Tugas dan Tanggung Jawab Koordainator Sales

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator SalesKoordinator Sales adalah seseorang yang bertanggung jawab menangani semua pertanyaan masuk, baik lewat email, faks, pesan singkat maupun panggilan telepon. Selain itu, koordinator sales juga bertugas melakukan sourcing, memberikan saran tentang lead time untuk proses pengiriman dan masih banyak lagi. Biar jelasnya, silakan simak uraian tugas dan tanggung jawab koordinator sales berikut ini, terutama buat Anda yang tertarik dengan posisi pekerjaan tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Koordainator Sales

Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Sales

Pada dasarnya, bagian atau divisi yang bertugas menjual barang atau jasa adalah sales dan marketing. Misalnya, untuk tugas dan tanggung jawab marketing sendiri biasanya lebih kompleks, yakni mulai dari membuat rancangan strategi promosi hingga dagang untuk mencapai target market perusahaan. Lalu, bagaimana dengan tugas dan tanggung jawab koordinator sales? Cari tahu jawabannya di sini!

Melakukan Pengawasan Penjualan

Seseorang yang menjabat sebagai koordidnator sales, maka mereka tidak perlu ikut serta dalam kegiatan penjualan. Sebab, tugas dan tanggung jawab utamanya adalah mengkoordinir dan mengawasi kinerja sales yang ada di bawahnya. Meski demikian, seorang koordinator sales tentunya harus lebih paham mengenai ilmu penjualan dibanding sales force.

Mengkoordinir Sesuai Area

Maksud dari area di sini bisa meliputi lokasi jualan, kota dan bahkan provinsi, tergantung dari seberapa besarnya perusahaan tempat Anda bekerja. Setiap koordinator sales memiliki kuas untuk mengatur sales bawahannya untuk mencapai target market perusahaan. Bahkan tak jarang ada koordinator sales yang memegang lebih dari satu cabang, tergantung dari kebijakan perusahaan tempat Anda bekerja.

Melakukan Survei Lapangan

Ada banyak sales dibawahnya yang menjadi tanggung jawab seorang koordinator sales, tentunya yang demikian memberikan tantangan tersendiri. Untuk menghindari konflik yang terjadi, setiap koordinator sales harus selali sigap dan rutin melakukan survei lapangan. Dengan begitu Anda bisa selalu mengawasi sales bawahan secara langsung.

Namun demikian, untuk melakukan survei lapangan disarankan agar tidak ada satu pun sales bawahanmu yang mengetahui kedatangan Anda. Hal ini untuk mengantisipasi adanya sales yang sudah menyiapkan semuanya sehingga koordinator sales tidak menemukan kecurangan yang dilakukan sales bawahannya.

Memimpin Sales dengan Tindakan

Seorang koordinator sales pastinya juga harus selalu bertindak sesuai etika dan kebijakan perusahaan. Meski tidak ada satu pun orang yang sempurna, tetapi seseorang yang menduduki posisi ini harus tahu posisinya bahwa setiap tindakannya akan dijadikan celah yang sangat riskan untuk diserang bawahannya.

Membuat Laporan Harian

Terakhir adalah merekap data – data penjualan dari setiap cabang yang dipegang. Rekapan ini menjadi tanggung jawab koordinator sales, sebab Andalah yang mengerti dan memahami keadaan di lapangan sehingga diharapkan agar data – data yang direkap tersebut adalah data yang dibuat berdasarkan nilai objektif yang ada di lapangan.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Koordinator Sales

  • Pendidikan terakhir D3 atau S1 semua jurusan dari univesitas ternama
  • Usia minimal 35 tahun
  • Pengalaman kerja minimal 1 – 3 tahun di bidang yang sama, yakni koordinator sales
  • Pengalaman memasarkan produk atau jasa, baik di pasar tradisional maupun ritel
  • Memiliki keterampilan menjual produk atau jasa dengan baik
  • Memiliki keterampilan bernegosiasi
  • Bisa berkomunikasi dengan baik
  • Bisa melakukan pendekatan dengan klien dan pelanggan atau konsumen
  • Mampu berbicara di depan umum
  • Bisa bekerja secara individu atau tim
  • Memiliki pengetahuan mengeolah perangkat lunak Microsoft Office
  • Bisa berbahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tertulis
  • Memiliki problem solving yang baik
  • Memiliki kemampuan analisa yang baik
  • Memiliki pengetahuan mengenai strategi marketing
  • Memiliki loyalitas yang tinggi
  • Memiliki jiwa kepeimpinan

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Koordinator Sales. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Kersajama

Jika Anda ingin melakukan promosi disitus ini, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA (08980782257) atau melalui email harkani.komputer@gmail.com

Related Articles

Artikel Terbaru