersusun rapi.

Tahu Letak Semua Produk

Tidak hanya itu, seorang store manager tak hanya sekadar memberikan perintah kepada bawahannya, tetapi juga harus cekatan dalam memahami semua keadaan dalam toko atau perusahaan tempat bekerja. Contohnya, tahu tata letak seluruh produk sesuai kategori.

Memastikan Tidak Ada Produk Out of Stock

Store manager juga berperan penting dalam manage aset toko atau perusahaan. Inventory produk menjadi hal utama yang harus diperhatikan seorang store manager. Dalam hal ini Anda harus bisa memastikan jumlah produk dengan baik, jika jumlahnya sudah menipis maka segera laporkan ke bagian general manager untuk kemudian diteruskan ke bagian warehouse.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Store Manager

Buat Anda yang benar – benar tertarik untuk menduduki posisi ini, maka penting juga untuk mengetahui apa yang menjadi syarat utama menjadi store manager. Biar gampangnya, mari simak ulasannya di bawah ini.

  • Punya pengalaman minimal 2 tahun sebagai manajer toko atau perusahaan
  • Punya jiwa kepemimpinan
  • Bisa memimpin pekerjaan para staff
  • Punya keterampilan manajemen
  • Punya kemampuan komunikasi yang baik
  • Punya interpersonal skill yang baik
  • Punya keterampilan organisasi
  • Riwayat pendidikan minimal S1 jurusan administrasi bisnis, atau yang setara
  • Bisa mengoperasikan Microsoft Office Word dan Excel
  • Bisa memahami skena inventory
  • Bisa memahami cara pembuatan laporan yang baik
  • Bisa membantu memecahkan masalah yang sedang dihadapi
  • Bisa berbicara dengan intonasi yang baik
  • Memiliki kepercayaan diri yang baik
  • Bisa bekerja dengan professional
  • Berorientasi pada kepuasan pelanggan atau klien

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Store Manager. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru