Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Operasional

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Operasional – Pada dasarnya seorang koordinator operasional memiliki job desk yang cukup luas. Pasalnya, pekerjaan yang dilakukan oleh koordinator operasional sifatnya umum, mulai dari bertanggung jawab terhadap kegiatan produktivitas, manajerial hingga melakukan kontrol terhadap keefektivitas dan efisiensi yang sejalan dengan kebijakan di perusahaan. Tak heran jika pekerjaan ini membutuhkan beberapa skills agar tugas yang diembannya berjalan dengan baik dan lancar. Buat Anda yang masih tertarik dengan pekerjaan tersebut, sebaiknya simak dulu tugas dan tanggung jawab koordinator operasional yang akan kami rangkumkan berikut ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Operasional

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Operasional

Bisa dibilang, tugas dan tanggung jawab koordinator operasional adalah sebagai penyeimbang jalannya organisasi di perusahaan. Namun biar jelasnya, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Skills pertama yang harus dimiliki koordinator operasional adalah kemampuan komunikasi yang baik. Sebab, Anda akan bekerja dengan banyak orang dan lapisan posisi di suatu perusahaan, mulai dari staff kantor maupun manajemen yang kedudukannya lebih tinggi.

Apabila Anda memiliki kemampuan berorganisasi yang baik maka akan lebih mudah lagi dalam mewujudkan tujuan, visi dan misi perusahaan dengan anggota tim dan beberapa orang yang terkait.

Memiliki Kemampuan Leadership

Skills ini juga tidak kalah pentingnya bagi seorang koordinator operasional, sebab Anda bertugas memberikan motivasi kepada setiap anggota tim, berinovasi dan mamu kelola ide – ide bahkan konflik yang terjadi.

Bagaimana cara Anda sebagai koordinator operasional yang akan jadi leader dalam menentukan arah dari pekerjaan anggota tim Anda.

Memiliki Kemampuan Interpersonal

Ini adalah skills yang digunakan untuk berinteraksi dengan rekan kerja atau orang lain yang masih berkaitan dengan pekerjaan Anda. Contohnya adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Selain itu, Anda juga harus bisa menyampaikan pendapat secara jelas dan terperinci, juga mampu bekerja sama dalam satu anggota tim.

Memiliki Kemampuan Manajemen Keuangan

Seorang koordinator operasional juga harus memiliki skills dalam manajemen keuangan. Alasannya, laporan keuangan dan segala bentuk pemotongan biaya ada di bawah pengawasan koordinator operasional.

Memiliki Kemampuan Manajemen Produksi

Sebagai leader, Anda juga harus memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi proses improvement. Tujuannya, agar sistem dan peraturan yang ada tetap berjalan maksimal dan sesuai dengan ketentuan, visi juga misi dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Memiliki Kemampuan Manajemen Sumber Daya

Apabila Anda memang tertarik dengan posisi ini, maka Anda harus mampu kelola dan tingkatkan keefektivitasan dan keefisiensian dari sumber daya manusia yang ada. Misalnya dengan melakukan improvement secara berkala.

Selain itu, Anda juga harus bisa menciptakan komunikasi yang saling mendukung satu dengan lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab lainnya yang akan dibebankan kepada koordinator operasional :

  • Koordinasikan dan kendalikan aktivitas produksi juga distribusi unit operasional.
  • Membuat perencanaan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran revenue disetiap unit operasional secara terukur.
  • Kendalikan realisasi anggaran dengan baik.
  • Melakukan analisis proses bisnis secara mendetail.
  • Ikut berpartisipasi dalam pengembangan SOP produksi dan pendistribusian

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Koordinator Operasional

  • Lulusan minimal SMA, SMK atau D3
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memahami Microsoft Office dan Word
  • Memiliki manajemen waktu yang baik
  • Mau bekerja keras dan bekerja cerdas
  • Bisa berkomunikasi dengan baik
  • Rapi
  • Terstruktur dan bisa gerak cepat
  • Memahami ilmu administrasi dasar

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Operasional. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru