Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Marketing

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Marketing – Ingin melamar pekerjaan dibidang koordinator marketing? Sudah tahu apa saja tugas dan tanggung jawab koordinator marketing? Cari tahu jawabannya di sini!

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Marketing

Bagian koordinator marketing atau pemasaran adalah jembatan dalam sebuah struktur organisasi. Koordinator marketing memiliki wewenang mengeluarkan perintah kepada bawahannya dibawah arahan atasan.  Selain itu, seorang koordinator marketing harus memiliki kemampuan yang lebih kreatif lagi dalam menjalin komunikasi dengan klien atau konsumen untuk meningkatkan target penjualan produk atau jasa.

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Marketing

Disebut juga sebagai eksekutor strategi marketing, tujuan utama pekerjaan ini adalah untuk fokus dalam memenuhi target penjualan suatu perusahaan. Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab koordinator marketing yang harus dipahami :

Mengawasi Jalannya Penjualan Para Sales

Pertama adalah mengawasi jalannya penjualan para sales sehingga target penjualan yang diberikan bisa terpenuhi. Selain itu, koordinator juga bertugas mengatasi permasalahan yang dihadapi para salesnya.

Mengkoordinasikan Pekerjaan Sesuai Wilayah Pasar

Selanjutnya adalah membagi wilayah pasar yang tertarget untuk kemudian dialihkan tugas penjualannya kepada para sales. Tugas tersebut memiliki resiko tinggi ketika job desk yang dipegang ada dilebih dari satu wilayah pasar yang ditargetkan.

Melakukan Penelitian dan Riset Pasar

Biasanya tugas ini dibantu oleh beberapa orang dibagian survei lapangan dan dilakukan sebelum menentukan dan membagi target market untuk dijadikan bahan promosi dan penjualan. Oleh karenanya seorang koordinator marketing sudah seharusnya memahami kondisi pasar terlebih dulu.

Membuat Laporan Harian

Apabila target penjualan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah membuat laporan harian untuk kemudian diserahkan kepada manajer pemasaran. Di sini Anda akan melakukan diskusi dan meninjau kembali penjualan yang didapatkan.

Memberikan Dukungan Penuh Kepada Tim Marketing

Ya, tim di bidang marketing harus mendapat dukungan secara penuh dari atasannya, yakni koordinator marketing. Dukungan yang diberikan bisa berupa kebebasan anggotanya dalam mengembangkan proses marketing. Meski demikian, Anda tetap harus mengawasinya agar sesuai koridor yang ditetapkan.

Menjaga Hubungan Komunikasi dengan Pihak Terkait

Komunikasi menjadi hal penting yang harus selalu dijaga. Pasalnya seorang koordinator marketing akan berhubungan dengan banyak pihak, mulai dari tim supervisor, sales, manajer hingga mitra perusahaan. Caranya mudah, Anda hanya perlu memberikan feedback yang baik setelah klien atau konsumen melakukan pembelian.

Menyediakan Kebutuhan yang Diperlukan Pemasaran

Tugas lainnya adalah melakukan pengadaan semua kebutuhan pemasaran. Maksud dari kebutuhan di sini berupa fisik dan non fisik. Dalam hal tersebut Anda masih perlu mengkoordinasikan dengan bagian operasional untuk sediakan semua kebutuhan yang diperlukan.

Jaga Stabilitas Jumlah Tim Pemasaran

Seseorang yang menjabat sebagai koordinator marketing juga harus memastikan jumlah anggotanya sudah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, setiap anggotanya harus bekerja sesuai kompetensinya masing – masing dan menghasilkan kinerja yang bagus.

Disarankan agar Anda tidak terlalu banyak merekrut anggota marketing. Pasalnya yang demikian hanya bisa membuat tugas yang diberikan tidak dikerjakan secara efektif.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Koordinator Marketing Pria atau wanita

  • Usia minimal 27 tahun
  • Pendidikan minimal D3 atau S1 jurusan manajemen, lebih diutamakan jurusan manajemen marketing
  • Bisa mengoperasikan komputer, terutama MS Office (Excel dan Outlook)
  • Memiliki pengalaman minimal 3 tahun di bidang yang sama
  • Bisa bekerja secara individu maupun tim
  • Handal dalam bernegosiasi
  • Memiliki bakat di bidang kepemimpinan
  • Bisa melayani masukan dan berbagai keluhan konsumen dengan baik dan ramah
  • Memiliki kemampuan public speaking yang baik
  • Tegas, cepat tanggap dan fleksibel
  • Selalu fokus, teliti dan detail dalam setiap pekerjaannya
  • Menguasai teknologi modern terkini

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Marketing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru