Tugas dan Tanggung Jawab Quality Control Engineer

Tugas dan Tanggung Jawab Quality Control EngineerQuality Control Engineer adalah bidang divisi pembagian kerja yang bertugas memastikan produk dan proses perusahaan sudah memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Secara umum, pekerjaan ini berpedoman pada perencanaan mutu mulai dari kegiatan pemeriksaan, pengetesan, pengujian bahan atau material dan hasil pekerjaannya sehingga sesuai spesifikasi teknis dan standar yang ada. Apabila Anda tertarik dengan pekerjaan diprofesi ini berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab quality control engineer yang harus Anda ketahui.

Tugas dan Tanggung Jawab Quality Control Engineer

Tugas dan Tanggung Jawab Quality Control Engineer

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Quality Control Engineer adalah sebagai berikut:

  • Memahami penugasan seorang quality control engineer.
  • Menguasai spesifikasi teknis dan standarisasi praktis yang berlaku.
  • Memahami perencanaan mutu yang dibuat quality assurance engineer.
  • Menyiapkan dan memelihara berbagai peralatan pengukuran, pemeriksaan dan pengujian.
  • Memastikan masa kalibrasi peralatan pengukuran masih berlaku dan masih layak digunakan.
  • Melakukan pemeriksaan dan pengujian bahan yang akan digunakan.
  • Memahami metode kerja dan standar pelaksanaan kerja.
  • Memberikan laporan kepada QA engineer mengenai kesiapan pelaksanaan di lapangan. Ini nanti dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan rekomendasi.
  • Melakukan pengujian setiap pekerjaan di lapangan dan laboratorium.
  • Melakukan pengujian campuran untuk menerapkan rencana campuran kerja berdasarkan bahan yang ada.
  • Membuat laporan secara berkala atau khusus.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Quality Control Engineer

Memahami Software Engineering

Sebagai seorang quality control engineer Anda harus mengerti dan memahami mengenai software engineering. Pasalnya, pada beberapa kondisi Anda mungkin akan melakukan pengujian SQL overflow. Dimana seseorang tanpa pengetahuan ini akan mengalami kesulitan dalam melakukannya.

Memahami Berbagai Proses Bug

Biasanya perusahaan akan mencari quality control engineer yang sudah memiliki pengalaman dengan proses bug, mulai dari bug tracking, ticketing dan testing. Oleh karenanya, apabila Anda berminat dengan profesi ini maka Anda harus memiliki kemampuan tersebut.

Memahami Produk atau Barang

Untuk melakukan pengujian keefisiensian suatu produk, seorang quality control engineer harus kenali produk dengan baik. Hal ini pastinya juga termasuk bagaimana pengguna menggunakannya.

Time Management

Bisa bekerja pintar dengan cara memahami apa saja yang perlu dilakukan segera dan apa saja yang dilakukan setelahnya. Sebab, yang demikian merupakan bagian terpenting bagi seorang quality control engineer.

Komunikasi

Syarat lain yang harus dipenuhi jika Anda tertarik menjadi quality control engineer adalah memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Sebab, dalam melakukan pekerjaan Anda akan berkomunikasi secara langsung, baik dengan tim produk maupun tim development.

Kemampuan Analisis dan Berpikir Logis

Ketika melakukan tes terhadap suatu aplikasi atau software, memahami cara kerja software tersebut saja pastinya tidaklah cukup. Anda masih perlu mencari tahu apa saja kekurangan dan kelebihan dari software tersebut. Artinya, akan sangat membantu apabila Anda memiliki pemikiran logis, kreatif dan wawasan yang luas.

Punya Etos Kerja

Apa itu etos kerja? Ini merupakan salah satu skills penting yang wajib dimiliki seorang quality control engineer. Dengan etos kerja yang bagus, maka Anda akan mampu mengerjakan pekerjaan sesuai target. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan waktu seefektif mungkin untuk selesaikan pekerjaan sembari mengasah keterampilan.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Quality Control Engineer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru