Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Lapangan

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Lapangan – koordinator lapangan adalah jenis pekerjaan berkaitan dengan teknis dan operasional lapangan yang tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya koordinasi yang baik pula. Makanya, diperlukan seorang koordinator lapangan, baik itu dalam suatu perusahaan, pabrik, perkantoran dan lainnya. Koordinator lapangan sendiri bertugas sebagai penghubung antara karyawan yang berada di lapangan dengan perusahaan. Namun biar jelasnya, berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab koordinator lapangan yang harus Anda tahu.

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Lapangan

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Lapangan

Dalam pengertian umumnya, koordinator merupakan seseorang yang mengkoordinir suatu kegiatan dalam suatu proyek tugas. Selain itu, seorang koordinator lapangan juga harus memastikan semua kegiatan berjalan lancar. Apabila Anda memang tertarik dengan profesi ini, tugas dan tanggung jawab koordinator lapangan berikut wajib Anda ketahui.

Mengawasi dan Mengarahkan Pelaksanaan Kerja

Ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang koordinator lapangan. Hal tersebut diperlukan agar proyek yang dikerjakan bisa berjalan sesuai rencana perusahaan. Selain itu, dalam hal ini koordinator lapangan juga dituntut untuk menguasai, memahami dan mengerti secara mendetail pelaksanaan proyek atau pekerjaan di lapangan.

Dengan begitu, seorang koordinator lapangan bisa lebih mudah memberikan arahan jika memang ada yang tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan.

Melakukan Koordinasi Hasil Kerja

Tugas dan tanggung jawab seorang koordinator lapangan lainnya adalah mengkoordinasikan semua hasil kerja yang dilakukan di lapangan. Dari sinilah dibutuhkan komunikasi yang baik secara intensive, baik antara koordinator dengan pekerja lapangan, juga koordinator dengan manajemen perusahaan.

Seorang koordinator lapangan bisa mengkomunikasinya dengan baik kepada para pekerja di lapangan maupun manajemen apabila memang ada perubahan, penambahan, kendala dan berbagai detail lainnya yang masih berkaitan dengan protek yang sedang berlangsung.

Memahami dan Mengerti Target Kerja

Selain itu, seorang koordinator lapangan juga harus memahami dan mengerti secara cermat target – target dari pekerjaannya. Dengan demikian Anda bisa lebih mudah mengarahkan pekerjaan di lapangan agar bisa bekerja sesuai target yang sudah ditentukan.

Koordinator lapangan juga bertanggung jawab dalam pembuatan timeline dan bekerja sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Bertanggung Jawab Atas Penyelesaian Pekerjaan

Terakhir, koordinator lapangan juga bertanggung jawab atas penyelesaian pekerjaan yang ada di lapangan. Jadi, apabila ada halangan pekerjaan di lapangan, maka seseorang dengan profesi inilah yang bertanggung jawab atas pekerjaan yang terkendala tersebut. Selain itu, Anda juga bertugas mencari solusi agar pekerjaan bisa berjalan sesuai target dan ketentuan yang ada.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Koordinator Lapangan

  • Pendidikan minimal SMA atau SMK, tetapi tidak menutup kemungkinan perusahaan juga menjadi klasifikasi yang lebih tinggi, yakni lulusan D3 hingga S1.
  • Memiliki skills dasar, seperti ilmu komunikasi yang baik. Hal ini dikarenakan tugas dan tanggung jawab seorang koordinator lapangan adalah mengkoordinasikan seluruh anggota atau tim.
  • Ulet dan disiplin saat kerja.
  • Bersikap professional.
  • Mencari tahu mengenai perusahaan tempat bekerja.
  • Memahami tugas utama seorang koordinator lapangan dengan baik.
  • Memiliki pengalaman di bidangnya.
  • Mengenali bidang tempat Anda bekerja.

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Lapangan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru